Bagus untuk Vinir, Bagus untuk Laminate, Ini Lem Kayu Laminasi Crossbond!

0
1739
vinir

Lem kayu laminasi Crossbond dapat kita andalkan untuk wooden laminate maupun vinir (veneer). Adhesive ini memiliki daya rekat yang baik dan ketahanan ekstra pada cuaca. Namun apa sebenarnya beda antara veneer dan wooden laminate itu sendiri? Selama ini, kedua istilah tersebut sering digunakan di berbagai tema mengenai pengolahan kayu. Apa yang sebenarnya membedakannya?

vinir

Veneer

Veneer atau vinir merupakan kata yang jamak digunakan masyarakat. Pada industri woodworking, istilah ini kerap merujuk pada lapisan kayu tipis yang bisa berupa plywood maupun material komposit. Padahal, dari asal sejarahnya sebenarnya vinir memiliki ciri tersendiri dari segi tampilannya. Vinir biasanya memiliki tampilan menarik. Sebab bahan ini memang awalnya didesain untuk fungsi dekorasi. Penggunaan lapisan menarik ini akan membuat produk juga terlihat menarik, namun dengan cara yang lebih praktis. Dan karena vinir merupakan kayu, lapisan ini pun bisa difinishing atau dicat.

kayu laminasi

Laminate

Kayu lamiasi atau wooden laminate adalah produk berlapis yang dilem satu sama lain. Contohnya adalah plywood atau “kayu lapis”. Meski demikian, penggunaan istilah ini kerap merujuk pada papan laminasi yang belum difinishing. Pemanfaatannya sendiri sangat jamak. Kayu laminasi banyak diterapkan untuk kebutuhan papan lebar yang tak bisa dipenuhi kayu-kayu solid.

Persamaan Vinir dan Laminate? Perlu Lem Kayu Laminasi Crossbond!

Di atas, kita telah membahas mengenai perbedaan vinir dengan laminate. Keduanya sebenarnya bukan merupakan hal yang saling berlawanan. Produk-produk laminate bisa saja mengaplikasikan vinir sebagai pelapis dekorasinya.

Selain itu, meski memiliki perbedaan, kedua material ini juga memiliki persamaan. Baik vinir maupun laminate tergolong produk yang penerapannya membutuhkan adhesive dari jenis non struktural, khususnya laminasi. Lem kayu laminasi Crossbond ialah produk yang tepat untuk kebutuhan ini.

Crossbond X4 memiliki beberapa keunggulan penting terkait fungsinya dalam aplikasi vinir maupun kayu laminasi. Lem ini memiliki daya rekat kuat namun bisa meresap ke dalam kayu. Dengan demikian produk yang dihasilkan tak memiliki lapisan lem namun tetap kuat dan terikat dengan baik.

Berikut ini cara aplikasi Crossbond X4
1. Persiapan media dengan membersihkan dan mengeringkannya
2. Mengaplikasikan Crossbond X4 di salah satu permukaan media
3. Merekatkannya dan menunggu hingga kering. Gunakan clamp press

lem kayu laminasi Crossbond

Mudah bukan? Terkait dengan harganya, Anda juga tak perlu khawatir. Sebab lem kayu laminasi Crossbond X4 ini bisa Anda dapatkan dengan terjangkau mulai harga Rp. 50.000,-.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here