Kenali Lebih Dekat Dowel, Penyambung Kayu Serbaguna!

0
2178
dowel (5)

Tak ada orang dalam industri woodworking yang tak mengenal dowel. Penyambung ini memiliki manfaat penting dalam pembuatan berbagai produk kayu. Salah satu keunggulannya terletak pada kepraktisannya ketika diaplikasikan. Namun tentu saja, joinery ini bukannya tak punya kekurangan. Seperti apa karakter penyambung ini dan bagaimana cara aplikasinya? Pelajari lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini.

Penyambungan kayu adalah suatu proses penting untuk menghasilkan produk yang utuh. Tanpa penyambungan, sebuah produk tak akan bisa kita temukan memiliki bentuk yang kita kenal. Ranjang tak akan berbentuk ranjang, dan meja pun tak akan bisa berbentuk seperti meja bila komponennya tidak disambungkan satu sama lain.

Untuk menyambungkan kayu kita perlu melakukan strategi tersendiri. Tidak mungkin bukan bila kita hanya mengelem beberapa kayu saja lalu berharap sebuah perabot bisa dihasilkan? Di dunia woodworking, pengrajin bisa menerapkan beragam tipe penyambungan yang berbeda satu sama lain. Semuanya dimaksudkan, agar produk kuat dan kokoh dengan sambungan-sambungan tersebut. Salah satu sambungan yang paling dikenal pada bidang ini adalah dowel joinery. Sebagaimana namanya, penyambungan tipe ini dilakukan dengan sebuah penyambung khusus. Penyambung tersebut disebut dowel atau kadangkala dinamai sebagai dowel rod.

CS Lem Kayu

Apa itu Dowel?

dowel (2)

Dari pengertiannya, dowel bisa dideskripsikan sebagai suatu penyambung yang biasanya terbuat dari kayu. Bentuk penyambung ini seperti potongan kayu kecil yang dipotong pendek. Pemakaiannya banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan penyambungan struktural. Misalnya dalam pembuatan kabinet, dan berbagai kebutuhan lainnya seperti:

1. Hanger
2. Meja dan berbagai jenis furniture lainnya
3. Mainan. Misalnya untuk poros roda pada mainan kendaraan
4. Dan masih banyak lagi

Bagaimana Cara Kerja Dowel?

Cara kerja penyambung ini sebenarnya sangat sederhana. Biasanya pengrajin atau woodworker akan membuat sendiri dowelnya atau membeli di pasaran dengan ukuran tertentu. Penyambung ini kemudian dimasukkan ke dalam lubang dua media yang simetris. Agar saat dimasukkan tidak terjadi kerusakan, perlu ada aliran khusus bagi udara serta adhesive yang dipakai supaya bisa keluar. Pada banyak kasus, terjebaknya udara dalam lubang sambungan, lama-kelamaan bisa membuat kayu retak. Oleh sebab itu woodworker biasanya melakukan antisipasi tersendiri, misalnya dengan menyediakan satu ruang kecil di ujung lubang. Sehingga udara yang terjebak tidak akan menekan kayu dari dalam lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Tak ada produk yang tak memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyambung ini pun tak luput dari hal tersebut. Bila dilihat dari kelebihannya, dowel secara umum menawarkan sesuatu yang praktis dengan hasil yang baik. Penyambung ini pun bisa diterapkan tanpa meninggalkan bekas yang terlihat dari luar secara langsung. Hal ini berbeda dengan tipe-tipe sambungan lainnya seperti finger joint dan dovetail.

Namun penyambung ini juga memiliki persoalan. Misalnya terkait dengan ukuran dowel yang belum tentu sesuai dengan ukuran lubangnya. Ada kalanya juga, terjadi masalah akibat penyambung ini tidak sesuai dengan media yang disambungnya.

Membeli Dowel yang Tepat?

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penyambung ini adalah dengan membelinya di pasaran. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Ukuran sambungan pada kayu tersebut. Apakah ukurannya cocok untuk kebutuhan Anda?
2. Kayu yang dipakai. Penyambung ini bisa dibuat dari berbagai jenis kayu. Mengenal karakter kayu untuk bahan dowel jelas penting supaya kita dapat membeli produk yang tepat. Apalagi kita juga perlu mencocokkan karakter kayu sebagai penyambung dengan media kayu yang akan disambungkannya.
3. Harga produk dan kualitas yang ditawarkan. Perhatikan nominal harga yang ditetapkan dengan jumlah penyambung yang didapat serta kualitasnya.

Sejarah Pemakaian Dowel

Istilah sambungan ini sebenarnya sudah dipakai sejak sangat lama. Catatan sejarah menyebutkan kata ini pernah disinggung pada tahun antara 1382-1395. Catatan sejarah dari Jerman malah menunjukkan usia yang jauh lebih lama. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa penyambung ini sudah digunakan sangat lama, bahkan sudah sampai berabad-abad lamanya.
Di Asia, salah satu dokumentasi kuno mengenai dowel tertulis pada zaman 690 AD, di mana diketahui bahwa pada zaman itu, masayarakt memanfaatkan sambungan berbentuk batangan kecil yang menyambungkan media. Leif Erikson, seorang pelaut juga telah memanfaatkan sambungan ini untuk sesuatu yang mengagumkan, yakni untuk berlayar dari Amerika Atlantik. Pada kapal Erikson, sambungan tersebut digunakan antara potongan kayu.

Apa Lem yang Tepat untuk Dowel?

Lem untuk Konstruksi Kayu Jati

Pemakaian penyambung ini tak bisa dilakukan tanpa bantuan adhesive. Adhesive dibutuhkan untuk merekatkan dowell pada lubang di mana benda tersebut ditempatkan. Adhesive menjamin:

1. Sambungan dan penyambung lebih menyatu sehingga tidak ada gesekan yang akan membuat lubang makin besar sehingga penyambung dapat lepas. Bayangkan misalnya Anda tak memakai perekat sama sekali. Gesekan dan tekanan anatara penyambung dan media yang disambung akan menyebabkan kelonggaran lubang, sehingga pada akhirnya, wood joint akan lepas. Dengan aplikasi lem, hal tersebut bisa dihindari.
2. Menguatkan sambungan sehingga menjadi lebih kokoh.
Lem yang diperlukan untuk kebutuhan ini adalah lem yang didesain khusus untuk menyambungkan sambungan kay terutama untuk mendukung rangka suatu produk. Dan lem yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X3.

Adhesive Crossbond X3 merupakan lem putih berbasis PVAc water based. Crossbond memiliki daya rekat yang kuat, tahan lama, tak mudah rusak, dan sangat mudah digunakan. Selain itu, lem ini juga memiliki kecepatan kering ideal dalam pembuatan produk kayu menggunakan dowel.

Crossbond bekerja dengan membentuk cross link kuat berkat inner cross linker dalam formulasinya. Ikatan tersebut menciptakan daya adesi dan kohesi yang baik sehingga akan mencegah terjadinya kegagalan pengeleman. Lem ini juga tidak menyebabkan lapisan film tebal sehingga aplikasi sambungan akan lebih mudah dilakukan.

Dowel Logam? Plastik? Adakah?

Tahukah Anda bahwa selain terbuat dari kayu, ternyata penyambung ini juga telah hadir dalam material logam? Ya saat ini, dengan mudah kita menjumpai joinery tersebut dalam versi metal atau logam. Bahkan dowel yang terbuat dari plastik pun sudah ada dan bisa Anda beli sebagaimana yang lain. Namun pemakaiannya tentu saja untuk kebutuhan tersendiri. Misalnya untuk pembuatan berbagai jenis mesin yang terbuat dari logam, alat elektronik, dan kebutuhan serupa lainnya, digunakan dowel dari logam. Penggunaan joinery ini sendiri tak lepas dari prinsip kerjanya yang bagus sehingga dari kayu dicoba diterapkan pada metal dan plastik. Secara umum, pemakaian penyambung ini dianggap mampu memberikan kekuatan yang baik, selain kepraktisannya diaplikasikan.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai dowel mulai dari pengertian, sejarah, cara kerja, hingga lem yang tepat digunakan. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus informasi seputar dunia woodworking di lemkayu.net. Kami akan terus mengupdate informasi terbaru untuk Anda.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here