5 Barang Bekas untuk Membuat Pot dan Tips Menghiasnya

0
67
Barang Bekas untuk Membuat Pot

Apa saja barang bekas untuk membuat pot yang bagus? Ban? Kaleng? Simak beberapa inspirasi tips menghias pot dari benda-benda daur ulang berikut ini.

Trend gardening atau berkebun sedang begitu menjamur. Meski aktivitas ini terlihat sederhana, berkebun bisa jadi hobi yang mahal lho.

Sebab, seringkali kita mengandalkan segalanya dari proses jual beli. Mau bunga? Tinggal beli. Mau tempat menyiram? TInggal beli. Mau pupuk? Tinggal beli.

Padahal sebetulnya, kita bisa mengakali persoalan tersebut dengan beberapa cara. Misalnya, memakai barang bekas yang bisa dijadikan pot tanaman.

perawatan kayu alami natural oil

Coba lihat daftar harga pot di toko langganan Anda. Untuk pot yang biasa, harganya memang cukup terjangkau. Namun untuk pot cantik, terutama pot indoor, harganya sangat mahal.

Jadi kenapa tak membuat sendiri saja? Toh, cara ini, sekaligus juga bisa berdampak baik bagi lingkungan. Sebab secara tidak langsung kita melakukan proses daur ulang.

Aneka Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Pot Tanaman

Bekas Kaleng Makanan

Kaleng-kaleng makanan dari yang berbentuk silinder tinggi sampai bulat pendek adalah jenis benda yang pas untuk pot. Sebab, selain tidak mengandung zat membahayakan, jumlahnya juga lumayan banyak.

Yang pendek cocok dipakai untuk menyemai bibit, sedangkan yang agak tinggi, bisa dipakai untuk menanam tanaman hias kecil.

Barang Bekas untuk Membuat Pot

Bagaimana dengan karakter bahannya? Well, bahan tiap kaleng memang harus diperhatikan. Yang dari logam lama kelamaan akan berkarat. Jadi tidak recommended untuk tanaman sayur seperti tomat atau cabai. Selain itu, bahan plastik seiring waktu akan menjadi mudah rusak (mudah pecah).

Tips agar pot kaleng tampak cantik:

  1. Pot seperti ini sebaiknya digunakan untuk indoor agar tak mudah berkarat
  2. Untuk menghiasnya, bisa diterapkan teknik decoupage yang tutorialnya bisa Anda baca di artikel Cara Membuat Kerajinan Decoupage. Atau, untuk penerapan langsung pada pot, silahkan simak bagian akhir artikel ini.

Bekas Tempat Sabun Cuci dan Cat

Beberapa kalangan selalu membeli sabun cuci dengan ukuran ember kecil. Pemakaiannya bervariasi dari yang dijatah untuk satu bulan hingga 2 minggu saja.

Bila sabun habis sebulan sekali, artinya, Anda bisa mendapatkan wadah tak terpakai bekas sabun sebanyak 12 buah per tahun. Daripada dibuang, wadah-wadah ini akan lebih baik bila dijadikan sebagai salah satu barang bekas untuk membuat pot.

Tips Penggunaan Wadah Plastik Bekas Sabun untuk Pot Bunga

  1. Wadah wajib dibilas hingga aroma sabun hilang sebelum dijadikan pot
  2. Untuk menghiasnya, Anda bisa mengecatnya dengan cat plastik

Barang Bekas untuk Membuat Pot dari Kendi dan Kuali

Barang bekas berupa bahan dari tanah liat bisa menjadi bahan untuk Membuat Pot

Apabila Anda memiliki kendi atau berbagai benda dari tanah liat, Anda juga bisa memakainya untuk pot. Kendi pun tak harus utuh. Anda masih bisa memanfaatkan kendi yang pecah bagian bawah ataupun sampingnya.

Selain kendi, kuali tanah liat juga bisa dipakai untuk membuat pot. Kuali sebagaimana yang kita tahu adalah alat masak yang biasanya tak lagi dipakai ketika bagian bawahnga bolong.

Catatan:

  1. Tanah liat adalah material ideal untuk pertumbuhan tanaman
  2. Agar pot kuali dan kendi bagus, Anda bisa mengecatnya dengan cat khusus untuk tanah liat

Barang Bekas untuk Membuat Pot dari Aneka Alat Masak dan Makan

Beberapa alat memasak dan makan (atau minum) seperti panci, ketel, sampai alat untuk menanak nasi adalah benda-benda yang bisa diubah menjadi vas atau pot. Tanaman akan jadi terlihat sangat indah dengan wadah yang unik tersebut.

teco dari porselen yang sudah tidak digunakan bisa dijadikan bahan untuk pot bunga

Catatan:

  • Tampilan tua alat masak justru bisa dianggap indah karena bisa memberikan kesan rustic. Namun bila Anda ingin memperindahnya, aplikasikan decoupage dengan Ultra Phaethon atau lakukan pengecatan dengan bahan finishing yang tepat.

Bekas Botol Besar

Beberapa botol yang ukurannya besar bisa dipakai untuk menanam tanaman yang tak begitu besar. Botol bisa dipotong menjadi dua (tapi tidak sama luasnya) di mana bagian bisa dijual ke tukang loak, sedangkan sisanya untuk vas.

Catatan:

  1. Botol bisa dicat agar tampilannya menjadi indah. Teknik decoupage juga bisa diterapkan.
  2. Bahan botol tidak begitu kuat jadi jangan menanam tanaman yang pertumbuhannya cepat
  3. Atur botol di rak kayu supaya makin terlihat indah

Kira-kira di atas adalah 5 barang bekas untuk membuat pot yang menarik digunakan. Bagaimana dengan Anda? Manakah di antara berbagai produk di atas yang Anda suka?

Decoupage untuk Sulap Barang Bekas jadi Pot yang Indah

Seperti dijelaskan di atas, agar barang bekas terlihat lebih indah, beberapa cara bisa dilakukan. Selain pengecatan, Anda juga bisa menerapkan teknik decoupage.

Decoupage adalah kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan napkin khusus pada sebuah permukaan. Setelah napkin menempel dengan baik, permukaan benda yang ditempeli (beserta napkin yang telah menempel) dilapisi coating bening.

Cara tersebut kan membuat sebuah benda tampak seperti dicat dengan indah. Padahal hanya dilakukan penempelan saja.

Untuk langkah-langkah memperindah barang bekas untuk membuat pot sendiri bisa Anda simak sebagai berikut:

  1. Siapkan kaleng, botol bekas, atau benda yang hendak Anda gunakan sebagai vas.
  2. Bersihkan permukaan benda tersebut dan keringkan
  3. Siapkan napkin decoupage. Tempel dengan hati-hati.
  4. Gunakan Ultra Phaethon supaya napkin bisa menempel dengan baik.
  5. Biarkan perekatan mengering agar posisi napkin stabil.
  6. Siapkan coating bening, usahakan coating water based.
  7. Oleskan coating ke seluruh permukaan benda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Napkin decoupage sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah secara langsung ataupun daring.

Bilapun Anda tak menemukan napkin yang tepat, Anda bisa menggunakan gambar dari kertas atau kain yang menurut Anda bagus. Hanya saja bila Anda menggunakan kertas, pastikanlah kertasnya tidak mudah rusak ketika terkena coating.

Selebihnya, tak banyak hal yang harus Anda perhatikan. Sebab langkah-langkah aplikasi decoupage memang tidak sulit diikuti. Yang jelas, lakukanlah dengan cermat. Selain itu, gunakan selalu lem Ultra Phaethon untuk pembuatan kerajinan seperti ini.

perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here