Ini Dia Keunggulan dan Kekurangan Meja Kayu Jati!

1
1428
meja kayu jati

Siapa bisa menampik berbagai keunggulan meja kayu jati? Dibanding meja lainnya, meja jati memang selalu jadi idola. Kali ini, lemkayu.net akan membagikan selengkapnya apa saja keunggulan meja tersebut. Tapi karena tiap produk pasti punya kekurangan, aspek-aspek yang kurang dari meja itupun akan kami jelaskan. Keduanya akan bisa Anda gunakan kala hendak membeli mebel tersebut.


Keunggulan Meja Jati

Dari Segi Estetika Menarik

Keunggulan pertama meja jati bisa dilihat pada aspek estetikanya. Jati punya kekhasan baik pada warnanya ataupun pada pola seratnya. Kalau Anda sudah biasa di industri furniture, keindahan khas jati pasti sangat mudah diidentifikasi. Keindahan seperti ini tak akan bisa Anda dapatkan secara mudah pada berbagai kayu lainnya. Apalagi pada bahan non kayu seperti bahan logam dan plastik. Ada kesan tersendiri yang mampu diciptakan kayu. Kesan tersebut antara lain kesan organic atau natural dan kesan relaks. Duduk dengan meja jati di depan kita pasti beda rasanya ketika yang dihadapi adalah meja plastik. Pada meja jati, kesan berkelas juga ditimbulkan yang membuat meja tersebut makin memukau secara estetika.

Tahan Terhadap Faktor Perusak Abiotik

Keunggulan kedua meja kayu jati terletak pada ketahanannya terhadap faktor abiotik. Seperti yang kita tahu, kita hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Di negeri seperti Indonesia, kerusakan akibat dekomposisi sangat cepat terjadi baik karena faktor biotik atau abiotik. Salah satu faktor abiotik yang paling rentan menyebabkan kerusakan produk adalah faktor kelembaban. Humidity atau kelembaban bisa merusak struktur kayu menjadi lembek. Seterusnya kayu akan diinfeksi oleh berbagai hama mulai dari rayap, jamur, dan bakteri pembusuk. Namun jati punya mekanisme sendiri untuk mempertahankan diri dari kerusakan akibat faktor abiotik. Kayu ini punya jaringan yang sangat padat dengan kandungan tannin yang membuatnya tak mudah dirusak.

Tahan Jamur

Dihadapkan pada jamur, meja kayu jati seolah memiliki perisai tak tembus pandang. Kayu ini benar-benar memiliki ketahanan ekstra terhadap organisme pembusuk tersebut. Jati mengandung zat tannin yang rupanya bersifat toksik pada organisme. Oleh karena kandungan tannin-nya inilah, meja jati bisa tetap menawan sedang meja dari kayu lainnya penuh dengan jamur. Di lapangan sendiri, telah dikenal dua jenis jamur pada kayu. Yang pertama adalah blue stain dan yang kedua adalah jamur permukaan. Jamur blue stain merusak warna sedangkan jamur permukaan menggerogoti kayu. Keduanya memiliki efek merusak yang sangat buruk. Untungnya, meski tak 100% resisten, namun jati cukup baik menghadapi kedua organisme tersebut.

CS Lem Kayu

meja jati (3)

Tahan Serangga

Selain memiliki ketahanan terhadap jamur, jati juga memiliki ketahanan terhadap serangga. Inilah yang menjadikan meja kayu jati punya poin plus tambahan. Jati, khususnya, sangat tahan terhadap rayap dan kumbang pengebor atau tortor. Apalagi kayu jati yang sudah tua. Ada dua faktor yang membuat rayap hingga kumbang terter tak begitu menyukai jati. Pertama, kayu ini sangat padat. Jati merupakan kayu yang kokoh dan tak mudah dimakan oleh rayap. Kedua, kayu ini mengandung tannin. Tannin sendiri rupanya bukan hanya tak disukai oleh jamur dan bakteri pembusuk, namun juga tidak disukai oleh berbagai serangga perusak. Anda pun tak perlu khawatir dengan fenomena meja rapuh seperti saat menggunakan meja kayu non jati.

Kokoh dan Berat

Meja kayu jati memiliki kekokohan yang sangat baik. Beratnya juga sangat ideal. Meja ini tak seringan ketika hendak dipindahkan seperti meja dari plastik. Tapi hal tersebut justru menjadi kelebihannya sendiri. Sebab dengan bobot yang ideal, produk yang dihasilkan justru menjadi lebih kokoh dan tidak ringkih.

Mudah Diolah

Kayu ini merupakan kayu yang mudah diolah. Oleh sebab kemudahannya itu, kita pun sering melihat meja kayu jati hadir dengan metode pengolahan yang cukup rumit. Misalnya meja jati yang dihias dengan berbagai jenis carved atau ukiran. Jangan salah, tak semua kayu bisa diolah dengan teknik ukiran. Banyak kayu yang sangat keras sehingga sulit dibentuk. Beberapa yang lain juga ada yang sangat ringkih. Sehingga ketika diolah malah kayu-kayu tersebut mudah patah dan rusak.

Mudah Difinish

Keunggulan terakhir meja kayu jati namun tak kalah penting terletak pada kemudahannya saat difinish. Kayu ini tidak “rewel”. Jati tidak seperti pinus yang ketika diterapkan warna, hasilnya tidak seragam. Kayu ini bisa menghasilkan warna seragam asalkan metode finishingnya baik. Ia tidak akan menyulitkan karena tingkat penyerapan permukaannya merata. Tak heran, meja jati di pasaran sering hadir dengan berbagai warna. Meski warna yang dominan tetap warna natural untuk memperkuat keindahan alami jati itu sendiri.

Kekurangan Meja Kayu Jati

Di atas, telah dibahas mengenai berbagai keunggulan meja jati. Tak elok rasanya ketika kita bicara keunggulan tapi tak membicarakan kelemahannya. Jati sendiri jelas punya kelemahan. Mengetahui kelemahan atau kekurangan jati ini, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Harga yang Sangat Mahal

meja jati belanda

Aspek pertama yang mennadi kekurangan meja kayu jati adalah harganya yang sangat mahal. Dibanding meja kayu lainnya, harga meja jati bisa mencapai beberapa kali lipatnya. Apalagi meja jati yang sudah tua. Keindahan dan kekokohannya akan membuat meja tersebut harus dibeli dengan harga setinggi langit.
Memang, di pasaran juga ada meja jati yang lebih terjangkau. Namun, Anda perlu waspada. Bisa saja mebel tersebut terbuat dari jati muda. Bukan jati tua. Jati muda memang lebih murah, namun kualitasnya tetap tidak sebaik jati tua.

Yang Tua Mulai Sulit Dicari

Meskipun harganya mahal, meja jati tetaplah meja favorit bagi masyarakat. Tak heran demand atau permintaan meja kayu jati demikian tinggi. Hal ini tak hanya membuat harga jati menjadi meningkat. Selain harga yang menjadi tinggi, meja jati pun makin susah dicari. Apalagi meja yang dibuat dari kayu jati tua. Lebih banyak meja jati muda dibanding meja jati tua di pasaran saat ini.

Rentan Membuat Alat Woodworking Tumpul

Di atas, diterangkan bahwa kayu jati adalah kayu yang mudah diolah. Karena kemudahannnya itu, meja jati bisa hadir dengan berbagai tampilan dan hiasan dekoratif. Akan tetapi, sebetulnya kayu ini juga bisa memberikan tantangan tersendiri. Salah satunya terkait kayu jati yang memang keras. Tingkat kekerasan kayu ini dapat menyebabkan alat pertukangan atau woodworking menjadi rusak, seperti tumpul. Jadi, Anda wajib selalu hati-hati agar tidak merusak alat-alat yang Anda punya.

Simpulan

Dari uraian di atas, bisa dilihat bahwa jati sebagai material untuk membuat meja memang memberikan lebih banyak keunggulan. Meski punya beberapa kelemahan, tapi meja kayu jati tetap baik dari aspek estetika, kekuatan, sampai ketahanannya. Agar makin berkualitas, jangan lupa gunakan Crossbond untuk menghasilkan produk tersebut.

Semoga bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here