Mau Pakai Papan Gypsum? Yuk Baca ini Dulu!

0
2351
papan gypsum

papan gypsum

Papan gypsum atau dalam Bahasa Inggris sering disebut sebagai drywall, adalah nama sebuah produk manufaktur yang didesain spesifik menggunakan isi gypsum dan pelapis lain seperti kertas dan serat fiberglass. Papan ini bisa dipakai untuk partisi bagian dalam gedung, langit-langit atau plafon, dan kebutuhan konstruksi lainnya.

Gypsum sendiri adalah mineral yang bisa ditemukan di alam maupun dibuat secara kimia. Di alam, gypsum didapat dalam formasi batuan sedimen dalam bentuk calcium sulfate dehydrate. Dari wujud bebatuannya di alam itu, perusahaan kemudian menghancurkannya menjadi bubuk untuk kemudian dipanaskan pada suhu 350 derajat Fahrenheit dan di-calcining.

Sedangkan gypsum sintetis atau biasa disebut dengan FGD adalah gypsum yang dihasilkan dari produk sampingan pembangkit listrik tenaga batu bara. Pada PLT tersebut dihasilkan sulfur dioksida yang kemudian dipisahkan dari polutan lainnya dan dibentuk secara kimia menjadi gypsum.

Keuntungan Menggunakan Papan Gypsum

Di era di mana kebutuhan konstruksi terus meningkat, penggunaan gypsum terutama papannya menyediakan alternatif sangat menarik. Material ini juga bisa menjadi pengganti kayu yang lahan penanamannya terus menurun akibat industrialisasi. Lantas bagaimana gypsum bila dibandingkan dengan papan alternatif non kayu solid seperti mdf?

Berikut ini keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan bahan ini:

Kemudahan Instalasi

Dibanding pembuatan dinding dari batu bata dan semen, partisi dari papan gypsum jelas lebih mudah diaplikasikan.

Resisten terhadap Api

Di Amerika, sebagian besar gedung yang memerlukan resistensi pada api menggunakan gypsum sebagai komponennya. Bahan ini bahkan bisa menjadi penghambat api ketika terjadi kebakaran.

Meredam Suara

Salah satu fungsi ruangan adalah melindungi kita dari polutan, termasuk polutan suara. Menariknya, gypsum memiliki kemampuan meredam suara yang pasti akan berguna bagi yang tinggal di area berhimpitan.

Tahan Lama

Karena terbuat dari mineral, bahan ini cenderung lebih awet. Gypsum tak perlu dikhawatirkan dirusak hama atau membusuk dan lapuk.

Terjangkau

Tentu saja dibanding kayu solid dan pembuatan tembok semen, gypsum lebih terjangkau. Apalagi di masa depan di mana harga-harga produk seperti batu-bata, kayu, hingga semen yang terus meningkat.

Klasifikasi

Papan gypsum bisa dibedakan menjadi beberapa tipe. Basis pembedaannya pun beragam. Ada gypsum yang dibedakan berdasarkan pelapisnya, tujuan pembuatannya, hingga ketebalannya. Contoh berdasarkan ketebalannya, kita bisa membedakan material ini menjadi papan seperempat inchi, 5/6 inchi, hingga 1 ¾ inchi.

Kekurangan

Meskipun menawarkan banyak keuntungan, bukan berarti bahan ini tak memiliki kekurangan. Contoh, meski bahan ini secara umum tahan api, namun penggunaannya pada suhu yang terlalu tinggi sama sekali tidak disarankan. Demikian juga penggunaan papan gypsum pada suhu yang terlalu rendah. Kondisi ideal seperti kelembaban yang terjaga juga disarankan dengan aplikasi sistem ventilasi yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here