Ragam Kreasi Palet Kayu Bekas yang Luar Biasa

0
4326
almari-palet-kayu
Keindahan produk dari palet kayu dipengaruhi lem yang digunakan.

Siapa sangka barang bekas bisa menghasilkan omset hingga milyaran rupiah? Adalah palet kayu atau kayu peti kemas yang bisa mewujudkan hal tersebut. Material ini sudah lama dikenal sebagai barang bekas, tetapi nyatanya juga telah wara-wiri dalam perdagangan ekspor dan impor.

kayu-paletAlasannya banyak. Salah satunya, terletak pada keindahan kayu itu sendiri. Kayu peti kemas termasuk pada jenis kayu jati belanda. Umumnya, material ini memiliki tampilan menarik dengan serat atau pola yang jelas, besar-besar, dan mirip jati. Dari segi warnanya, kayu ini memiliki corak cerah. Kombinasi tersebut, membuat jati belanda digemari untuk finishing natural. Kesan yang ditimbulkan pun beragam mulai dari vintage hingga rustic.

/cara-membuat-tempat-tidur-dari-kayu-bekas-ternyata-bisa-kok-3362.html

Meskipun demikian, karena merupakan kayu bekas, pemanfaatan kayu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Bahan-bahan pendukungnya harus dipilih dengan cermat dan diusahakan memiliki kualitas terbaik untuk menutupi kekurangan kayu ini.

CS Lem Kayu

Misalnya untuk menutupi ketidakawetan palet kayu, kita bisa mengaplikasikan proses pengawetan dulu. Jadi dengan treatment tersebut, kayu bekas ini bisa bertahan dengan usia sangat lama.

Selain itu, hal lain yang tak kalah penting adalah penggunaan lem. Lem atau bahan perekat memiliki peran penting menjamin berfungsinya suatu produk. Lebih-lebih pada produk yang terbuat dari barang bekas. Kualitas lem tak bisa disepelekan begitu saja.

Pilih Lem untuk Palet Kayu yang Tak Menimbulkan Glue Line

Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih lem adalah memastikan bahwa bahan tersebut tidak merusak estetika produk. Misalnya, jangan memilih lem yang bisa menimbulkan glue line. Pilihlah lem yang tidak merusak kayu seperti Crossbond. Aplikasi lem tersebut banyak dipuji karena selain menawarkan kekuatan perekatan yang bagus, juga tidak menimbulkan kerusakan estetika.
Dengan aplikasi lem yang bagus, beragam produk dari palet kayu akan tampil prima sebagaimana contohnya di bawah ini:

Furniture

Beragam mebel bisa dibuat dari material kayu palet. Mulai dari rak, kabinet dapur, hingga tempat tidur!

almari-palet-kayu

Handicraft

Kerajinan tangan handicraft juga bisa memanfaatkan bekas kayu peti kemas.

dekorasi-palet-kayu

Komponen Bangunan

Berbagai komponen bangunan bisa dibuat dari palet kayu. Misalnya saja lantai parket, pintu, jendela, dinding, hingga langit-langit rumah.

lantai-kayu-palet-bekas

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here