Lem untuk Laminasi Kayu Lapis Berbagai Jenis!

0
1378
produk plywood

Dalam proses pembuatan hingga aplikasinya, kayu lapis memerlukan adhesive dengan kualitas yang baik. Lem untuk laminasi kayu lapis tersebut harus memenuhi berbagai kriteria agar bisa digunakan pada berbagai jenis produk kayu tersebut.

produk plywood

Plywood atau kayu lapis merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat furniture, kabinet, dan berbagai proyek konstruksi gedung yang memerlukan papan kayu lebar mendatar. Kayu lapis dibuat dengan cara menempatkan lapisan-lapisan tipis dari kayu yang kemudian disatukan menggunakan lem pada kondisi tekanan sangat tinggi. Dari proses ini, berbagai lapisan tersebut akan menyatu untuk kemudian menghasilkan papan kayu lapis yang selama ini kita kenal.

Jenis-jenis Kayu Lapis

Kayu lapis bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini contoh tipikal produk kayu lapis yang banyak digunakan.

Kayu Keras dan Lunak

CS Lem Kayu

Kebanyakan produk dengan bahan dasar kayu lapis, merupakan jenis plywood yang terbuat dari kayu keras. Meskipun biasanya lebih mahal, namun tipe plywood ini dianggap menarik dengan keindahan yang ditampilkan. Ketebalannya sendiri biasanya bervariasi antara ¼, ½, dan ¾ inchi.

Sedangkan kayu lapis dari jenis softwood atau kayu lunak biasanya digunakan dalam pembuatan berbagai jenis produk kayu. Untuk ukurannya sendiri, plywood dibuat dengan dengan ukuran khusus mulai dari ¾, ½, 5/8, hingga ¼ inchi.

Eksterior vs Interior

kayu lapis (2)

Kayu lapis eksterior dan interior dibedakan berdasarkan penggunaan dan ketahanannya. Dari jenis ini, biasnya kayu dan bahan pendukung (seperti lem kayu laminasi) memiliki jenis berbeda-beda. Lem untuk eksterior jelas harus lebih kuat dan memiliki ketahahan terhadap cuaca. Sedangkan faktor keamanan sangat ditekankan untuk lem interior. Meski, lem eksterior pun bisa digunakan untuk interior asal 100% aman seperti lem untuk laminasi kayu lapis Crossbond X4.

Plywood Komposit

Kayu lapis dari jenis komposit merupakan kayu lapis yang secara tradisional mengandung kayu di bagian dalamnya dan fiberboard hingga vinir di bagian luarnya. Hal ini membuatnya memiliki tampilan seragam namun tetap memiliki kekuatan sebagaimana kayu solid.

Memerlukan Lem untuk Laminasi Kayu Lapis yang Bagus

Dalam aplikasinya, berbagai jenis plywood tersebut harus didukung dengan memanfaatkan lem dengan kualitas yang baik. Jenis lemnya sendiri perlu dipilih yang merupakan lem kayu laminasi berkualitas seperti Crossbond X4. Lem ini memiliki berbagai kriteria menarik yang membuatnya ideal sebagai bahan perekat untuk kayu lapis:
Kuat. Lem akan meresap ke dalam kayu dan melakukan ikatan hingga ke bagian dalam kayu

  1. Tahan lama, bahkan untuk eksterior
  2. Mudah digunakan
  3. Terjangkau
  4. Tidak menyebabkan lapisan film lem

merk lem kayu laminasi Crossbond

Dengan berbagai poin menarik di atas, lem untuk laminasi kayu lapis pastilah bisa mewujudkan sambungan ini dengan cara yang baik.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here