Aplikasi Veneer Lebih Cepat dengan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

0
1437
veneer pada blockboard

Ingin aplikasi veneer lebih cepat? Ayo, gunakan lem kayu cepat kering untuk laminasi!


Veneer merupakan salah satu pelapis yang terbuat dari kayu solid yang dipotong tipis. Pelapis ini banyak digunakan untuk kayu-kayu dengan kualitas estetika yang tak begitu menarik atau pada engineered wood (kayu olahan). Pemakaian veneer dianggap memberikan keuntungan karena:

1. Mampu memberikan tampilan yang lebih menarik
2. Harga bervariasi, sesuai kualitasnya
3. Cocok untuk finishing kayu olahan yang memang sulit bila difinish dengan cat biasa.

Dewasa ini, pemakaian veneer juga telah merambah berbagai produk. Misalnya saja dalam pembuatan furniture-furniture seperti meja, almari, meja belajar, hingga buffet. Kombinasi pemakaian veneer dengan kayu-kayu olahan dinilai para pengrajin lebih murah sehingga bisa lebih mudah dibeli konsumen. Apalagi veneer juga lebih unggul dibanding pelapis lainnya dalam beberapa hal. Contohnya kemampuan veneer difinishing atau dicat ulang yang tak ditemukan pada banyak pelapis sintetis. Adapun beberapa contoh kayu olahan yang banyak dilapisi dengan pelapis kayu veneer antara lain:

1. Particle. Particle board merupakan kayu olahan dengan kualitas paling rendah. Bahan ini memang murah, namun lebih mudah rusak, tak bisa menahan beban berat, dan tak boleh terkena air.
2. Fiberboard. Fiberboard adalah kayu olahan dengan kualitas medium. Fiberboard terdiri atas MDF atau Medium Density Fiberboard dan HDF atau High Density Fiberboard. Bahan ini memiliki permukaan yang mulus, cukup keras, dan cukup kuat. Kekurangannya resistensinya pada air yang kurang baik.
3. Blok Board. Blok board merupakan kayu olahan kelas menengah yang terbuat dari susunan kayu solid dijepit dengan tripleks. Kayu ini dinilai kuat, tahan air, dan mampu menanggung beban berat. Namun blok board memiliki kekurangan dalam hal kerentanannya pada rayap.
4. Kayu Lapis. Kayu lapis atau multipleks merupakan kayu olahan kelas medium atas yang memiliki sifat kuat, tahan air, dan lebih resisten terhadap rayap. Kekurangan multipleks terletak pada kemampuan menahan beban yang rendah.

lemari veneer

Maksimalkan Aplikasi Veneer dengan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

Karena banyak diandalkan untuk berbagai produk kayu olahan, veneer bisa dibilang menjadi salah satu material penting dalam industri pengolahan kayu utamanya mebel. Untuk mendukung aplikasi veneer sendiri dibutuhkan beberapa usaha. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengupayakan pemakaian lem kayu cepat kering untuk laminasi.

Sebagaimana yang kita tahu, lem yang dibutuhkan untuk aplikasi veneer adalah termasuk lem laminasi. Kualitas lem laminasi bisa dinilai dari banyak hal. Namun di antara berbagai aspek tersebut, aspek yang paling penting adalah kecepatannya mengering adehsive. Mengapa aspek ini penting? Ada setidaknya tiga alasan yang bisa diajukan.

Produksi Berjalan Lebih Cepat

Dengan lem kayu yang kecepatan keringnya lebih baik, proses pembuatan mebel akan berjalan lebih cepat.

Dana dan Tenaga Lebih Efisien

Dampak dari proses produksi yang lebih cepat seperti disebutkan pada poin 1 adalah efisiensi dana dan tenaga yang harus dihabiskan. Pada akhirnya hal ini pun akan berimplikasi pada budget atau cost of production yang lebih rendah.

Pengerjaan Lebih Rapi

Kecepatan kering lem akan membuat pengerjaan lebih rapi. Veneer bisa dengan cepat merekat secara stabil. Bayangkan bila kecepatan kering lem lambat. Salah satu dampak buruk yang dikhawatirkan adalah hasil yang kurang baik.

Itulah 3 keuntungan penggunaan lem kayu cepat kering untuk laminasi. Dengan keuntungan pemakaian lem yang cepat kering, pada akhirnya produk mebel yang dihasilkan pasti akan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here