Cerdas Memilih Lem Kayu untuk Mebel yang Bagus

0
1559
lem kayu untuk mebel crossbond

penyambungan mebel

Apa itu lem kayu? Lem adalah bahan perekat yang digunakan untuk semua serat ala. Cara kerjanya adalah merekatkan dua bidang melalui pori-pori kayu. Pemilihan lem kayu untuk mebel harus dilakukan secermat mungkin. Tanpa kualitas yang memadai, mebel bukan hanya berkualitas buruk tapi bahkan tak bisa berfungsi sama sekali.

Memilih adhesive yang tepat untuk mebel sendiri bukan perkara sulit asalkan pengetahuan kita terkait persoalan ini cukup baik. Tapi bila Anda masih awam dan memerlukan pemahaman lebih jauh di bidang tersebut, berikut ini tips memilih lem kayu untuk furniture atau mebel yang kami rekomendasikan.

6 Tips Memilih Lem Kayu untuk Mebel

Saat membeli produk adhesive sebagai perekat furniture, cermati hal-hal di bawah ini:

Fungsi Spesifik Lem

CS Lem Kayu

Semua lem pasti memiliki fungsi merekatkan. Tapi antar produk lem yang satu dengan yang lain, bisa jadi memiliki manfaat spesifik yang berbeda. Sebagai contoh, lem kayu Crossbond™ X3 dan Crossbond™ X4 sama-sama dapat digunakan untuk mengelem kayu. Tapi Crossbond™ X3 didesain spesifik untuk kebutuhan perekatan konstruksi kayu, sedangkan Crossbond™ X4 didesain khusus untuk keperluan laminasi kayu.

Terkait hal ini, Anda tidak bisa menyamakan semua jenis lem dengan kriteria tanpa konteks. Lem Crossbond™ X4 sebagai perekat laminasi adalah contohnya. Produk tersebut didesain lebih encer dari Crossbond™ X3 bukan karena kualitasnya lebih rendah. Tapi agar dapat berfungsi baik saat dimanfaatkan pada pembuatan plywood (multipleks), lantai kayu, hingga panel kayu.

Standar Aplikasi

Ketahui standar aplikasi lem yang bagus. Misalnya, saat proses pengeringan, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar produk lem bisa disebut bagus? Jangan sampai Anda salah beli produk adhesive dengan kualitas di bawah standar industri woodworking.

Daya Rekat dan Ketahanannya

Daya rekat dan ketahanan lem adalah karakter utama yang akan dinilai pada produk adhesive. Tapi sebaiknya Anda lebih spesifik pada persoalan ini. Sebagai contoh, saat Anda hendak memproduksi mebel yang diletakkan untuk outdoor, Anda jelas memerlukan lem yang tahan air, cuaca, dan panas. Beda kasus bila Anda ingin memproduksi mebel interior yang fungsinya lebih untuk dekorasi.

Harga Lem

Lem kayu untuk mebel yang bagus adalah lem kayu yang dipatok dengan harga masuk akal. Tapi untuk mengetahui apakah sebuah produk dihargai masuk akal atau tidak, Anda tidak bisa hanya mengandalkan keterangan nominalnya. Perhatikan ongkos produksi dengan mencermati cover area lem, berat kering, hingga kualitasnya.

Keamanan Lem

lem kayu untuk mebel crossbondAnda mungkin mendapat pesanan untuk membuat produk-produk mebel yang aman dan ramah lingkungan. Sehingga pemilihan bahan-bahan pembuatan mebel itupun juga harus aman, tak terkecuali lemnya. Produk lem kayu untuk mebel yang kami rekomendasikan karena sifatnya yang aman dan ramah lingkungan adalah Crossbond™. Crossbond™ adalah lem water based yang tidak mengandung formalin dan zat-zat membahayakan lainnya.

Demikian informasi untuk membeli lem kayu yang aman untuk mebel. Semoga informasi ini dapat Anda manfaatkan sebaik-baiknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here