Ternyata Mudah Cara Membuat Gendang Rebana itu!

0
1222

Bagaimana cara membuat gendang rebana? Alat musik yang menjadi kebanggan negara Indonesia ini tentunya punya tempat tersendiri di masyarakat kita. Meski tak dianggap alat musik mewah, namun ia populer dan sudah akrab dengan banyak kalangan masyarakat. Nah, kali ini, lemkayu.net akan membagikan tips sekaligus cara untuk membuat alat musik tersebut.

Tahukah Anda bahwa alat musik gendang rebana adalah alat musik kebanggaan Indonesia? Alat musik ini adalah salah satu jenis alat musik asli dari negara kita. Gendang rebana memang bukan piano yang dianggap alat musik berkelas. Ia juga bukan biola, dan bukan pula gitar yang disukai remaja kebanyakan. Alat musik ini justru sering muncul dalam berbagai seni kerakyatan. Salah satunya adalah saat digunakan sebagai pengiring musik keagamaan. Karena cara memainkannya yang mudah, tak berat dibawa, dan mampu memberikan suara-suara cantik, tak mengherankan ia disukai banyak orang.
Sebagai negara asal gendang rebana, Indonesia jelas punya beberapa titik produksi alat musik ini. Tak bisa dikatakan banyak, memang. Namun demikian, potensinya ada dan bisa dioptimalkan lebih baik lagi. Apalagi bila kelak popularitas alat musik ini sudah meningkat.

Membuat Gendang rebana Sendiri, Kenapa Tidak?

Trend musik dangdut yang naik belakangan ini sebenarnya bisa menjadi indikasi bahwa gendang rebana tak akan ketinggalan zaman. Sebab, pada banyak pagelaran musik dangdut, alat ini kerap digunakan. Tabuhannya dirasa amat pas dengan alunan dangdut yang memang melenakan.

Jadi, bila Anda tertarik membuat alat musik tersebut, baik untuk kebutuhan sendiri ataupun untuk berbisnis, jangan pernah ragu. Apalagi saat ini terdapat opsi penjualan online. Opsi ini memungkinkan Anda untuk bisa memulai usaha dengan modal yang lebih kecil. Anda bisa mulai membuat satu atau dua alat musik itu terlebih dahulu sambil memantau trend permintaan dari pembeli. Tertarik mencobanya? Simak cara atau tutorial pembuatan gendang rebana di bawah ini.

Begini Cara Membuat Gendang Rebana

Alat dan Bahan

CS Lem Kayu

Siapkan dulu kesemua alat dan bahan yang disebutkan di bawah ini sebelum Anda membuat gendang rebana tersebut.

  1. Kayu. Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan mulai dari kayu medang, kayu cempedak, hingga kayu leban.
  2. Kulit. Kulit sebaiknya dipilih yang kualitasnya baik untuk membuat gendang rebana. Sebab dari bagian inilah nantinya, suara rebana bisa mengeluarkan bunyi khasnya. Kulit yang bisa digunakan sendiri adalah kulit kambing.
  3. Lem. Lem berfungsi sebagai perekat untuk menutupi area pemakuan. Lem memiliki peran vital karena berpengaruh pada estetika alat musik yang dibuat tersebut.
  4. Tali
  5. Paku. Paku berfungsi sebagai penyambung sekaligus penahan bagian kulit.
  6. Bingkai besi dan pengait
  7. Alat ukur dan pemotong
  8. Berbagai alat pengerjaan kayu standar
  9. Amplas
  10. Cat atau bahan finishing lainnya yang sesuai dengan selera Anda. Namun kami merekomendasikan bahan water based agar lebih aman untuk digunakan.
  11. Alat untuk membuat ukiran atau pahatan (opsional, lakukan hanya bila Anda pandai memahat atau mengukir)
  12. Kuas untuk aplikasi cat ataupun untuk aplikasi lem.

Langkah-langkah Cara Membuat Gendang Rebana

Sudah siap dengan kesemua alat dan bahan yang disebutkan di atas? Bila sudah siap, maka Anda juga siap untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tahapan Persiapan Kayu

Pertama-tama, siapkan dulu kayu yang hendak Anda gunakan. Kayu harus memiliki kualitas yang bagus dan tersedia dalam kondisi yang baik. Artinya, kayu tidak kotor dan sudah halus merata. Selanjutnya, Anda pun bisa melakukan tahapan yang secara garis besar berupa:

  1. Pemotongan awal. Ukurannya sesuai gambaran kasar alat musik rebana tersebut.
  2. Penghalusan. Cara ini dilakukan supaya potongan kayu lebih halus setelah hanya dipotong dengan alat potong seperti gergaji dan pisau.
  3. Pemotongan tahap 2.
  4. Pemahatan. Pada langkah ini, kayu dipahat agar membentuk postur alat musik gendang rebana.

Penghiasan Kayu

Setelah kayu mendapatkan bentuknya, kini kita perlu membuatnya terlihat lebih menarik sekaligus melindunginya. Caranya? Tentu saja dengan aplikasi finishing. Finishing bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bahan. Namun, sebagaimana disebut di atas, kami hanya merekomendasikan bahan finishing berbasis air yang lebih aman dan ramah lingkungan. Pada tahapan ini, Anda juga bisa melukis kayu tersebut.

Keringkan dulu finishing yang sudah diaplikasikan. Jangan tergesa-gesa. Kering-anginkan lapisan finishing atau lukisan yang Anda buat dengan sabar. Sementara itu, mulailah untuk mengerjakan langkah ketiga cara membuat gendang rebana di bawah ini.

Tahapan Persiapan Kulit

Kulit kambing yang telah Anda dapatkan mula-mula harus dijemur dulu agar tidak terserang berbagai jenis hama. Setelah itu, lakukan pemotongan pada kulit kambing. Setelah dipotong menurut kebutuhan, saatnya untuk melakukan pembersihan dan perendaman kulit. Setelah itu, kering anginkan kulit sebelum memasuki tahapan berikutnya.

Pemasangan Kulit pada Tabang

Pada tahapan ini, Anda sebetulnya hanya perlu memasangkan kulit di tabang. Caranya:

  1. Pemasangan bingkai besi dan pengait pada kulit yang hendak dipasang
  2. Pengikatan tali
  3. Pemakuan bagian pinggir gendang rebana yang telah ditutupi kulit bagian atasnya.
  4. Pelepasan bingkai dan ikatan tali
  5. Pemotongan kulit yang masih tersisa atau tak rapi
  6. Penempelan kulit pada area yang dipaku. Dengan cara ini, gendang rebana akan terlihat lebih rapi sekaligus lebih bagus.

Gunakan Crossbond Sekarang Juga!

Ayo, gunakan sekarang juga Crossbond untuk membuat gendang rebana. Dapatkan lem ini dengan cara pembelian yang kekinian. Caranya? Tentu saja dengan pemesanan online. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah pemesanan online di toko online. Anda bisa membeli di akun resmi kami atau di agen-agen kami bila dirasa alamatnya lebih dekat. Pastikan saja agen tersebut terpercaya. Bila Anda ragu, jangan sungkan untuk menanyakan pada Customer Service kami. Pembelian di online shop sendiri dilakukan mengikuti aturan tiap online shop. Jadi, kami pun akan mengikuti alur pemesanan tersebut. Pilih saja toko online yang biasa Anda pakai untuk belanja online supaya lebih mudah dilakukan.

Cara kedua adalah dengan membeli online langsung di lemkayu.net. Pembelian lem Crossbond di lemkayu.net pada dasarnya mengikuti cara pembelian di berbagai online shop. Hanya saja, tak ada perantara pihak ketiga. Namun Anda tak perlu khawatir. Lemkayu.net merupakan website dari manufaktur Bio Industries. Kami telah bergerak memproduksi dan memasarkan berbagai produk kimia ramah lingkungan mulai dari cat, pengawet kayu, dan masih banyak lagi. Kami telah melayani banyak customer baik customer pribadi atau customer dalam skala perusahaan. Anda juga akan senantiasa dilayani oleh CS kami yang berpengalaman. CS kami akan memberikan berbagai informasi penting dan juga konsultasi setelah Anda menggunakan Crossbond. Aplikasi cara membuat gendang rebana dengan Crossbond dijamin berjalan dengan sukses.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here