Cerdas Memilih Merk Lem untuk Kayu Jati yang Bagus

0
970

Ayo, lebih cerdas memilih merk lem untuk kayu jati yang bagus! Akan sangat disayangkan bila kayu sebaik jati dilem dengan perekat yang buruk yang bisa membuat kualitas produk ikut menurun.

Jati atau Tectona grandis adalah salah satu tanaman asli Indonesia yang banyak ditemukan di Jawa. Tanaman ini dikenal sebagai tamanan yang suka meranggas pada musim kemarau panjang.

Dilihat dari sisi kebermanfaatannya, jati telah lama dikenal oleh manusia sebagai tanaman kaya guna. Daunnya bisa digunakan untuk bungkus makanan, dan rantingnya bisa dipakai untuk bahan bakar. Sedangkan kayunya, bisa dipakai untuk dijadikan bahan mebel hingga konstruksi bangunan.

CS Lem Kayu

Meski pemakaian daun dan rantingnya sudah menurun, namun sampai saat ini, kegunaan jati sebagai bahan mebel dan konstruksi bangunan masih diminati manusia. Malahan, jati dinilai sebagai salah satu kayu nomor satu dari segi kualitasnya. Material ini dinilai memiliki banyak kualitas unggulan. Beberapa karakter jati di bawah ini adalah faktor yang membuatnya disukai masyarakat kebanyakan:

1. Kelas kuat dan kelas awet yang sangat baik
2. Tampilannya sangat indah dengan pola alur kayunya yang menawan
3. Mudah dikerjakan dan tidak mudah rusak selama proses pengerjaan tersebut
4. Lebih stabil
5. Sangat kokoh dan tahan cuaca. Kayu ini juga secara alami memiliki tannin yang punya kandungan antihama.

Dengan berbagai kualitasnya tersebut, tak mengherankan apabila kayu ini menjadi salah satu kayu paling mahal di dunia woodworking. Namun tentu saja kita tetap harus hati-hati kala ingin menggunakan kayu ini. Pilihlah jati dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Tips Penting Saat Memilih Kayu Jati yang Baik
Usia

Salah satu penentu kualitas kayu jati terletak pada usianya. Makin tua, kualitas jati juga makin bagus karena struktur yang mendominasi adalah kayu teras, bukan gubal.

Pori Kayu

Selain usia, perhatikan juga kepadatan pori kayu. Pilih jati yang kepadatan porinya tinggi.

Estetika

Tentu saja kita harus memperhatikan aspek estetika. Pilihlah jati dengan warna lebi gelap sekaligus lebih tajam yang cenderung disukai pasar.

Hindari Mata Mati

Perhatikan adanya mata mati. Keberadaan hal tersebut adalah indikasi bahwa jati punya potensi pecah atau retak tinggi.

Hindari Jaringan Gabus

Sebisa mungkin pilih potongan kayu yang tak memiliki jaringan gabus.

Tak Berlubang

Keberadaan lubang pada kayu akan membuat keindahan kayu menurun. Adanya lubang-lubang juga mengindikasikan serangan hama seperti kumbang totor.

Teras

Teras adalah kayu yang lebih tua. Pilihlah komposisi kayu yang banyak bagian terasnya. Namun untuk 3% keberadaan gubal, jati masih dianggap bagus.

Perlunya Merk Lem untuk Kayu Jati yang Bagus

Seperti dijelaskan di atas, kita perlu memperhatikan banyak hal agar jati yang dipilih benar-benar baik. Dengan kualitas material yang baik ini, nantinya kita bisa menghasilkan aneka produk teak dengan kualitas internasional. Tapi jangan salah. Selain perkara jatinya, perhatikan juga alat dan bahan lain yang harus disediakan. Salah satunya ialah lem atau adhesive.

Mengapa lem?

Lem bagaimanapun juga punya peran penting pada setiap pembuatan produk woodworking. Lem lah yang merekatkan satu komponen dengan komponen lainnya. Lem akan berpengaruh pada kekokohan hingga estetika sebuah produk. Karena itulah lem yang dipakai harus benar-benar baik. Apalagi untuk jati yang harganya mahal. Tentu rugi kalau kita memakai lem berkualitas buruk yang akan menyebabkan furniture jati kurang berkualitas bukan?

Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan perekatan jati adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4. Kedua Crossbond tersebut pada dasarnya merupakan lem PVAc water based yang dimodifikasi dengan inner cross linker. Adhesive ini sangat kuat, tahan lama, cepat kering, mudah digunakan, dan tidak menyebabkan glue line.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Sebagai merk lem untuk kayu jati, gunakanlah Crossbond menurut fungsinya:
1. Crossbond X3 untuk perekatan konstruksi. Lem ini bisa Anda pakai untuk pembuatan rangka mebel hingga rangka konstruksi. Crossbond X3 merupakan indoor adhesive yang bisa digunakan untuk berbagai sambungan kayu, misalnya saja finger joint, lap joint, hingga sambungan temu.
2. Crossbond X4 untuk perekatan laminasi. Lem ini bisa Anda gunakan untuk pelapisan kayu jati. Misalnya saja untuk pembuatan teakblock, pemasangan lantai jati, hingga proses-proses serupa lainnya. Crossbond X4 merupakan lem yang dapat digunakan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Adhesive ini merupakan adhesive yang didesain untuk kebutuhan heavy duty.

Crossbond untuk Aneka Macam Produk Jati
Dengan kualitas Crossbond yang sangat baik, Anda bisa mengandalkan adhesive tersebut untuk berbagai produk jati seperti:

Indoor Furniture

Industri mebel tentu sudah tak asing dengan nama jati. Di tengah sangat banyaknya furniture berbahan mdf, mebel dengan bahan jati memang lebih mahal. Akan tetapi, kualitas yang ditawarkan jelas lebih baik. Sebagai indoor furniture sendiri, jati banyak digunakan untuk membuat lemari, ranjang, buffet, kursi, meja, hingga rak buku.

Outdoor atau Garden Furniture

Bayangkan! Betapa cantiknya taman rumah bila dihias dengan aneka bunga warna-warni serta garden furniture. Jati sering menjadi pilihan menarik untuk garden furniture tersebut. Kayu ini bukan hanya dinilai awet dan tahan cuaca saja. Jati juga dikenal sebagai kayu yang mampu memberikan keindahan sangat menawan.

Elemen Bangunan

Jati bisa digunakan untuk material berbagai elemen bangunan. Kayu ini bisa dipakai sebagai bahan dinding, pintu, jendela, parquet, decking, hingga konstruksi rangka bangunan. Selain itu, jati juga sering digunakan untuk pembuatan bangunan semi permanen seperti gazebo dan pergola.

Eleman Moda Transportasi

Selain bisa digunakan untuk dinding, tangga, hingga lantai bangunan, kayu jati juga bisa digunakan berbagai industri pembuatan alat transportasi. Misalnya saja digunakan untuk industri perkapalan dan kereta api. Pasalnya kayu ini terkenal dengan sifatnya yang awet, kokoh, dan stabil. Tampilan kayu ini pun sangat menarik sehingga akan membuat bagian interior sangat memesona. Merk lem untuk kayu jati Crossbond pun menjadi perekat terbaik untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Pembuatan Dekorasi dan Kerajinan

Jati juga bisa digunakan sebagai material untuk membuat dekorasi dan berbagai benda seni/kerajinan. Kayu ini pun sudah banyak dipakai untuk membuat patung, miniature, hingga hiasan-hiasan dinding export quality. Penggunaan Crossbond pun akan membantu Anda mewujudkan aneka ide dekorasi dengan kayu ini/

Ayo Pesan Merk Lem untuk Kayu Jati Ini!

Kualitas Crossbond memang tak perlu diragukan lagi. Yuk, gunakan adhesive ini. Anda bisa membeli Crossbond X3 dengan harga Rp. 45.000,- dan Crossbond X4 dengan harga Rp. 50.000,-. Murah bukan?

Hubungi saja kami via kontak Customer Service yang disediakan pada website ini. Opsi lainnya, Anda juga bisa mendapatkan Crossbond via berbagai online shop atau marketplace.

Semoga bermanfaat ya! Dapatkan Crossbond untuk pengolahan berbagai produk jati kesayangan Anda!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here