Membuat Sendiri Tripleks dengan Lem untuk Laminasi Kayu Crossbond

0
1670
membuat tripleks

Apa saja hal yang perlu diperhatikan bila ingin membuat sendiri tripleks dari bahan-bahan rumahan? Selain dengan aplikasi lem untuk laminasi kayu Crossbond yang bagus, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini.

membuat tripleks

Pernahkah terpikirkan oleh Anda membuat kayu lapis sendiri di rumah? Ada berbagai bahan yang bisa digunakan. Misalnya kayu-kayu tak terpakai bekas renovasi, kayu-kayu dari almari tua yang rusak, dan sebagainya. Berbagai kayu tersebut bisa diolah kembali menjadi berbagai benda seperti meja sampai pintu. Namun bila papan tersebut memiliki ketebalan yang tipis, tentu kita perlu mengolahnya dulu menjadi tripleks atau kayu lapis.

Proses pembuatan tripleks sendiri sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana. Yang pertama perlu Anda perhatikan adalah lemnya. Sebagai bahan yang menjadi faktor utama pemersatu papan kayu, pemilihan lem harus dilakukan dengan cermat. Produk yang kami rekomendasikan ialah Crossbond X4. Selain berdaya rekat kuat dan tahan lama, Crossbond juga sangat aman dipakai dan mudah digunakan.

pagar tampil baru dengan Orchid

Faktor Selain Lem untuk Laminasi Kayu Crossbond

Namun selain lem, tentu masih banyak faktor yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa faktor yang perlu dicermati saat pembuatan tripleks dengan lem kayu laminasi Crossbond.

Pastikan Kayunya Tidak Berhama

Pertama, perhatikan kayu yang akan digunakan. Obati dulu kayu mengandung hama seperti teter. Bila Anda tidak mengatasinya sejak dini, hama akan menyebar yang berakibat rusaknya multipleks yang dibuat.

Potong dengan Rapi

Gunakan alat pemotong yang tajam. Setelah itu, ukur papan kayu menggunakan meteran dan pensil. Potong dengan hati-hati sesuai garis yang dibuat.

Gunakan Lem untuk Laminasi Kayu Crossbond dengan Cukup

Setelah kayu terpotong, aplikasikan lem secara merata. Jangan khawatir lem “muncrat” saat ditekan. Sebab justru itu menandakan bahan lem sudah tersebar merata ke berbagai area papan kayu.

Baca Juga:  Di Sini Jual Lem Kayu Denpasar dengan Pelayanan Terbaik

Gunakan “Clamp Press” Tiruan

Papan yang baru dilem tentu harus dijaga posisinya. Bila Anda tidak memiliki clamp press, gunakanlah peralatan tiruan. Anda bisa menggunakan penjepit, tali, sampai memberi beban pada beberapa bagian kayu lapis yang baru dilem.

Percantik dengan Vinir

Supaya lebih cantik, gunakanlah vinir. Anda bisa mengaplikasikannya di bagian atas maupun samping papan kayu. Gunakan kembali lem untuk laminasi kayu Crossbond dalam aplikasi vinir ini.vinir (2)

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here