Contoh 5 Tempat Tidur Pallet Cantik yang Bisa Anda Buat dengan Crossbond X3

0
3044

Meski merupakan kayu bekas aka reclaimed, pada kenyataannya tampilan yang dimiliki kayu pallet sangat menarik. Beragam produk woodworking bisa dihasilkan dari material ini, di antaranya adalah tempat tidur pallet. Berbekal Crossbond dan teknik finishing mumpuni, aneka ranjang palet dapat Anda hasilkan dengan lebih kokoh, kuat, dan menawan.

Keindahan furniture tak bisa dihasilkan hanya dengan tampilan solid yang berkilau. Justru bagi banyak pihak, tampilan vintage, tua, dan berkarat sangat disukai. Kesan “tua” itulah yang dianggap indah dan memikat. Adapun keindahan seperti ini, bisa kita dapatkan dengan setidaknya dua cara:

Baca Juga : cara membuat tempat tidur dari bambu dengan desain sederhana

1. Aplikasi finishing dengan kesan tua pada kayu baru
2. Penggunaan kayu-kayu bekas seperti palet

Kedua pilihan di atas boleh saja diambil sesuai kebutuhan masing-masing. Namun pilihan kedua, bukan hanya bisa menghadirkan estetika yang Anda sukai melainkan juga bisa membantu mendaur ulang produk yang dianggap tak berguna.

Pallet atau kayu palet sendiri biasa disebut sebagai kayu peti kemas. Kayu-kayu seperti ini umumnya berasal dari pohon jati belanda yang memiliki tampilan khusus berupa warnanya yang terang dan beberapa mata kayunya yang signifikan. Kayu peti kemas sendiri biasanya digunakan sebagai pembungkus barang yang dibawa dengan kapal. Meski sepertinya bukan kayu mewah seperti eboni maupun jati, tapi kayu ini bisa diolah menjadi produk sangat mahal. Apalagi bila kita menerapkan cara pengolahan yang baik untuk produk-produk yang sedang trend.

Baca Juga : cara membuat tempat tidur dari palet kayu

Tempat Tidur Pallet Jadi Idaman

Salah satu mebel yang saat ini banyak memanfaatkan pallet adalah ranjang atau tempat tidur. Biasanya pelaku usaha di bidang ini, khusus mendesain ranjang paletnya untuk memenuhi pesanan dari hotel, villa, resort, dan pasar-pasar kelas atas. Tak jarang juga pemesanan datang dari luar negeri. Menggiurkan ya?

Namun sebagaimana disebut di atas, kualitas tempat tidur dari kayu pallet akan sangat ditentukan berdasarkan pengolahannya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menerapkan desain ranjang palet yang cantik. Berikut ini 5 contoh tempat tidur pallet idaman.

Tampilan Tua dan Reclaimed

ranjang peti kemas

Elegan

Natural

Paduan dengan Warna Lembut Merah Muda

Selain desain, pastikan juga Anda menggunakan finishing dan lem yang tepat dalam proses pembuatan berbagai produk di atas. Rincinya, berikut ini kriteria cat serta lem yang wajib Anda perhatikan.

1. Gunakan selalu produk water based (berbasis air) baik untuk lem maupun catnya. Hindari menggunakan produk solvent based yang kurang aman serta berbau menyengat.
2. Pastikan lem yang digunakan kuat dan tahan lama. Tips lem yang kami sarankan adalah Crossbond X3.
3. Meskipun memanfaatkan kayu bekas, bukan berarti finishing-nya diterapkan asal-asalan. Meski memberikan visual seperti kayu bekas, pastikan cat yang digunakan benar-benar bisa memproteksi kayu.

Dengan mengikuti 3 tips di atas, tempat tidur pallet yang Anda buat pasti lebih berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here