Mengenal Lem Glukol mulai dari Pengertian, Bahan, sampai Keunggulannya

0
4764
lem glukol

Apa itu lem glukol? Bila Anda orang Indonesia, rasanya Anda pasti setidak-tidaknya pernah mendengar nama lem tersebut. Nah, di artikel ini, lemkayu.net akan membahas produk lem itu. Tertarik? Langsung saja, simak penjelasan mengenai adhesive tersebut di bawah ini.

Pengertian Lem Glukol

Lem merupakan salah satu produk yang memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia. Lem digunakan untuk merekatkan kertas, merekatkan kayu, bambu, hingga merekatkan pipa-pipa dari bahan sintetis.

Tak heran, di pasaran tersedia berbagai lem yang berbeda-beda menurut merk hingga tujuan penggunaannya. Salah satu produk lem yang terkenal di masyarakat adalah lem glukol.
Lem glukol merupakan nama merk lem yang banyak digunakan.

Baca Juga : bahan kimia dasar yang digunakan untuk membuat lem

Lem ini biasanya dibeli dalam kemasan kecil dengan wadah plastik warna putih dan penutup warna merah. Bila dilihat dari bahan di dalamnya, lem ini merupakan lem yang menggunakan bahan dasar kanji.

lem glukolPemakaian kanji untuk membuat bahan perekat sendiri sejatinya sudah lama diterapkan. Bahan ini malah merupakan salah satu jenis bahan yang digunakan orang secara mandiri pada masa lalu.

Baca Juga : Kupas Tuntas Lem Eva Phaethon dari Formula sampai Kegunaannya

Saat ini, di tengah banyaknya bahan untuk membuat lem, pemakaian kanji masih sering dipakai, termasuk pada produk lem glukol ini. Salah satu alasannya adalah kemudahan bahan tersebut digunakan hingga harganya yang terjangkau untuk kebutuhan personal.

Penggunaan Adhesive

Lem ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perekatan kertas biasa. Misalnya untuk membuat kerajinan kertas yang ditugaskan di sekolah dan kebutuhan sejenis lainnya. Di luar itu, lem ini kurang kuat digunakan untuk perekatan kertas yang cenderung kaku. Misalnya kertas kardus. Untuk kebutuhan seperti itu, dibutuhkan lem yang lebih kuat seperti lem PVAc water based Ultra Phaethon.

Baca Juga : Mengenal Merk Lem Terbaik untuk Kayu, Crossbond!

Kelebihan dan Kekurangan Lem Glukol

Kelebihan

Tentu ada alasannya mengapa lem ini populer di masyarakat, berikut ini beberapa poin yang menjadi keunggulan lem glukol:

  1. Praktis digunakan
  2. Kemasan kecil sehingga bisa dibeli dengan harga yang murah
  3. Harga yang terjangkau
  4. Tersedia di banyak toko sehingga mudah didapatkan masyarakat

Kekurangan

Baca Juga : Harga dan Merk Lem Kayu PVAc Terbaik dari Phaeton, Fox, sampai Crossbond

Menurut kami, ada beberapa poin yang menjadi kekurangan lem ini. Salah satu di antaranya adalah sifat lem yang:

  1. Bau menyengat
  2. Warna lem ketika diaplikasikan kadang-kadang kurang baik
  3. Sifat lem yang tebal sehingga pada beberapa kebutuhan kerajinan tak bisa terlalu diharapkan
  4. Daya rekatnya terbatas untuk kebutuhan yang lebih spesifik

Untuk Mebel, Gunakan Crossbond X3, Untuk Kerajinan Kertas, Gunakan Ultra Phaethon

Secara umum, bisa dikatakan bahwa lem glukol merupakan lem yang didesain untuk perekatan kertas sehari-hari. Lem ini lebih cocok digunakan untuk kalangan awam yang ingin merekatkan kertas untuk tugas sekolah sampai untuk kebutuhan pribadi.

Baca Juga : Kekurangan Lem PVA yang Harus Anda Tahu

Daya rekat lem ini ringan dan karakteristiknya pun cocok untuk kebutuhan seperti itu. Namun, ia juga memiliki beberapa kekurangan. Dan untuk menggunakannya, jelas kita harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan adhesive tersebut secara imbang.

Contohnya, ketika ditanya, apakah lem ini bisa digunakan untuk membuat mebel? Jelas jawabannya tidak.

Bicara mengenai lem yang tepat untuk mebel, adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond X3. Lem ini kami sarankan karena merupakan lem PVAc (polyvinyl acetate) yang didesain dengan karakter lem kayu. Lem ini memiliki daya rekat yang cocok untuk pengeleman kayu, ketahanan yang baik, hingga efeknya pada estetika yang tidak merusak.

Hal ini membuat Crossbond X3 sebagai lem idaman yang memang telah lama digunakan industri mebel Indonesia. Singkatnya, bisa dikatakan bahwa Crossbond X3 merupakan lem yang didesain dengan tujuan yang begitu berbeda dengan lem glukol.

Begitu pula lem untuk kerajinan kertas, Ultra Phaethon. Berbasis PVAc atau polyvinyl acetate, Ultra Phaethon memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan lem glukol. Lem ini cocok digunakan untuk usaha kerajinan kertas dan serat alam mulai dari pembuatan tas daun pandan, kerajinan anyaman dari serat pisang, jilid buku softcover, jilid buku

Beli Lem Crossbond Sekarang juga di Lemkayu!

Kami menyediakan Crossbond X3 dan X4 di lemkayu.net, lho! Bagi Anda yang tertarik menggunakan lem ini untuk kebutuhan pembuatan mebel dan sejenisnya, segera pesan saja di lemkayu.njet. Dapatkan Crossbond X3 ataupun Crossbond X4 dengan tahapan pemesanan sebagai berikut:

  1. Hubungi kami via Customer Service. Anda bisa memilih opsi komunikasi via WA, email, atau telepon secara langsung. Nomor kontak dan alamat email yang bisa Anda hubungi bisa Anda lihat pada website ini.
  2. Anda bisa langsung melakukan pemesanan, atau menanyakan informasi terlebih dahulu mengenai adhesive ini.
  3. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan segera, berikan saja data berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, dan jumlah Crossbond X3 yang dipesan.
  4. Customer Service kami akan memroses data tersebut sekaligus mendiskusikan kurir pengiriman yang akan digunakan.
  5. CS kami akan memberikan kepada Anda keterangan biaya yang harus dibayarkan (harga Crossbond X3 dan ongkos kirimnya) serta nomor rekening tujuan pembayaran.
  6. Lakukan pembayaran. Setelah itu, kirim bukti pembayaran tersebut pada kami.
  7. Kami akan segera memroses pengiriman Crossbond X3. Tunggu nomor resi pengiriman yang akan diberikan oleh CS kami.
  8. Kami juga akan turut memantau proses pengiriman lem ini. Jadi, Anda akan benar-benar terjamin bisa mendapatkan lem ini.

Selain pembelian di situs ini, Anda juga bisa melakukan pembelian di berbagai marketplace. Opsi pembelian di marketplace kami sediakan karena kami menyadari banyak pelanggan yang sudah terbiasa belanja di ol shop kesayangannya.

Anda hanya perlu mencari nama produk kami saja di toko online yang biasa Anda gunakan. Yang jelas, apapun metode pemesanan yang Anda inginkan, Crossbond X3 akan selalu hadir dengan kualitas terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda termasuk untuk pembuatan mebel. Lem ini pada akhirnya memang berbeda dari lem glukol yang telah dibahas di atas.

Kesimpulan

Lem merupakan salah satu produk krusial dalam kehidupan manusia. Tak heran, di pasaran tersedia berbagai lem yang bisa digunakan yang berbeda-beda mulai dari merk sampai fungsinya. Salah satu produk lem yang banyak terdapat di pasaran adalah lem glukol.

Lem ini umumnya digunakan oleh orang awam untuk perekatan kertas yang biasa. Lem ini pun memiliki kekurangan dan kelebihan sebagaimana produk lainnya. Karenanya, dalam pemanfaatannya harus dilakukan sesuai dengan formulasi lem tersebut. Misalnya, untuk kebutuhan perekatan kertas yang lebih kaku hingga jilid buku, ada baiknya lem yang digunakan adalah lem Ultra Phaethon.

Sedangkan untuk perekatan mebel, Anda seyogyanya menggunakan lem kayu Crossbond.
Nah, demikian pembahasan mengenai lem glukol. Semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel dari kami lainnya yang sangat menarik di lemkayu.net ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here