Mengenal Beraneka Jenis Veneer dan Tips Pemasangannya

0
3329
veneer kayu

Beragam jenis veneer tersedia di pasaran untuk digunakan. Manakah tipe vinir yang paling tepat untuk kebutuhan Anda dan bagaimana tips pemasangan yang baik dan benar?

Yang dimaksud dengan veneer adalah lembaran tipis yang terbuat dari kayu solid. Beda dengan beberapa material sintetis yang biasa digunakan untuk finishing tempel, veneer dapat diperlakukan serupa kayu. Bahan ini dapat diamplas, didempul, hingga dicat. Macam atau tipe vinir sendiri sangat beragam. Tiap tipe tersebut memiliki karakter serta fungsinya sendiri-sendiri yang membuatnya mempunyai kegunaan spesifik. Berikut ini beberapa contoh aneka veneer yang tersedia di pasaran.

Aneka Jenis Veneer yang Harus Anda Tahu

Raw Wood Veneer atau Veneer dari Kayu Mentahan

Beberapa kayu dengan tampilan menarik seringkali dicari bentuk veneernya. Raw wood veneer sendiri lebih murah dibanding tipe veneer lainnya. Kita juga bisa menggunakan bagian samping (side raw of wood veneer), namun harus hati-hati saat mengaplikasikan finishing. Pasalnya, proses pembuatan bahan ini sudah mengalami beberapa perbedaan. Untuk aplikasinya sendiri, raw wood veneer hanya bisa digunakan untuk permukaan “rata”.

Backed Veneers

CS Lem Kayu

veneer-roll-describe

Tipe veneer ini adalah tipe veneer paling mahal dibanding variasi lainnya. Proses pembuatannya melibatkan material lain yang bisa meningkatkan kekuatan sekaligus fleksibilitas bahan tersebut. Kadang bahan-bahan tambahan tersebut bisa berupa kain maupun kertas. Bahan tersebut ditempelkan di salah satu bagian veneer.

Rotary-Cut Veneers

Veneer dari mesin rotary atau rotary cut veneer adalah jenis veneer kayu yang paling murah yang bisa Anda dapatkan. Proses pembuatan vinir ini hanya dilakukan dengan cara pemotongan menggunakan alat woodworking biasa.

Shop-Sawn Veneer

Merupakan veneer yang dibuat secara manual oleh tukang kayu. Sayangnya, karena keterbatasan alat yang tersedia, biasanya jenis veneer ini terlalu tebal. Akibatnya, penggunaannya hanya bisa diterapkan pada bidang datar saja.

Laminate Veneer

Merupakan veneer di mana beberapa lapisan kayu di-pressed bersama hingga hanya membentuk satu lapis material. Untuk membuat tipe vinir ini, digunakan adhesive khusus. Penggunaannya bisa diterapkan pada permukaan dengan bentuk tertentu hingga bentuk lengkung sehingga sangat populer digunakan.

Tips Memasang Veneer yang Baik dan Benar

Apapun jenis veneer yang Anda gunakan, pada dasarnya dalam pemasangan bahan ini, ada dua hal yang harus Anda perhatikan:

1. Teknik pemasangan vinir

2. Lem yang digunakan

Berkaitan dengan teknik pemasangannya, faktor yang berpengaruh adalah mesin hingga (bila manual) keterampilan kita mengerjakan bahan tersebut. Sedangkan untuk adhesive-nya, gunakanlah adhesive yang tepat digunakan untuk vinir seperti Crossbond X4. Kombinasi teknik pengerjaan yang tepat serta lem berkualitas, pemasangan vinir apapun akan lebih mudah dilakukan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here