8 Desain Meja Rias Menarik dan Contoh Cara Membuatnya!

0
1936

Menargetkan pasar kaum hawa, aspek estetika atau keindahan harus diutamakan selain aspek fungsionalitasnya. Wanita yang seringkali lebih teliti membeli produknya pasti akan mempertimbangkan aspek tersebut dengan baik. Nah, bagi Anda yang bergelut dalam bisnis pembuatan meja rias, atau justru merupakan calon pembeli produk itu, berikut ini kami sajikan contoh desain makeup table menarik dan sekaligus cara pembuatannya!

8 Desain Meja Rias Menarik

Minimalis

Desain minimalis adalah desain yang berpaku pada kesederhanaan. Mottonya, “the less is more.” Keindahan akan terlihat tatkala sesuatu hadir tanpa dilebih-lebihkan. Desain seperti ini biasanya melakukan permainan warna dan bentuk dasar produk yang tak terduga. Meja untuk merias dengan gaya ini, cocok bagi Anda yang suka dengan efisiensi dan gaya terkini yang modern.

Baca Juga : contoh kerajinan decoupage serta cara pembuatannya

Shabby Chic

Beda dengan desain minimalis, desain meja rias shabby chic hadir seperti produk dari dunia Princess masa lalu. Biasanya, model meja dandan dengan gaya ini memanfaatkan warna pastel lembut seperti putih, pink, dan biru yang diaplikasikan pada desain meja makeup zaman dulu. Hasilnya sangat menawan dan klasik. Kesan feminism dan girly juga begitu kuat.

Asian (Oriental)

Asian atau lebih sering disebut Oriental adalah gaya yang menekankan pada kebersihan, bentuk simetris, kesan damai, dan seringkali dengan tambahan elemen alam. Keindahan seperti ini ternyata juga bisa diterapkan pada makeup table. Menarik bukan?

Arabian Style untuk Makeup Table Anda

Kalau Asian Style fokus pada kesan bersih, natural, dan damai, Arabian style biasanya membawa kesan mewah. Pola atau pattern mosaic sering diterapkan berpadu dengan warna-warna bold seperti merah beludru hingga material dari logam.

Indonesia

Keindahan produk budaya negara kita tak punya tandingannya! Dari style Bali yang menawan, style ukiran Jepara yang mendunia, pola khas suku Dayak yang mempesona, dan berbagai style lainnya yang tak bisa disebut satu per satu. Sayangnya, tak banyak yang mengeksplore aneka style tersebut. Keindahan khas meja rias dengan style masing-masing etnis juga sering masih terbatas pada daerah di mana etnis tersebut berasal.

Britania

Apakah Anda menyukai United Kingdom aka Britania Raya? Bila iya, tak ada salahnya menerapkan gaya The Brits untuk meja berias Anda. Biasanya, pengrajin menambahkan satu dua elemen bendera Inggris atau biasa disebut Union Jack yang terkenal itu. Desain ini sendiri sudah lama terkenal dan dalam budaya Pop beberapa kali dipopulerkan oleh band-band dan penyanyi seperti Oasis dan Spice Girls.

Old (Lawas)

Meja rias lawas atau old mengacu pada gaya vintage yang memang terinspirasi dari model masa lalu. Ia bisa hadir dengan berbagai gaya seperti contohnya di bawah ini.

meja rias rustic

Bohemian

Gaya bohemian juga gaya yang dapat diterapkan pada berbagai furniture. Dari gaya ini, kesan meja dandan yang didapat antara lain kesan relaks, nature, dan keceriaan yang hadir dari pemakaian warna-warna cerahnya. Seringkali berbagai elemen tersebut dikombinasikan sehingga mampu menciptakan cita rasa estetika yang sangat unik.

Apa yang Harus Diperhatikan pada Meja Rias?

1. Komponennya. Perhatikan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan meja tersebut. Apakah Anda hanya bisa menaruh peralatan makeup dan berkaca? Atau ada desk-desk dan rak tambahan? Perhatikanlah jumlah komponen yang tersedia dan bandingkan dengan kebutuhan Anda!
2. Ukuran. Anda juga harus memperhatikan ukuran, terutama ukuran kaca, lebar meja, hingga ukuran rak yang tersedia.
3. Kualitas bahannya. Akan lebih baik bila Anda membeli meja dandan dengan bahan kayu yang bagus, misalnya meja rias kayu jati. Tapi kalau budget tak mencukupi, pilihlah yang terbuat dari kayu olahan seperti MDF, particle board, atau HDF.

4. Desainnya! Seperti dijelaskan di atas, ada banyak sekali desain atau style meja makeup. Ada yang minimalis, bohemian, hingga Arabian style. Jadi belilah yang menurut Anda bagus. Kalau di toko mebel sekitar tak ada, Anda bisa mencari di toko yang lebih besar seperti IKEA atau memesan sendiri di tukang furniture sekitar rumah. Bagaimana dengan tempat jual online? Tak masalah asalkan penjualnya terpercaya.
5. Merk dan harga. Perhatikan juga merk dan harga meja rias tersebut. Tapi jangan terlalu memutuskan pembelian hanya dari keduanya saja. Kualitas tetaplah yang utama untuk dipertimbangkan.

Contoh Pembuatan Makeup Table Sahbby Chic dengan Warna Pastel Lembut

Dari berbagai style make up table yang telah dijelaskan di atas, proses pembuatannya jelas berbeda-beda. Salah satu yang sebenarnya mudah dibuat dan sangat potensial dikembangkan oleh pengusaha mebel Indonesia adalah gaya shabby chic. Tak seperti yang dibayangkan, proses pembuatan meja makeup dengan gaya seperti ini sebetulnya cukup mudah.

meja rias shabby chic putih

1. Pertama, untuk bentuknya, dapat diterapkan bentuk meja rias masa lampau.
2. Aplikasi finishing bisa dilakukan dengan sangat mudah, yakni menerapkan warna soft seperti putih dan merah muda. Setelah itu, dilakukan pencongkelan lapisan di beberapa sisi untuk menimbulkan kesan lawas. Produk cat yang dapat dipakai pun banyak. Salah satunya adalah Primer White dari cat Biovarnish.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan dekorasi tambahan seperti dengan menerapkan teknik kerajinan decoupage. Pilih saja napkin bunga-bunga, tempelkan, lalu aplikasi coating clear varnish doff di atasnya. Untuk cara melakukan decoupage lebih rinci, silahkan baca artikel kami di.

Pastikan Meja Rias Kokoh dengan Crossbond!

Salah satu aspek penting yang menentukan kualitas makeup table adalah lem atau perekat yang dipakai. Lem menjadi pemersatu komponen meja untuk berdandan tersebut. Sebagai penyambung, lem memiliki kelebihan dibanding pemakaian paku, yakni tidak meninggalkan bekas atau tampilan jelas seperti pada paku. Kualitas ini penting karena akan mempengaruhi keindahan meja makeup tersebut. Seringkali pengrajin mengkombinasikan paku dengan lem. Paku terutama dipakai di bagian produk yang tak terlihat, sedangkan lem diandalkan di bagian produk yang paling luar. Keduanya juga mendukung fungsi satu sama lain sehingga pemakaiannya bisa dilakukan bersamaan.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Lem untuk membuat meja rias yang kami sarankan adalah Crossbond. Berbasis polyvinyl acetate atau PVAc, Crossbond merupakan lem kayu dengan inner cross linker yang membuatnya daya rekatnya sangat kuat. Lem putih ini juga memiliki daya tahan bagus. Dari segi harga, adhesive ini bisa murah serta memiliki solid content yang tinggi.

Intinya adalah, pastikan lem yang Anda pakai untuk membuat furniture ini berkualitas bagus. Agar meja rias benar-benar menarik perhatian pembeli, maka aplikasikan finishing yang tepat. Kedua hal ini (kekokohan produk dan estetikanya) akan menjadi faktor penentu sukses tidaknya bisnis atau usaha pembuatan makeup table Anda.

Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here