5 Keunggulan Meja Kantor Minimalis Dibanding Desain lainnya

0
1249
meja kantor minimalis (4)

Mengapa memilih meja kantor minimalis? Mengapa tidak memiliki meja kantor vintage atau retro? Simak di sini 5 keunggulan meja kantor dengan desain minimalis, dan tentukan pilihan Anda dengan tepat.

Kesan Efisien yang Sesuai untuk Dunia Kerja

Salah satu nilai yang ditonjolkan pada gaya minimalis adalah kesan efisien. Pada style ini dikenal istilah, ”the less is more”. Atau, sesuatu yang lebih sedikit justru akan terlihat lebih menarik. Dengan kata lain, keindahan yang hendak diciptakan adalah keindahan dari efisiensi. Sebah produk meja, misalnya, akan dianggap menarik apabila tidak dibuat dengan desain yang berlebihan. Elemen-elemen pada meja yang tidak penting dan tidak fungsional harus dibuang. Sedangkan elemen yang tersisa harus dimaksimalkan kualitas dan fungsinya. Dan ketika hal itu terwujud, justru meja akan terlihat sangat menawan.

Di dunia kerja sendiri, efisiensi adalah nilai yang begitu dijaga. Perhatikan saja bagaimana proses produksi harus dilakukan seefisien mungkin agar biaya produksi tidak membengkak. Dengan biaya produksi yang rendah, maka profit atau keuntungan yang diperoleh bisa menjadi lebih besar. Untuk menciptakan budaya kantor yan efisien sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menciptakan atmosfer kerja dengan gaya efisien seperti yang bisa kita dapatkan dari meja kantor minimalis.

CS Lem Kayu

meja kantor minimalisSelain efisien, nilai-nilai gaya minimalis lain yang cocok dengan dunia kerja antara lain:

  1. Kebersihan
  2. Keseimbangan
  3. Efektivitas
  4. Kerapian
  5. Kenetralan

Bisa Dibuat dari Kayu Olahan

Digunakan untuk kebutuhan kantor, jelas kita tidak bisa membeli meja kantor secara suka-suka. Pembelian harus memperhatikan harga yang disepakati oleh perusahaan terkait. Dan karena secara umum, perusahaan tidak ingin berfoya-foya hanya dengan mebelnya, tentu masalah harga juga harus diperhatikan. Apalagi pada perusahaan yang baru merintis jalannya. Tentu pembelian meja kantor dengan harga yang mahal tidak bisa dilakukan sama sekali. Apalagi, meja tersebut juga bukan merupakan barang yang mempengaruhi langsung keuntungan yang didapat. Meja dan office furniture lainnya hanya memiliki sifat untuk menunjang karyawan yang bekerja.

Meja kantor minimalis sendiri memiliki keuntungan karena dengan mudah bisa dibuat dari kayu olahan. Karena itu, ada peluang Anda bisa membeli meja kantor dengan desain minimalis yang harganya lebih murah. Apalagi, bila dibandingkan dengan meja kantor dari desain lainnya. Misalnya saja desain tradisional dengan keindahan ukiran Bali. Jelas, harga meja bisa melonjak begitu tinggi. Style tradisional sendiri hampir tidak bisa dibuat dari kayu olahan, berbeda dengan style minimalis.

Mudah Dibersihkan Dibanding Mebel dengan Desain lain

meja kantor minimalis (3)Bila seseorang malas membersihkan meja di rumahnya, tentu masalah yang dihadapi kemudian hanya menimpa ia sendiri. Tetapi hal ini berbeda dengan meja untuk kebutuhan kantor. Kotornya kantor karena mebelnya yang jarang dibersihkan jelas bisa membuat suasana kerja menjadi tidak enak. Bahkan cenderung mengganggu para karyawan yang sedang bekerja. Karena itulah, biasanya tiap kantor memiliki pekerja cleaning service. Para pembersih ini memiliki peran begitu penting menciptakan kondisi yang ideal untuk kawan sekantornya.

Nah, bayangkanlah bagaimana lelahnya, apabila pekerja cleaning service harus membersihkan meja kantor dengan desain yang rumit. Detil-detil seperti ukiran jelas tidak mudah dibersihkan. Hal ini tak perlu dialami apabila meja kantor yang dibeli adalah meja kantor minimalis. Seperti yang kita tahu, gaya minimalis secara umum tidak menggunakan dekorasi dengan detil-detil seperti ukiran. Meja, justru dibuat dengan bentuk simetris, lapang, dan cenderung bebas dari hal-hal kecil. Karena itulah, mebel dengan gaya ini justru sangat mudah dibersihkan. Suasana kantor jadi nyaman dengan mebel yang mudah dibersihkan.

Banyak Tersedia di Toko Office Furniture

meja kantor minimalis (2)Office furniture dengan gaya minimalis sangat mudah ditemukan di berbagai toko mebel. Tak percaya? Cobalah untuk ke toko mebel di dekat dengan rumah Anda. Kebanyakan, meja untuk kantor didesain dengan 3 gaya utama:

  1. Modern
  2. Minimalis
  3. Kontemporer

Justru, sangat jarang meja kantor yang didesain dengan gaya selain ketiga gaya tersebut. Misalnya saja gaya-gaya yang terhitung unik seperti vintage, retro, antique, shabby chic, coastal, beach house, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin membeli meja kantor dengan gaya yang berbeda, kondisi ini memang menjadi kekurangan tersendiri. Misalnya meja kantor vintage atau coastal. Akan tetapi, bagi Anda yang mencari meja kantor minimalis, jelas hal ini situasi yang sangat menguntungkan. Pilihan Anda akan menjadi lebih banyak. Ingat, meski sama-sama bergaya minimalis, tetapi ada sangat banyak varian meja kantor dengan gaya tersebut. Misalnya saja, dari bentuknya, kita bisa mendapati meja kantor minimalis dengan bentuk bundar, kotak, persegi panjang, boks, dan lainnya. Dan, Anda juga bisa membeli dalam jumlah besar untuk meminta penurunan harga. Bukankah hal ini sangat menarik?

Dapat Diperindah dan Diposisikan dengan Mudah

Mebel dengan gaya vintage, cottage, farmhouse, dan lainnya adalah mebel dengan gaya yang sangat khas. Mebel-mebel seperti ini seringkali membutuhkan ruangan yang didesain spesifik. Misalnya, meja vintage yang hanya cocok untuk ruangan vintage saja. Bila gaya seperti ini diterapkan pada meja kantor, tentunya tampilan kantor secara umum harus diubah. Dan ongkosnya, jelas tidak murah.

Gaya minimalisme, untungnya, tidak membutuhkan penyesuaian khusus. Sebab, ruangan pada gedung saat ini biasanya didesain dengan gaya modern, kontemporer, hingga minimalis. Jadi, kita tinggal menerapkan saja meja kantor minimalis tanpa harus takut bahwa meja tersebut tidak sesuai dengan interior ruangan.

Ingin menghias meja minimalis tersebut dengan gaya yang lain? Ini pun tidak sulit dilakukan. Gaya minimalis adalah gaya dengan elemen yang sifatnya mendasar. Dan karena sifatnya ini, kita bisa lebih bebas untuk menghiasinya dengan berbagai elemen. Contoh, kita ingin agar suasana kantor lebih hijau. Maka dari itu, meja kantor minimalis bisa dipercantik dengan vas berisi tanaman hias berwarna hijau atau kuning segar. Atau, Anda ingin kantor terlihat lebih ceria. Maka, Anda bisa menaruh hiasan di dinding dekat meja kantor dengan warna yang cerah seperti merah, orange, dan kuning. Gaya minimalis yang kalem dan cenderung netral tidak akan bertabrakan dengan elemen yang Anda tambahkan tersebut. Tapi ingat, untuk membuat meja tersebut terlihat menawan dengan gaya minimalismenya, maka elemen yang ditambahkan harus dipilih dengan lebih cermat.

Nah, demikianlah pembahasan menganai meja kantor minimalis. Ringkasnya, meja ini memiliki berbagai keunggulan sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan office atau kantor. Akan tetapi, tentu saja tidak setiap kantor harus mengadopsi meja dengan desain ini. Tak ada salahnya untuk mengaplikasikan meja kantor dengan desain yang lain untuk menciptakan suasana kantor yang diinginkan.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus update artikel berikutnya di lemkayu.net seputar dunia mebel dan perekatan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here