DIY Aplikasi Vinir pada Gitar dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond X4!

0
1577
memvinir gitar selesai

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk memvinir atau mengaplikasikan veneer pada gitar? Jangan salah. Hal seperti itu sangat mungkin dilakukan. Pada artikel ini, akan kami tunjukkan step by step cara aplikasi vinir pada gitar dengan lem kayu untuk gitar Crossbond X4.

Alat dan Bahan

1. Vinir, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Lem kayu Crossbond X4 (jangan sembarangan memilih lem ya, tak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan ini).
3. Body gitar yang akan divinir
4. Alat tulis
5. Penggaris
6. Selotip
7. Kuas

lem kayu untuk gitar crossbond X4
lem kayu untuk gitar Crossbond X4

Cara Memvinir Gitar dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond X4

Persiapan

Siapkan semua alat dan bahan. Gunakan meja besar untuk bekerja.

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Pemotongan Vinir

Siapkan vinir. Potong dengan lebar setengah dari ukuran gitar. Anda juga perlu menandai bagian tengah gitar dengan selotip. Selanjutnya, letakkan vinir tersebut di bawah body gitar. Gambar bentuk body gitar di vinir tersebut. Selanjutnya, potonglah menurut gambar yang Anda buat. Biarkan bagian tengah body yang berlubang. Bagian tersebut, akan dipotong setelah lem diaplikasikan.

Aplikasi Lem

Bersihkan dengan cermat vinir serta body gitar. Setelah itu, aplikasikan Crossbond X4 secara merata. Gunakan kuas atau alat lainnya yang sekiranya bisa Anda gunakan. Setelah itu, rekatkan vinir pada body gitar.

memvinir gitar 5

Menunggu Kering

Letakkan gitar pada posisi bagian yang tervinir di bawah. Letakkan di tempat yang rata. Setelah itu, tindih gitar dengan beban berat. Misalnya dengan beras 3 kg. Penindihan ini dalam industri yang lebih profesional biasanya digunakan dengan clamp press. Namun karena ini dilakukan untuk kebutuhan sendiri, penindihan dengan beban berat seperti ini saja cukup.

memvinir gitar 6

Potong Vinir

Setelah lem mengering, potong lubang pada bagian body gitar. Hati-hati ya. Pastikan pekerjaan Anda rapi. Selain itu, haluskan juga bagian pinggir gitar agar penampilannya lebih baik. Setelah langkah ini dilakukan, maka selesailah Anda memvinir setengah bagian gitar.

Baca Juga:  Harga Veneer Kayu Terbaru (2022)

Pengulangan

Ulangi langkah di atas untuk setengah bagian gitar yang lain.
Nah, demikian cara aplikasi vinir pada gitar dengan lem kyu untuk gitar Crossbond. Sama sekali tak sulit bukan? Dengan cara ini, Anda bisa memiliki aneka gitar cantik dengan tampilan sesuai selera tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

memvinir gitar selesai

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here