Jadikan Kayu Lapis Lebih Baik dengan Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus Ini

0
1838
kayu lapis

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bahan seperti kayu lapis atau kadang juga disebut plywood. Tapi tahukah Anda bahwa dalam pemanfaatan material ini dibutuhkan lem untuk laminasi kayu yang bagus? Salah membeli lem bisa menyebabkan produk kayu lapis menjadi jelek dengan aplikasinya yang buruk.

Mengenal Sekilas Kayu Lapis

Kayu lapis atau dibiasa disebut plywood pada dasarnya adalah komposit yang dibuat dari lembaran-lembaran veneer (vinir). Lapisan-lapisan veneer tersebut disusun secara bersilangan tegak lurus dan karenanya material ini disebut sebagai panel struktural.

Orang awam kerap menyebut kayu lapis sebagai tripleks. Meski, istilah tripleks sendiri pada dasarnya mengacu pada plywood yang terbuat dari 3 lapisan. Istilah lainnya adalah multipleks, yang pada dasarnya merupakan plywood dengan 5 lapisan atau lebih.

Berdasarkan kualitasnya sendiri, kayu lapis bisa dibedakan menjadi:

1. Custom Grade, yang tampilannya bisa dipilih menurut warna hingga polanya (biasanya sesuai pola kayu solid seperti jati, mahoni, dan lainnya).
2. Good grade, yang kualitasnya bagus namun di bawah custom.
3. Sound and Utilities yang kualitasnya tak begitu baik dan umumnya dipakai untuk kebutuhan struktural.
4. Backing, yang kualitasnya paling rendah dan umumnya diposisikan agar tak terlihat.

Hingga saat ini, kayu lapis menjadi salah satu tipe engineered wood yang sangat banyak digunakan. Material ini dianggap memberikan beragam keuntungan misalnya dari berbagai kelebihannya di bawah ini:

kayu lapis lengkung

1. Stabilitas yang baik. Hal ini dikarenakan kembang susut baik pada arah memanjang maupun melebar lebih kecil
2. Sifat yang fleksibel sehingga tidak mudah patah maupun retak
3. Tersedia dalam ukuran luas untuk kebutuhan-kebutuhan khusus
4. Bisa digunakan untuk kebutuhan pada bidang miring (membentuk kurva)
5. Pengolahannya secara umum mudah dilakukan
6. Ringan sehingga lebih mudah diangkut
7. Menjadi alternatif sangat baik di kala kayu solid makin mahal dan sulit didapatkan

Pemanfaatan Kayu Lapis

Baik tripleks maupun multipleks, telah menjadi bahan yang banyak dimanfaatkan manusia sebagaimana disebut di atas. Material ini sangat umum kita jumpai pada:

1. Aneka produk furniture seperti bagian belakang almari /lemari, bagian atas meja, kursi, hingga kabinet.
2. Bagian-bagian bangunan, misalnya untuk dinding, pintu, jendela, maupun partisi.
3. Komponen alat transportasi, misalnya digunakan sebagai dinding pada kereta api

Bisa dikatakan, produk ini memang memiliki guna sangat besar pada kehidupan kita. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui seluk beluk bahan ini. Bahkan mereka yang hendak terjun dalam usaha-usaha yang memanfaatkan kayu lapis pun kerap abai. Contohnya saja terkait dengan bahan yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan maupun pengolahan kayu lapis. Padahal bahan ini memiliki fungsi sangat vital.

mebel kayu lapis dengan Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus

Kunci Keberhasilan Pembuatan dan Penggunaan Kayu Lapis

Tahukah Anda, bahwa alam proses pembuatan kayu lapis, selain dibutuhkan alat-alat woodworking yang khusus, juga dibutuhkan bahan perekat? Guna perekat tentu sebagai pemersatu lapisan-lapisan kayu lapis. Fungsi perekat ini nantinya masih dibutuhkan tatkala kita hendak menggunakan produk kayu lapis. Misalnya saja untuk memanfaatkan kayu lapis sebagai dinding ruangan hingga bagian dari furniture. Tentu kita memerlukan adhesive bukan?

Oleh sebab itulah, lem kerap disebut sebagai salah satu kunci keberhasilan pembuatan dan penggunaan kayu lapis. Apalagi, efek lem pada produk sangat banya. Jangan salah! Efek atau dampak lem tak sekedar bisa ditemukan pada kekokohan produknya saja, namun juga pada estetika atau keindahannya. Bayangkan saja misalnya lem yang dipakai kurang bisa meresap pada lapisan-lapisan kayu. Akibat kualitas lem yang tak baik tersebut, sudah barang tentu tampilan kayu lapis pun menjadi kurang menarik. Demikian juga dampaknya pada keamanan produk hingga tingkat keawetannya.

Perlunya Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus

Ingin kayu lapis dibuat dengan baik dan diterapkan dengan baik? Maka Anda membutuhkan lem untuk kayu lapis yang bagus. Sebab seperti telah dijelaskan di atas, lem berperan sebagai salah satu kunci pembuatan hingga penggunaan material tersebut.

Bagaimana cara memilih lem yang baik untuk kayu lapis? Pertama-tama, lem yang dipilih haruslah dari jenis lem laminasi. Lem laminasi adalah lem-lem yang dibutuhkan dalam perekatan laminasi. Lem laminasi biasanya diterapkan untuk perekatan pada bidang luas. Selain untuk kayu lapis, contohnya saja untuk pemasangan lantai kayu, pembuatan panel FJLB, hingga untuk pemasangan panel dinding.

Di pasaran, sudah tersedia berbagai jenis lem laminasi, baik dari formulanya maupun dari mereknya. Supaya Anda tepat mendapatkan lem laminasi kayu yang bagus dan terjangkau, simaklah saran kami di bawah ini.

Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus

Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus? Crossbond X4 Jawabannya

Masih sama seperti sebelumnya, lem laminasi yang kami sarankan untuk pembaca adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem yang dibuat dari bahan dasar polimer vinyl acetate atau polyvinyl acetate (biasa diringkas PVAc). Adhesive ini kami sarankan karena:

1. Memang merupakan lem laminasi sehingga cocok untuk pembuatan maupun penerapan kayu lapis untuk berbagai kebutuhan.
2. Dari segi kualitasnya, lem ini punya daya rekat yang baik, tahan lama, ikatan tidak mudah rusak, dan bisa untuk indoor maupun outdoor.
3. Dari segi estetikanya, lem ini tidak menyebabkan glue line sehingga produk kayu akan tetap menarik (tak rusak warnanya)
4. Dari segi keamanannya, lem ini sangat aman digunakan. Bahkan lem untuk laminasi kayu yang bagus ini juga sudah disesuaikan dengan standar keamanan Amerika (Environmental Protection Agency atau EPA) dan Eropa (ECHA atau European Chemical Agency)
5. Dari segi pemakaiannya, lem ini sangat mudah digunakan dan tidak menyebabkan ongkos atau budget membengkak.

Oleh karena pertimbangan-pertimbangan di ataslah, Crossbond X4 sangat kami sarankan bagi mereka yang punya usaha dengan material utama plywood. Adhesive ini akan bisa digunakan untuk pembuatan kayu lapis hingga aplikasinya seperti telah disebut di atas, mulai untuk meja, dinding, hingga untuk kendaraan-kendaraan seperti dinding serta pintu kereta api.

Feature lengkap seperti ini jelas sangat menguntungkan, apalagi dengan harga Crossbond X4 yang terjangkau. Lem ini bisa Anda beli hanya dengan Rp. 45.000,- saja untuk kemasan 1/4 Kg. Sedangkan untuk kemasan besarnya, Anda bisa membeli dengan harga Rp. 355.000,- untuk kemasan 4 kg.

dinding kayu lapis

Mau Beli Lem Laminasi Kayu yang Bagus dan Terjangkau ini?

Telah banyak yang memafaatkan adhesive untuk laminasi ini. Tertarik turut membeli Crossbond X4? Sekarang, dengan teknologi yang kian canggih, Crossbond X4 bisa dibeli lebih mudah. Anda bahkan bisa memesan secara online adhesive ini dengan menghubungi kontak CS yang kami sediakan.

Penjualan via marketplace juga kami layani. Anda hanya perlu mengunjungi laman kami baik di Tokopedia, Bukalapak, maupun online shop lainnya. Menarik bukan?

Sedangkan untuk pembelian langsung, Anda bisa mengunjungi kami di kantor Bio Industries maupun via agen-agennya. Pilih saja cara pembelian yang menurut Anda paling nyaman dilakukan. Kami akan selalu hadir dengan pelayanan dan produk terbaik di manapun Anda membeli.

Demikian informasi mengenai kayu lapis dan adhesivenya ini. Jangan lupa, selalu andalkanlah lem untuk laminasi kayu yang bagus dan terjangkau seperti Crossbond X4!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here