Kenal Lebih Dekat Meja Bar dari Pengertian sampai Fungsinya

0
1263
meja bar (2)

Satu dari sekian banyak meja yang ada di pasaran dinamai sebagai meja bar. Apa sebetulnya definisi dari meja ini? Apa fungsi bar table? Dan bisakah kita membuatnya sendiri?

Apa sih Meja Bar itu?

Bar table adalah salah satu tipe meja khusus dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Didesain tinggi
2. Biasanya didampingi dengan bar stool atau kursi bar yang juga tinggi
3. Ukuran beragam, tapi secara umum memiliki bentuk memanjang
4. Beberapa di antaranya memiliki bagian depan dan belakang, sedangkan sebagian yang lain tidak
5. Permukaan tidak lebar

Di bar dan berbagai tempat hiburan, meja-meja ini banyak ditemukan. Dan dari penempatannya itulah meja seperti ini disebut sebagai bar table. Tapi tahukah Anda bahwa sekarang meja ini juga banyak ditemukan di dapur-dapur? Banyak dapur, khususnya dapur modern yang dilengkapi dengan furniture ini. Bila kita lihat bentuknya sendiri, terdapat perbedaan signifikan dengan meja makan. Meja makan biasanya memiliki tinggi setara dengan bagian bawah dada orang yang duduk. Sedangkan meja seperti ini tidak.

CS Lem Kayu

Meja ini tinggi dan dilengkapi dengan kursi yang juga tinggi. Jadi, ketinggian meja kurang lebih hanya mencapai perut orang yang duduk di kursi bar. Hal ini memang didesain sengaja. Sebab meja ini memang bukan meja makan. Fungsinya lebih sebagai meja untuk orang bercengkerama sambil menghabiskan minuman dan camilan.

Mengapa Meja Bar dan Bukan yang lain?

Sebagaimana disebut di atas, meja ini punya fungsi tersendiri. Bar table digunakan sebagai meja untuk bersosialisasi. Fungsinya sebagai fasilitas kita untuk makan camilan dan minum minuman sambil bersosialisasi dengan orang lain. Kita tidak bisa menggantinya begitu saja dengan meja lain, termasuk meja makan. Apalagi di berbagai tempat usaha. Bisa-bisa, tempat usaha kita akan dianggap aneh. Karena sajian minumannya malah diletakkan di meja makan seperti ketika ada prasmanan.

Di Mana Meja Bar Biasa Digunakan?

Meja ini banyak digunakan di:

1. Bar dan berbagai tempat hiburan malam. Di berbagai tempat hiburan tersebut, seringkali meja ini didesain dengan bagian muka dan bagian belakang. Bagian muka menghadap pengunjung yang hadir dan merupakan sisi di mana bangku bar diletakkan. Sedangkan bagian belakang adalah sisi kerja penyaji minuman yang biasanya dilengkapi dengan rak atau laci.
2. Kafe. Banyak kafe yang sekarang juga dilengkapi dengan meja ini.
3. Dapur. Seperti dijelaskan sebelumnya, ternyata meja ini sudah banyak digunakan di berbagai dapur milik pribadi. Fungsinya memang tak semaksimal meja makan. Tetapi ia bisa digunakan untuk sekedar mengambil camilan di dapur atau menemani anggota keluarga yang sedang memasak.

meja bar dapur

Berapa ya Harga Meja Bar?

Harga meja ini sangat beragam. Namun kisaran harganya mulai dari satu koma sekian juta rupiah. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga meja ini antara lain:

1. Bahan yang dipakai. Bahan kayu solid akan membuat harga meja menjadi jauh lebih mahal.
2. Desain meja. Semakin bagus, harga produk akan semakin mahal.
3. Ukuran meja.
4. Kelengkapan komponen meja.
5. Brand atau merk meja tersebut.

Lokasi pembelian kadang juga bisa memberikan pengaruh terhadap harga. Misalnya, membeli meja ini di toko furniture ternama versus yang biasa saja. Kadang, membeli meja di toko ternama akan menyebabkan dana yang harus dikeluarkan lebih besar. Jadi sebaiknya kita cermat sebelum melakukan pembelian atas meja ini.

Tempat Jual Meja Bar

Meja ini bisa didapatkan di berbagai tempat. Apalagi mengingat era ini sudah demikian modern. Kini ada banyak opsi untuk membeli meja ini, misalnya di:

1. Toko mebel konvensional. Anda bisa bertanya ke toko mebel paling dekat dengan rumah Anda mengenai produk ini. Beberapa toko di mana penjualnya adalah pembuat mebel itu sendiri, kadangkala Anda bisa melakukan pemesanan. Jadi Anda bisa mendapatkan produk yang benar-benar diinginkan.
2. Online shop meja bar. Proses pembelian secara online kini sudah berlaku pada berbagai produk. Tak terkecuali pada meja bar. Luar biasa bukan? Yang menarik dari transaksi online untuk membeli meja ini adalah pilihannya yang jauh lebih banyak. Model dan harga meja yang bisa dibeli sangat beragam. Pililhlah online shop yang terpercaya, bila perlu yang satu kota dengan Anda. Jadi Anda pun bisa mencoba melihat sendiri barang yang dijual.

Bisakah Membuat Meja Bar Sendiri?

Bahasan terakhir mengenai meja untuk bar ini juga bisa dimanfaatkan oleh Anda yang bekerja di bidang mebel. Sesuai pertanyaan di atas, bisakah kita membuat sendiri meja ini? Jawabannya tergantung pada Anda. Kalau Anda awam dalam dunia mebel, membuat meja seperti ini tidak kami rekomendasikan. Sebelum Anda membuat meja ini, ada baiknya belajar terlebih dahulu membuat jenis meja yang lain. Sebab bar table memiliki struktur dan ukuran yang lebih kompleks dan besar. Kedua, meja seperti ini juga lebih lama dibuat dibanding meja biasa. Nah, beda lagi kalau Anda memang mahir dalam dunia permebelan. Proses pembuatan meja ini tak akan memberatkan Anda. Paling-paling bila Anda tak familiar, Anda bisa mencoba mengikuti langkah-langkah tutorial membuat meja bar dengan rinci. Berbekal kecermatan dan ketelitian, Anda pasti bisa membuat produk tersebut.

meja bar

Crossbond X4 untuk Membuat Meja Bar

Bagi Anda yang merasa yakin bisa membuat meja ini, kami punya dua tips penting untuk Anda. Tips pertama, gunakanlah kayu olahan yang murah, dan yang kedua, gunakanlah Crossbond X4 untuk memfinish kayu olahan tersebut dengan veneer.

Mengapa kayu olahan? Jawabannya mudah. Sebab kayu olahan akan membuat budget produksi Anda turun dengan signifikan. Harga kayu olahan memang jauh lebih murah dibanding harga kayu solid. Dari segi tampilan, kayu olahan atau engineered wood memang tak menarik. Namun dengan Crossbond X4, Anda bisa memfinish kayu olahan tersebut dengan veneer.

veneer

Veneer adalah potongan sangat tipis kayu yang digunakan dengan cara ditempelkan. Jenis veneer sendiri beragam mulai dari veneer jati, mahoni, sampai veneer kayu import hickory dan spesies kayu yang lain. Veneer-veneer ini akan mampu membuat kayu olahan terlihat bak kayu asli dengan harga yang lebih terjangkau. Hanya saja, perekat veneer dengan kayu olahan memang harus benar-benar kuat. Karena itulah secara spesifik di atas kami rekomendasikan pemakaian lem laminasi, Crossbond X4.

Crossbond X4 merupakan lem PVAc (Polyvinyl Acetate) khusus untuk perekatan pelapisan. Selain bisa dipakai untuk merekatkan veneer, adhesive ini juga bisa digunakan untuk merekatkan lantai kayu parket ataupun decking dalam kondisi keras. Jadi adhesive ini memang adhesive untuk kebutuhan heavy duty yang tahan siraman hujan ataupun terik matahari. Terkait keawetannya tak perlu diragukan lagi.

lem untuk dinding kayu

Maka dari itu, yuk, segera buat meja bar murah yang berkualitas dengan Crossbond X4!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here