Meja Rias Jati: Tak Hanya Memukau tapi juga Kuat

0
490
meja rias jati

Dari berbagai produk meja jati, meja rias jati pastilah yang paling memukau. Didesain secara spesifik agar menarik, lemkayu.net akan mengulas perabot menawan tersebut pada artikel ini.

Meja Rias dari Masa ke Masa

Meja rias telah digunakan sejak lama. Bentuknya sendiri sangat beragam. Di Amerika, misalnya, terdapat perabot seperti lowboy yang selain dipakai untuk meja sudut, juga sering dipakai untuk meja berdandan. Indonesia juga mengenal meja ini terutama tatkala Belanda datang ke Indonesia.

Sering perkembangannya, meja tersebut berevolusi menjadi satu paket tersendiri. Bila dulu meja dan kaca sering terpisah, kini meja makeup hadir satu paket dengan kacanya. Bahkan biasanya juga dilengkapi dengan kursi dari makeup table itu sendiri.

CS Lem Kayu

Kini, Anda dengan mudah bisa melihat berbagai produk meja tersebut di pasaran. Malah, meja ini menjadi salah satu meja yang paling banyak ditemukan. Beberapa hal yang menjadi ciri meja ini antara lain adalah:

  1. Memiliki bagian permukaan untuk meletakkan alat makeup. Bagian ini merupakan papan meja yang biasanya menghadap cermin.
  2. Memiliki cermin. Arah cermin menentukan bagian muka dan belakang dari meja rias.
  3. Meja didesain dengan tinggi di mana penggunanya menggunakannya untuk duduk,
  4. Seringkali hadir satu paket dengan kursinya
    dibanding meja yang lain
  5. Aspek estetika atau keindahan meja jauh lebih diperhatikan dibanding meja yang lain
  6. Memiliki beberapa komponen tambahan misalnya laci untuk meletakkan perlengakapan berdandan.

Meja Rias Jati yang Jadi Favorit

Salah satu kayu yang sering digunakan dalam pembuatan berbagai mebel di Indonesia adalah jati. Jati yang memiliki nama ilmiah Tectona grandis ini dianggap sebagai material ideal untuk membuat mebel. Bagaimana tidak? Kayu ini unggul dalam berbagai aspek mulai dari aspek daya kekuatan, aspek ketahanan, estetika, dan masih banyak lagi. Bagi para pembuat mebel, jati juga dikenal sebagai kayu yang sangat mudah diolah. Kayu ini juga tak begitu menyulitkan untuk diukir.

meja rias jati

Singkat kata, berikut ini berbagia kelebihan kayu jati:

  1. Sangat kuat, kelas kuat I. Artinya kayu ini bisa digunakan untuk membuat furniture yang kokoh untuk menanggung beban berat.
  2. Sangat awet. Kayu ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Sebab jati tahan terhadap faktor perusak kayu dari aspek biotik atau abiotik. Dari perusak biotik, jati tahan terhadap bakteri pembusuk, jamur, dan serangga. Sedangkan dari aspek abiotik, jati tak mudah rusak terkena air, kelembaban, hingga panas matahari yang menyengat. Kayu ini tergolong sebagai heavy duty material dan telah sering digunakan untuk bahan pembuatan kapal laut.
  3. Jati memiliki warna dan pola serat yang menawan. Saat muda, warnanya khas merah bata hingga oranye. Sedangkan setelah tua, warnanya bisa berubah menjadi keabuan yang sangat cantik.
  4. Jati merupakan kayu yang mudah diolah. Kayu ini tidak mudah rusak saat diolah.
  5. Berat. Berat jati ini akan membuatnya mantap sebagai bahan mebel.
  6. Mudah dicat, tidak seperti beberapa kayu yang ketika dicat warnanya tak seragam. Namun perlakuan harus hati-hati jangan sampai mengakibatkan tanin bleeding.
  7. Daya jual tinggi. Jati bukan hanya kayu favorit industri mebel. Kayu ini juga menjadi kayu favorit yang disukai secara meluas oleh masyarakat.

Pemakaian jati untuk membuat meja rias pun bisa membantu Anda memiliki produk berkualitas tinggi. Meja rias jati tak hanya memiliki estetika yang menarik, namun juga memiliki kekokohan yang sangat baik. Tak heran, meja rias dengan bahan ini difavoritkan dibanding dresser jenis lainnya.

Harga Meja Rias Jati yang Mahal

Sayangnya, meja (dan furniture jenis apapun) yang terbuat dari kayu jati secara umum dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Supply dan demand kayu jati memang bisa dibilang tak begitu berimbang, dengan posisi supply yang rendah sedangkan demand-nya tinggi. Tingkat permintaan yang begitu luar biasa dengan kualitas jati inilah yang membuat mebel dari bahan ini menjadi tidak murah.

Untungnya, kini ada beberapa alternatif yang bisa dipilih. Misalnya dengan membeli meja rias dengan veneer jati. Tak sekokoh meja rias dengan jati solid, akan tetapi keindahan jati dapat terepresentasikan dengan pelapis veneernya.

Plus Minus Meja Rias Jati dari Veneer

Veneer sebagaimana yang kita tahu adalah salah satu pelapis yang banyak diaplikasikan untuk finishing tempel. Pelapis ini terbuat dari jati solid dengan ukuran sangat tipis. Penggunaan veneer biasa diaplikasikan pada berbagai kayu olahan seperti:

  1. MDF atau Medium Density Fiberboard.
  2. Kayu lapis.
  3. Blockboard. Khusus ketika veneer menjadi pelapisnya, blockboard sering disebut sebagai teakboard.

Sebagaimana disebut di atas, pengggunaan veneer jati untuk membuat meja rias memang tak akan memberikan seluruh keunggulan kayu solid. Akan tetapi, banyak juga kelebihan yang ditawarkan, terutama dari ongkos produksinya. Harga kayu olahan secara umum jauh lebih murah dibanding harga kayu solid. Meja rias jati akan lebih murah karena pemakaian kayu olahan yang sangat terjangkau ini.

Bagaimana dengan desainnya?

Keterbatasan lain kayu olahan saat digunakan untuk membuat mebel adalah sifat bahannya yang tidak fleksibel. Anda tidak mungkin bisa menerapkan ukir-ukiran khas Jepara pada mebel yang terbuat dari engineered wood. Oleh sebab itu, penetuan style design furniture perlu dilakukan dengan lebih cermat. Pastikan gaya yang diaplikasikan tersebut tidak buruk, populer di masyakarat, tetapi benar-benar bisa diapliaksikan dengan mudah pada kayu olahan.

Salah satu style design yang bisa diandalkan adalah gaya minimalis dan modern. Gaya minimalis serta modern tidak akan pernah hadir dengan keindahan yang sifatnya mendetil seperti ukiran. Kedua gaya ini juga sangat terkenal di pasaran dan masih populer hingga saat ini. Yang lebih unik, produk makeup table jati dengan gaya minimalis masih belum sebanyak mebel serupa dengan gaya tradisional. Sehingga Anda sangat bisa menarget pasar penyuka gaya minimalis tersebut.

Gunakan Crossbond untuk Membuat Meja Rias Jati

Meskipun meja rias dari material jati memiliki kekuatan yang baik dari segi bahannya, bukan berarti kita lantas abai terhadap pemakaian bahan lain. Struktur produk juga akan mempengaruhi kekuatan meja tersebut. Karenanya, bahan yang dipakai untuk mendukung struktur tersebut juga harus dipilih secara spesifik.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Lemkayu.net secara khusus merekomendasikan pemakaian Crossbond untuk membuat meja rias jati. Untuk mengelem rangka jati solid, Anda bisa menggunakan lem Crossbond X3. Sedangkan untuk mengelem veneer jati, Anda bisa menggunakan lem laminasi Crossbond X4. Kedua lem ini akan membantu Anda mewujudkan produk meja makeup terbaik yang tak hanya indah namun juga kokoh dan kuat.

Sebagai lem untuk membuat meja rias jati yang minimalis, kedua Crossbond juga unggul karena:

  1. Tidak menyebabkan glue line sehingga tampilan produk terlihat bersih dan elegan.
  2. Tidak menyebabkan lapisan film lem yang tebal.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan adhesive Crossbond agar meja rias jati Anda makin berkualitas.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here