Apa ya Lem yang Bagus untuk Kerajinan Kayu Bekas?

0
1773
rumah-mini-kayu
Berbagai produk bisa dihasilkan dari pemanfaatan kayu bekas.

kayu-paletApa lem yang bagus untuk kerajinan kayu bekas? Sebagai bidang yang makin maju di industri kreatif dan mebel, kebutuhan akan lem berkualitas tentu makin krusial. Apalagi ketika jenis material ini juga dipercaya sebagai bahan konstruksi bangunan. Tanpa bahan perekat atau glue yang kuat, apa jadinya kualitas barang yang dihasilkan?

Cermati saja berbagai produk yang kita kenal. Dari mebel seperti almari dan kursi, lalu konstruksi bangunan, hingga benda-benda kerajinan, pasti mensyaratkan perekatan yang bagus antar bagiannya. Jadi, meski memang secara awam lem kayu tak banyak dipahami masyarakat, penggunaannya memiliki manfaat luar biasa.

Kerajinan Kayu Bekas Harus Tetap Berkualitas dan Green

rumah-mini-kayu
Berbagai produk bisa dihasilkan dari pemanfaatan kayu bekas.

Pemanfaatan lem berkualitas pada kayu bekas sendiri dinilai lebih krusial untuk mematahkan anggapan bahwa produk dari material daur ulang ini kurang berkualitas. Aplikasi lem yang bagus akan memperkuat struktur dan perekatan antar bagian kayu sehingga meskipun dibuat dari bahan bekas, akan tetapi kualitanya tak perlu diragukan.

Selain itu, mengingat penggunaan kayu bekas sering diidentikkan dengan produk-produk green atau ramah lingkungan, penggunaan lem yang juga ramah lingkungan pun bisa kita andalkan. Jadi, berbagai bahan yang digunakan tersebut nantinya benar-benar sesuai dengan kebijakan yang tujuannya membuat alam tetap lestari.

Apa Lem Kayu yang Bagus untuk Kerajinan Kayu Bekas?

CS Lem Kayu

Produk yang kami sarankan sebagai bahan perekat kayu bekas ialah Crossbond. Alasannya, selain memiliki daya rekat yang kuat, Crossbond juga merupakan produk dengan green label berstandar internasional. Lem ini didesain dengan standar European Chemical Regulation dan Environmental Protection Agency.

Terdapat dua varian Crossbond yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda, yakni:

Crossbond X3

Adalah lem perekatan tipe konstruksi indoor yang terbuat dari bahan dasar polyvinyl acetate. Kelebihan produk ini terletak pada daya rekatnya yang kuat, tahan lama, tidak bau, tidak beracun, mudah diaplikasikan, dan tidak menimbulkan glue line. Crossbond juga terjangkau dengan harga Rp. 45.000,- pada kemasan terkecilnya.

Crossbond X4

Adalah lem kayu yang bagus untuk kerajinan kayu bekas dengan tipe pengeleman laminasi. Crossbond X4 bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor. Seperti Crossbond X3, lem ini unggul dalam hal daya rekatnya, daya sebar yang luas, tahan lama, tidak bau, tidak beracun, mudah diaplikasikan, serta tidak menimbulkan glue line. Crossbond bisa didadpat dengan harga Rp. 50.000,- pada kemasan terkecilnya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here