Mudah! Tutorial Cara Membuat Rak Sepatu yang Bisa Dijual

0
868
rak sepatu

Memang rumit, tapi tak sesulit yang Anda kira, yuk simak cara membuat rak sepatu sederhana ini. Bukan hanya bisa dipakai sendiri, Anda juga bisa menjualnya lho!

Punya hobi membuat perabot dari kayu sendiri? Atau sekedar punya potongan kayu tak terpakai di rumah? Bila jawaban Anda iya, kenapa Anda tidak mencoba berkreasi dengan kayu-kayu tersebut? siapa tahu Anda bisa menjualnya dengan harga yang lumayan. Apalagi di era online shop seperti ini. Tentunya, menjual aneka produk makin mudah dilakukan dengan kehadirkan berbagai online shop mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi.

Salah satu produk yang bisa dibuat dengan mudah dengan harga yang lumayan adalah rak sepatu. Bukan hanya itu, produk ini pun kemungkinan banyak dibutuhkan masyarakat. Berbagai kalangan yang membutuhkan rak sepatu antara lain:

  • Kebutuhan rumah tangga untuk setiap keluarga
  • Kebutuhan lembaga khusus seperti sekolah. Rak biasanya dibutuhkan di area masjid sebagai tempat untuk mereka yang ingin meletakkan sepatu agar bisa wudhu dan solat.
  • Kebutuhan anak-anak kost di tempat baru mereka
  • Kebutuhan kantor atau tempat usaha. Misalnya lembaga kursus bahasa Inggris yang punya lab bahasa di mana sepatu tidak boleh di bawa masuk ke dalam

Hal-hal inilah yang kurang lebih akan membuat rak sepatu menjadi produk yang mudah dicari. Apalagi, seperti dijelaskan sebelumnya, cara membuat rak sepatu juga tidak sesulit yang kita kira. Daripada makin bingung, yuk simak langsung tutorial langkah per langkahnya di bawah ini. Tapi sebelumnya, siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan.

Cara Membuat Rak Sepatu Lengkap

Alat dan Bahan

  • 14 potongan kayu dengan rincian; ukuran panjang 4 potongan kayu 30 cm. 10 potongan berukuran panjang 50 cm, dan 4 potongan lainnya berukuran panjang 15 cm. Usahakan memilih kayu yang cukup tebal. Misalnya dengan ketebalan 3 cm.
  • Lem Crossbond. Lem yang kami rekomendasikan hanya Crossbond. Kami tidak menyarankan pemakaian lem yang lain. Bagi Anda yang belum memiliki adhesive ini, silahkan kontak Customer Service kami untuk bisa mendapatkannya.
  • Kuas untuk aplikasi lem
  • Amplas
  • Dowel. Ukuran dowel harus lebih kecil dari ketebalan kayu Anda.
  • Gergaji
  • Alat tulis dan penggaris
  • Clamp press bila Anda memilikinya. Bila tak ada, gunakan alat pengganti yang lain yang memiliki fungsi serupa
crossbond x3

Langkah-langkah Cara Membuat Rak Sepatu

CS Lem Kayu

Sebelumnya, rak yang akan dibuat adalah rak sepatu yang berukuran kecil atau mini. Rak tersebut hanya memiliki dua tingkat untuk menaruh sepatu saja. Tapi setelah Anda bisa membuat rak mini ini, Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut untuk membuat rak dengan ukuran yang lebih besar dan tingkat yang lebih banyak.

Langkah 1: Menyiapkan Potongan Kayu

Sebagaimana disebut di atas, terdapat setidaknya 14 potongan kayu yang dibutuhkan. 4 potongan kayu berukuran tinggi 30 cm dibutuhkan sebagai kerangka dasar rak. Ia yang menentukan tinggi rak Anda dan menjadi komponen vertikal (penyangga). Beri tanda pada bagian 10 cm dari bawah dan 3 cm dari atas. Berikutnya buatlah lubang di sisi kiri dan kanan pada titik yang ditandai. Lubang disesuaikan dengan tipe wood joint. Anda bisa menggunakan dowel atau sambungan dado. Lihat gambar agar lebih jelas.

sambungan dado (2)
sambungan dado (2)

Kemudian, siapkan juga potongan kayu dengan ukuran 15 cm. Potongan ini akan menjadi sisi lebar dari rak sepatu Anda. Pada pangkal tiap potongan kayu tersebut, buatlah lubang bila Anda ingin menyambungkan dengan dowel, atau potonglah sesuai ukuran lubang kayu penyangga bila Anda ingin aplikasi dado. Pada bagian tengah potongan ini, yaitu di titik 7,5 cm, Anda juga perlu memberikan sambungan. Tambah lagi di titik 3,5 dan 12,5 Sekali lagi, Anda bisa menerapkan dowel ataupun dado.

Berikutnya, pada 10 potongan kayu 50 cm, Anda hanya perlu memodifikasi ujungnya. Tergantung tipe sambungan yang telah Anda pilih.

sambungan dowel
sambungan dowel

Tapi jangan lupa, selain memodifikasi kayu tersebut tergantung sambungan yang diterapkan, amplas dulu dan bersihkan serta keringkan kayu sebelum memasuki proses lebih lanjut.

Langkah 2: Mulai Penyambungan

Pada dasarnya, Anda perlu menyambungkan keseluruhan kayu di atas. Dan ini tidak sulit bila Anda sudah mendesainnya dengan wood joint yang tepat. Cara membuat rak sepatu selanjutnya akan mudah dilakukan bila langkah 1 dilakukan dengan baik.

Untuk penyambungan pertama, ambil kayu berukuran 30 cm, 15 cm, dan 50 cm. Mula-mula, sambungkan yang 15 cm. Lakukan sesuai wood joint-nya dan gunakan Crossbond dalam aplikasi penyambungan tersebut. Setelah itu, lakukan sambungan yang kedua dengan yang berukuran 50 cm. Biarkan lem kering. Usahakan menggunakan clamp press, atau ikat area sambungan supaya stabil sampai lem betul-betul kering.

Selagi menunggu sambungan tersebut kering, ambil potongan kayu 30 cm lainnya, dan lakukan hal yang sama. Lakukan di semua titik yang ada sambungannya secara bergantian.

Langkah 3: Penyelesaian Penyambungan

Ambil 2 potongan 30 cm yang tersisa. Satu per satu sambungkan di kayu 30 cm yang sudah disambungkan dengan kayu yang lainnya. Sekarang, Anda punya 2 bagian rak yang belum tersambung dan 2 potongan kayu 50 cm. Anda hanya perlu merekatkan sisa potongan ini sembari melengkapi keseluruhan rak sepatu itu sendiri.

rak sepatu sederhana

Tips Penting! Cara Membuat Rak Sepatu Lebih Menarik

Dengan mengikuti langkah di atas, sudah pasti Anda akan bisa membuat rak sepatu sederhana. Yang jadi persoalan, kalau rak tersebut langsung dijual, tentu daya tariknya lebih rendah. Agar produk Anda makin laku, dibutuhkan kiat-kiat khusus tersendiri. Tak perlu yang mahal-mahal agar rak sepatu tetap bisa dijual dengan murah, Anda hanya perlu menerapkan finishing yang tepat.

Finishing? Ya. Ada banyak sekali teknik finishing yang bisa membuat rak sepatu Anda semakin memesona. Anda bisa membuat rak tersebut hadir dengan gaya shabby chic, retro, vintage, hingga minimalis. Terapkan saja finishing yang sekiranya tepat untuk diaplikasikan.

Contohnya, shabby chic. Bagaimana cara membuat rak sepatu shabby chic? Shabby chic adalah gaya yang memadukan dua hal, yaitu, keindahan dan kelawasan. Gaya ini bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Dua cara yang paling umum adalah dengan membuat model atau bentuknya lawas dan yang kedua mengecatnya dengan cat lembut dengan atau tanpa aksen tua. Tetapi, untuk rak Anda, Anda cukup mengaplikasikan finishing yang shabby chic saja.

Gunakan saja cat solid color dengan tingkat kilau sedang. Pilih cat dengan warna kalem seperti putih, krem, tosca, hingga pink dan ungu. Setelah itu, beri efek lawas di sana-sini. Dan bila dirasa memungkinkan, Anda juga bisa memberinya gambar seperti bunga dan motif polkadot. Hasilnya pasti akan sangat menarik.

Demikianlah cara membuat rak sepatu agar terlihat semakin bagus! Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus artikel dari kami yang akan membedah secara lengkap berbagai tutorial dengan kayu yang lainnya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here