Cara Menghilangkan Bekas Lem Kayu dalam 5 Langkah Super Mudah

0
6455
cara menghilangkan bekas lem kayu

Ada beberapa kegiatan yang akan memaksa kita terlibat dengan proses perekatan kayu. Beberapa di antaranya adalah pembuatan produk kayu, refinishing, hingga perbaikan. Selain harus berjibaku dengan masalah pengeleman, kitapun harus berjibaku dengan cara menghilangkan bekas lem kayu setelahnya.

Mengapa noda bekas lem kayu?

pagar tampil baru dengan Orchid

cara menghilangkan bekas lem kayu

Pasalnya, kemunculan noda bekas lem merupakan hal yang pasti akan kita temukan. Malah keluarnya lem tersebut adalah indikator yang ditunggu-tunggu. Sebab, keluarnya lem dari area penyambungan adalah indikasi yang menandakan semua kayu telah terolesi lem. Namun di sisi lain, noda ini bisa merusak keindahan produk sekaligus menyebabkan kesulitan proses finishing. Untuk itulah perlu diaplikasikan langkah pembersihan yang baik dan benar. Berikut ini salah satu cara ampuh menghilangkan noda lem kayu.

Alat dan Bahan

1. Penyemprot
2. Beberapa kain lap bersih atau sikat
3. Larutan pembersih (dari cuka, aseton, atau air hangat tergantung tipe lem).
4. Amplas (bila diperlukan)
5. Bahan finishing (bila diperlukan)

 

Baca juga : Yuk, Simak 3 Alasan Gunakan Kayu Bekas dari Agen Lem untuk Kayu Crossbond

Cara Menghilangkah Lem Kayu dalam 5 Langkah Mudah

cara menghilangkan bekas lem kayu

1. Gunakan semprotan, isi dengan air hangat, cuka, aseton atau produk alkohol. Pilih salah satu dan tentukan sesuai dengan jenis adhesivenya. Coba cek kemasan adhesive dan lihat rekomendasi cara pembersihannya. Bila Anda tak menemukan keterangan yang dibutuhkan, lakukan dulu trial dan error (percobaan) di media kayu bekas.

2. Semprotkan pelan-pelan larutan pembersih yang sudah Anda buat. Selanjutnya, dengan kain lap atau sikat usapkan semprotan tersebut secara merata.

3. Biarkan beberapa menit.

4. Noda bekas lem yang samar akan mulai terlihat jelas. Saat inilah, Anda bisa menggunakan kain lap baru yang telah dicelupkan larutan pembersih untuk menggosoknya hingga hilang.

Baca Juga:  Tutorial Membuat Meja Lesehan dengan Crossbond X3

5. Bila noda bekas lem masih sangat membandel, coba gunakan kertas amplas. Setelah itu, cat ulang kayu sehingga tampilannya tak rusak.

Tips

Ada kalanya Anda akan menemukan beberapa saran menghilangkan noda lem dengan cara pemanasan. Meskipun cara tersebut bisa saja efektif, namun resikonya tergolong besar. Sebab bisa saja Anda malah merusak sambungan yang telah dilem. Jadi, kami tak menyarankan cara tersebut apalagi bila Anda masih baru di dunia woodworking. Cara menghilangkan bekas lem kayu di atas yang kami terangkan sudah sangat baik dan memiliki resiko yang kecil.

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here