Lem Berkualitas untuk Mebel Jati Lebih Berkualitas

0
1448
mebel jati

Sebagus apapun jati, tak berarti furniture kayu ini bisa hadir dalam kualitas terbaiknya tanpa dukungan bahan lain. Bagaimanapun juga, kualitas furniture kayu jati memang dipengaruhi banyak faktor seperti lem.

mebel jati

Jati adalah salah satu kayu terpopuler di Indonesia. Kayu ini pun termasuk sebagai salah satu kayu mewah bersama kayu lain seperti Ebony dan Cendana. Penggunaan jati juga begitu beragam mulai dari untuk bahan alat makan hingga pembuatan furniture. Pada fungsinya yang terakhir itu, kayu jati tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa sokongan bahan yang lain.

Bayangkan saja Anda menggunakan kayu jati kualitas terbaik namun dicat dengan teknik yang buruk. Atau Anda menggunakan jati dengan kualitas sangat bagus namun penyambungannya didukung dengan lem berkualitas rendahan. Sebaik apapun jati Anda, pada akhirnya akan sia-sia saja bila bahan lain yang digunakan tidak berkualitas.

Cermat Memilih Lem untuk Mebel Jati

Penggunaan lem sebagaimana diterangkan di atas akan berpengaruh terhadap kualitas furniture dari kayu jati. Namun jangan dikira lem hanya berperan dalam hal kekuatan penyambungannya saja. Lem juga akan mempengaruhi estetika produk, ketahanan, hingga keamanannya.

Estetika

Hindari lem yang dapat menyebabkan garis lem. Garis lem atau sering juga disebut glue line akan membuat warna produk menjadi cacat.

Terkait dengan estetika, pastikan juga lem bisa membantu mendukung bentuk mebel yang simetris dan tepat sesuai rancangannya. Pilih lem yang memiliki fungsionalitas bagus seperti Crossbond™.

Kekokohan dan Ketahanan

Aspek kekokohan dipengaruhi oleh daya rekat lem. Namun memperhatikan daya rekat saja jelas salah. Ketahanan lem tersebut juga perlu dicermati. Pastikan memilih lem yang tahan terhadap kelembaban, panas, solvent, dan faktor perusak yang lain. Dengan lem yang awet, tentunya produk kita juga akan jauh lebih awet, bukan?

Keamanan

Isi kandungan lem berbeda-beda. Jadi, kita tak bisa menyamakan aspek keamanan tiap lem yang digunakan pada furniture jati. Ada lem yang mengandung timbal sehingga membuat mebel jati membahayakan, namun ada juga lem kayu yang aman seperti Crossbond™ yang membuat mebel ini tidak membahayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here