Teakblock: Yuk Belajar mulai dari Pengertian sampai Fungsinya!

0
1965
blockboard

Apa itu teakblock? Apa bedanya dengan blockboard dan kayu lapis? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Pada kesempatan ini, lemkayu.net memang akan membahas salah satu material yang banyak digunakan untuk membuat mebel hingga elemen bangunan namun sering diabaikan. Material tersebut adalah teakblock.

Pengertian

Sebelum kita membahas teakblock, ada baiknya untuk memahami blackboard terlebih dahulu. Pasalnya, yang pertama disebut itu merupakan salah satu varian dari blockboard.
Blockboard dilihat sekilas sangat mirip dengan kayu lapis. Orang awam biasanya akan sulit membedakan mana yang blockboard dan mana yang kayu lapis atau plywood. Namun demikian, sebenarnya struktur dari blockboard sangat berbeda dengan kayu lapis. Pada kayu lapis, lembaran tipis kayu disatukan secara menumpuk satu sama lain. Hal yang demikian tidak berlaku pada blockboard. Blokbord dibuat dengan merekatkan potongan kayu secara horizontal (tidak saling menindih) sehingga kemudian tercipta papan yang lebar. Coba perhatikan gambar yang kami lampirkan di artikel ini. Bandingkanlah struktur blockboard tersebut dengan struktur kayu lapis yang sifatnya saling tindih. Berikutnya, baik lapisan atas atau bawah papan lebar ini dilapisi dengan veneer. Jadi pola garisnya bila dilihat dari samping bukan hanya pola garis searah, melainkan dua arah (vertikal dan horizontal). Nah, yang disebut sebagai teakblok atau orang Indonesia biasa menamainya tikblok adalah ketika blockbor dilapisi menggunakan veneer jati atau teak. Oleh karena itulah namanya “teakblock”. Teak dari veneer jati, dan block mengindikasikan material tersebut berjenis blockboard.

Mengapa teak alias jati yang digunakan?

Mengapa jati dan bukan jenis kayu yang lain? Dan kenapa tidak ada “block” lain yang populer seperti tikblok? Jawabannya sangat sederhana. Jati punya berbagai hal yang lebih baik dibanding kayu lainnya. Secara kualitas, kayu ini unggul karena sangat menarik. Veneer jati pun sudah pasti hadir dengan tampilan yang menawan. Selain itu, jati juga sangat populer di masyarakat. Pelaku usaha mebel yang memanfaatkan kayu olahan pun mau tak mau akan lebih tertarik dengan jenis blokcboard ini supaya produk yang mereka buat menjadi lebih laku.

Kelebihan dan Kekurangan Teakblock

  1. Harga yang lebih terjangkau sebagaimana kayu olahan pada umumnya
  2. Supply yang lebih lancar karena merupakan kayu olahan yang tak perlu penebangan pohon untuk menghasilkannya
  3. Tampilan luar yang sangat menarik karena menggunakan veneer dari kayu jati
  4. Dari kecenderungan melengkung, blockboard lebih baik dibanding plywood
    Kekurangan
  5. Biasanya teakblock dibuat dari kayu yang dilem dengan lem indoor. Ini menyebabkan material tersebut agak kurang cocok ketika diletakkan di kondisi outdoor atau luar ruangan
  6. Dari segi kekuatan, blockboard secara umum (termasuk tikblok) masih kalah dibanding kayu lapis atau plywood
  7. Rentan rusak terkena air. Eksposi air pada blockboard lebih besar efeknya dibanding pada kayu lapis
CS Lem Kayu

Jadi secara umum, bisa dikatakan bahwa kekurangan utama kayu olahan ini terletak pada ketahanan dan kekuatannya. Sementara bila dilihat dari estetika, tikblok secara umum unggul karena menggunakan veneer berbahan kayu jati.

Guna atau Manfaat Teakblock

Ada sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari blockboard jenis apapun termasuk tik blok. Berikut ini beberapa pemanfaatan engineered wood tersebut.

Furniture

Sebagai bahan untuk membuat mebel atau furniture, teakblok sering dipakai untuk kebutuhan yang memerlukan papan lebar atau bahkan panjang. Misalnya untuk membuat meja yang permukaannya luas seperti meja rapat, meja staff, hingga untuk membuat meja makan yang ukurannya besar. Selain itu, blockboard juga sering diandalkan untuk kebutuhan furniture yang membutuhkan papan memanjang. Dalam hal ini, kualitas blockboard termasuk teakblock lebih baik dibandingkan kayu lapis. Sebab, dibandingkan dengan kayu lapis, blockboard lebih stabil dari kecenderungan melengkung. Hanya saja, karena sifatnya yang kurang tahan air, furniture dari material ini ada baiknya tidak dipakai untuk kebutuhan luar ruangan seperti untuk membuat garden furniture.

Elemen Bangunan

blokcboard

Berbagai elemen bangunan juga bisa dihasilkan dengan material ini. Misalnya saja untuk membuat dinding rumah bagian dalam, untuk membuat paflon, untuk membuat pintu, sampai untuk membuat daun jendela. Seperti dijelaskan di atas, asalkan tidak dipakai untuk outdoor, aneka blockboard termasuk tikblok selalu bisa diandalkan.

Perlu Lem untuk Teakblock yang Bagus

Selain tidak disarankan dipakai untuk outdoor, bahan ini juga sebaiknya tidak digunakan dengan aplikasi lem yang buruk.
Lem? Ya. Lem atau bahan perekat harus diperhatikan saat Anda menggunakan bahan ini. Sebab, sebagai kayu olahan, tikblok punya kelemahan dalam hal kekuatan dan ketahanan yang kurang. Oleh sebab itu, area yang berkaitan dengan penyambungan pada material ini harus diperhatikan dengan baik. Lem yang dipilih harus lem yang benar-benar berkualitas.

Dari berbagai lem yang tersedia di pasaran sendiri, lem yang kami sarankan untuk kebutuhan tersebut adalah Crossbond X4. Crossbond X4 menawarkan aneka keunggulan seperti:

  1. Daya rekat yang sangat baik. Hal ini akan membuat area penyambungan lebih kokoh sekaligus stabil.
  2. Ketahanan lem yang lebih baik. Artinya, ikatan lem tidak mudah rusak meski terpapar berbagai faktor seperti kelembaban.
  3. Kecepatan kering yang ideal sehingga proses pengerjaan bisa menjadi lebih cepat
  4. Cover area yang luas dengan solid content tinggi yang membuatnya jauh lebih hemat untuk digunakan
  5. Kemudahan saat diaplikasikan
  6. Sifat lem yang lebih aman dan ramah lingkungan
  7. Harga lem yang jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang sangat baik

Simpulan

Istilah teakblock mungkin masih asing di masyarakat kita. Masyarakat kita sudah mengenal kayu lapis dengan baik, tapi tidak demikian dengan blockboard dan tikblok. Bahkan tak jarang orang menganggap blockboard sebagai plywood karena penampilannya secara sekilas memang sama. Padahal, keduanya sangat berlainan termasuk dari segi strukturnya.

Tikblok yang termasuk blockboard dibuat dari blok-blok kayu yang lebih tebal dibanding kayu lapis. Blok-blok kayu tersebut dilem menyamping sehingga bisa membentuk papan yang lebih lebar. Selanjutnya, bagian atas dan bahwa blok-blok kayu tersebut dilapisi dengan veneer. Teakblock sendiri adalah blockboard yang menggunakan veneer jati. Blockboard ini, karenanya, memiliki estetika yang sangat menarik selayaknya jati pada umumnya.
Dilihat dari kekurangan dan kelebihan, material ini unggul dalam beberapa hal tapi kurang baik dalam hal lainnya. Penggunaan tikblok pun mau tak mau harus memperhatikan kondisi ini. Contoh, karena secara estetika menarik, kita bisa memanfaatkan tipe blockboard ini untuk membuat mebel dan berbagai elemen bangunan. Namun, hindari penggunaan untuk kebutuhan outdoor. Sebab, material ini kurang tahan terhadap kondisi luar ruangan. Selain itu, aplikasi lem juga harus diperhatikan dengan baik. Khusus untuk kebutuhan ini, lem yang kami sarankan untuk teakblock adalah Crossbond X4.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here