Tips Aplikasi Dowel dengan Lem Kayu Konstruksi Crossbond

0
3156
dowel

Sebagai sambungan yang banyak diterapkan, akan sangat berguna bagi kita untuk mengetahui seluk-beluk cara penggunaan dowel yang baik. Mulai dari aplikasi hingga penggunaan lem kayu konstruksi Crossbond sangat kami sarankan. Selanjutnya, Anda juga perlu menyimak beberapa tips penting di bawah ini.

dowel

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Apa itu Sambungan Dowel?

Sambungan dowel merupakan salah satu sambungan paling kuat dan menarik bila diterapkan dengan benar. Tipe sambungan ini akan berguna untuk meningkatkan kekuatan produk pengolahan kayu mulai dari mebel hingga konstruksi bangunan. Dari bentuknya sendiri, dowel merupakan satu kayu berbentuk silinder yang nantinya akan dimasukkan ke dalam lubang khusus sehingga terjadi persatuan antar kayu.

Perlu Lem Kayu Konstruksi Crossbond yang Tepat

perawatan kayu alami natural oil

Dalam aplikasinya, kami sangat menyarankan penggunaan lem pada sambungan dowel dengan kualitas dan cara pakai yang baik. Tujuan aplikasi adhesive adalah untuk memantapkan persatuan antara dua kayu yang direkatkan dengan sambungan ini. Pengaplikasian lem sendiri sebaiknya dilakukan menyeluruh pada permukaan sambungan. Jangan takut akan munculnya noda lem. Asal tidak terlalu banyak, kita bisa membersihkannya pasca perekatan selesai.

Sedangkan untuk lem berkualitas yang kami sarankan untuk sambungan ini adalah Crossbond X3. Adhesive Crossbond X3 merupakan jenis lem untuk berbagai penyambungan kayu baik pada furniture maupun pada konstruksi bangunan. Yang kami unggulkan dari lem kayu konstruksi Crossbond ini adalah sifatnya yang kuat dan ketahanannya yang baik. Sebagai lem indoor, Crossbond juga unggul karena sifatnya yang 100% non toksik.

Tips Penting lain dari Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Selain lem dan cara aplikasi lem, ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan tatkala kita menggunakan sambungan ini. Berikut ini beberapa di antaranya.

promo produk biovarnish wood filler

Pemilihan Jenis Kayu

Utamakan untuk memilih jenis kayu yang sama.

Ukuran dan Jarak

Perhatikan jarak antara lubang terluar dengan sisi paling luar kayu. Setidaknya tetapkan nilai 1/2 ukuran diameter dowel. Sedangkan untuk panjangnya, kami sarankan antara 4 sampai 6 kali diameternya.

Pelan-pelan

Hati-hati terjadi kerusakan pada dowel saat memasukkannya ke lubang. Lakukan dengan pelan untuk menghindari patah yang bisa menyebabkan kerja kita sia-sia.

Nah, dengan tips di atas serta penggunaan lem kayu konstruksi Crossbond, potensi kesuksesan sambungan dowel Anda akan makin meningkat.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here