Mari Memilih Lem untuk Rotan yang Berkualitas!

0
2485

Kalau bisa memilih lem untuk rotan yang bagus, kenapa harus memilih yang buruk? Waspadalah, banyak lho lem yang diiklankan luar biasa tapi pada kenyataannya berkualitas di bawah standar!

furniture-rotanPada berbagai film, kita seringmenjumpai kursi rotan yang digunakan sebagai tempat bersantai para aktor di dalamnya. Kesan yang bisa kita tangkap adalah betapa nyaman dan uniknya kursi dari bahan itu.

Rotan sendiri pada dasarnya memang merupakan bahan yang sangat melimpah di Indonesia. Kini, dengan teknologi pembuatan mebel yang makin maju, produksi kursi dari bahan rotan juga lebih berkembang. Umumnya, material ini dibuat dengan teknik laminasi untuk kemudian dibentuk dengan sambungan-sambungan konstruktif. Diperlukan bahan lem yang bagus dalam pembuatan produk dari bahan ini.

Baca Juga : bagaimana cara membuat keranjang buah dari rotan ?

Pembuatan Rotan dengan Teknik Laminasi

anyaman-rotanPembuatan papan rotan memerlukan teknik laminasi. Setelah rotan dipanen, bahan ini kemudian dipotong menjadi balok yang lebih kecil. Selanjutnya direkatkan memanjang mengikuti panjang rotan tersebut sehingga membentuk papan.

Lem yang diperlukan untuk tipe perakatan seperti ini adalah lem laminasi atau non komponen. Contohnya saja Crossbond X4. Lem dengan kandungan PVAc atau lem putih ini kami anjurkan kepada pembaca karena memang cocok dengan perekatan yang diperlukan. Selain itu, Crossbond X4 juga tidak berbau dan tidak beracun. Dengan viskositasnya yang medium dan kecepatan menyebar serta menyerapnya yang baik, papan rotan akan terbentuk dengan kualitas tinggi tanpa lapisan film tebal dan glue line.

Crossbond X 3 untuk Perekatan Konstruksi

pembuatan-kursi-rotanSetelah papan rotan terbentuk dengan lem untuk rotan jenis laminasi, selanjutnya perlu digunakan lem tipe konstruksi. Misalnya saja untuk pengaplikasikan teknik penyambungan finger join, dowel, pen, tenon and mortise, dll. Pada tipe sambungan ini, Anda bisa mengandalkan Crossbond X3. Lem indoor Crossbond X3 akan mendukung kekuatan sambungan sehingga menghasilkan produk rotan yang kokoh.

Harga

Berikut ini daftar harga lem untuk rotan Crossbond X3 dan Crossbond X4:

Keterangan

Crossbond X3

Crossbond X4

Fungsi

Perekatan tipe konstruksi

Perekatan tipe laminasi

Jenis

Lem putih atau PVAc

Lem resin alifatik (modifikasi PVAc)

Harga

Rp. 45.000,-

Rp. 50.000,-

 

Tertarik membeli? Yuk, hubungi kami sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here