Mudah! Ini Langkah-langkah Membuat Kerajinan dari Kayu Palet

0
4034

Bagaimana langkah-langkah membuat kerajinan dari kayu palet? Untuk hasil maksimal, selain langkah yang tepat, jangan lupa gunakan lem Crossbond.

Kayu palet atau peti kemas yang berasal dari jenis pohon jati belanda merupakan salah satu kayu limbah yang memiliki banyak manfaat. Selain bisa dipakai sebagai material mebel, kayu ini juga bisa dipakai untuk membuat beragam jenis kerajinan. Salah satunya adalah kerajinan hiasan dinding. Dengan kayu ini, cukup berbekal tripleks serta beberapa palet, hiasan dinding cantik akan bisa mempercantik rumah Anda. Namun sebelumnya, siapkan dulu alat dan bawahnya di bawah ini:

1. Beberapa kayu palet

CS Lem Kayu

2. Alas kayu, baik itu kayu solid ataupun tripleks maupun frame gambar besar

3. Lem kayu Crossbond

4. Paku

5. Palu

6. Cat

7. Kuas

8. Amplas

9. Antihama BioCide (bila diperlukan)

Langkah-langkah Membuat Kerajinan dari Kayu Palet

1. Siapkan kayu palet. Bersihkan dan keringkan. Gunakan amplas untuk meratakan dan menghaluskan permukaan kayu.

2. Gambar desain model hiasan kayu palet yang Anda inginkan. Anda bisa mencontoh berbagai gambar di bawah ini sebagai inspirasi.

3. Potong kayu palet mengikuti bentuk desain yang Anda pilih serta alasnya.

4. Siapkan alas kayu atau frame sebagai media pemersatu berbagai kayu palet.

5. Tempelkan kayu palet yang sudah dipotong pada alasnya. Bila perlu buat dulu gambar polanya di atas alas.

6. Biarkan lem mengering. Tindih dengan beban seperti beras atau buku berat supaya ikatan menjadi lebih kuat.

7. Untuk lebih menguatkan, gunakan paku pada sisi-sisi palet.

8. Aplikasikan finishing pada kayu ini. Apa tipe finishing yang cocok diterapkan? Untuk palet sebenarnya akan cocok bila diterapkan finishing whitewash, vintage, dan berbagai finishing non solid konvensional lainnya. Agar lebih jelas, silahkan pelajari aneka finishing tersebut pada laman cara finishing BioIndustries.

9. Selesai. Hiasan palet Anda siap digantung. Agar semakin manis, posisikan hiasan ini di atas rak yang di atasnya diletakkan vas dengan bunga-bunga yang cantik.

Demikian langkah-langkah membuat kerajinan dari kayu palet. Selain hiasan dinding, masih banyak lagi bentuk kerajinan yang bisa dihasilkan material ini. Misalnya saja vas, rak buku, hingga tempat lilin. Tunggu artikel kami berikutnya untuk berbagai tutorial tersebut ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here