Ini Jenis-jenis Particle Board dari yang Plain hingga Cement Bonded

0
31
jenis-jenis particle board

Ayo kenali jenis-jenis particle board di bawah ini. Pahami sifat-sifatnya sehingga bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Reputasi particle board dari segi kualitas tak begitu baik di mata masyarakat. Kayu ini bukan saja dikenal sebagai engineered wood, namun juga salah satu kayu olahan dengan kualitas terburuk. Ya, dibanding kayu olahan yang lain seperti MDF, HDF, dan plywood, particle board dikenal sebagai material yang paling mudah rusak.

Manufaktur particle board mengompensasi hal ini dengan menetapkan harga produk yang murah. Dan karenanya, permintaan produk ini pun di pasaran masih tetap tinggi. Apalagi di tengah kenaikan harga kayu solid yang begitu signifikan.

Sampai saat ini sendiri umumnya, particle board digunakan untuk:

  1. Membuat kabinet dapur
  2. Membuat berbagai furniture indoor misalnya almari
CS Lem Kayu

Particle board sangat tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai furniture outdoor. Ketahanannya pada kelembaban pun seringkali tidak baik, apalagi ketika harus digunakan di luar ruangan dengan eksposi pada hujan secara langsung.

Baca juga: Baca Ini Bila Anda Butuh Lem Pipa

Jenis-jenis Particle Board

Di pasaran terdapat beragam produk particle board dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Secara umum, kita bisa membedakannya menjadi:

Laminated Particle Board

Laminated particle board adalah produk particle board yang diproduksi dengan tambahan pelapis tipis pada permukaannya. Aplikasi laminasi membuat kayu olahan ini terlihat lebih menarik dan mampu bertanding dengan kayu-kayu yang lain.

Dari segi ketahanan, lapisan laminasi juga membuat material lebih tahan lama. Umumnya tipe ini banyak digunakan untuk membuat kabinet dapur dan beberapa almari dan rak serba guna yang lain.

Veneered Particle Board

Jenis-jenis particle board yang kedua adalah yang dilapis dengan veneer. Veneer sendiri seperti yang kita ketahui adalah sebuah lapisan tipis yang terbuat dari kayu. Dengan kata lain, veneer berbeda dengan pelapis laminated yang bersifat sintetis.

Secara umum, selain memberikan keindahan dan ketahanan, veneer particle board juga memiliki sifat kembang susut yang rendah.

Cement Bonded Particle Board

Sebagaimana namanya, tipe ini menggunakan semen sebagai bonding agent (perekat). Kandungan bahannya sendiri terdiri atas semen (hingga 60%), partikel dan serbuk kayu (20%), dan air (20%).

Pembuatan cement bonded particle board tak lepas dari sifat bahan tersebut yang secara konvensional memiliki ketahanan yang kurang. Dengan campuran semen, tipe ini memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi pada berbagai faktor.

Di antara faktor-faktor tersebut adalah eksposi kelembaban, api, hingga rayap. Dan karenanya, produk ini banyak digunakan untuk kebutuhan yang membutuhkan kualitas lebih tinggi. Misalnya untuk membuat mebel tahan panas, dinding interior, dinding eksterior, hingga langit-langit.

Melamine Particle Board

Jenis-jenis particle board berikutnya bernama melamine particle board. Sebagaimana namanya, produk ini menggunakan satu lembaran melamine dekoratif untuk kemudian direkatkan pada particle board konvensional menggunakan api dan tekanan tinggi. Selain itu, digunakan juga bahan resin melamine-urea formaldehyde agar kualitasnya semakin baik (terutama untuk water resistance).

Secara keseluruhan, pencampuran tersebut mampu menghasilkan suatu produk engineered wood yang sangat durabel dan tidak mudah rusak terkena goresan. Penggunaan kayu olahan ini pun sangat beragam oleh berbagai pihak industri. Misalnya untuk membuat kitchen set, panel-panel dinding, almari pakaian, hingga untuk office furniture. Keindahan dan durabilitas adalah dua keunggulan utama jenis particle board ini.

Plain atau Konvensional

jenis-jenis particle board

Tipe terakhir ini tentunya adalah tipe yang paling populer. Plain particle board adalah kayu olahan yang pembuatannya tak menggunakan bahan-bahan tambahan yang lain, baik itu melamin ataupun veneer.

Meski ketahanan dan estetikanya kurang, namun produk ini pun sebenarnya memiliki keunggulan. Anda bisa membuatnya sesuai dengan tampilan yang Anda senangi. Misalnya, Anda bisa memakai particle board ini lalu melapisinya dengan veneer yang menurut Anda bagus. Fleksibilitas tampilan dan harga yang murah adalah keunggulan tipe konvensional atau plain.

Apapun Particle Board-nya, Gunakan Selalu Lem Ini!

Untuk melapisi partice board konvensional, atau untuk mengelem bahan ini dengan yang lain, tentu saja Anda membutuhkan bahan perekat. Dan untuk kebutuhan tersebut, kami memiliki dua produk yang bisa Anda gunakan.

Lem Crossbond X4

Apakah Anda hendak melapisi particle board menggunakan veneer? Aplikasi veneer memang bisa memperindah material tersebut. Dan untuk kebutuhan ini, kami menyediakan lem Crossbond X4.

Sebagaimana Crossbond X3, Crossbond X4 adalah lem PVAc. Hanya saja, produk ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa bekerja maksimal merekatkan area permukaan luas.

Dari segi ketahanannya, Crossbond X4 sangatlah unggul. Pasalnya lem ini bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor. Kelembaban yang tinggi dan fluktuasi suhu bisa dihadapi dengan baik oleh formula lem tanpa kehilangan daya ikatnya.

Dan selain perekatan particle board dengan veneer, produk ini juga bisa digunakan untuk merekatkan particle board dengan bahan kayu lainnya. Misalnya saja untuk perekatan beberapa lapis particle board menjadi satu.

Eva Phaethon

Ingin merekatkan HPL saja ke jenis-jenis particle board di atas? Apabila iya, Anda bisa menggunakan lem Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem yang bisa dipakai untuk merekatkan bahan organic seperti kayu dengan bahan sintetis seperti pelapis HPL dan PVC.

Eva Phaethon pun menawarkan keunggulan sebagaimana Crossbond X4. Dalam hal ini, daya rekat Eva Phaethon tak perlu Anda ragukan. Lem ini pun merupakan lem yang sangat tahan lama yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Sangat menarik, bukan?

Aplikasi Eva Phaethon juga sangat hemat. Pasalnya, Anda tidak perlu mengoleskannya ke dua sisi benda yang hendak direkatkan. Anda cukup merekatkan di salah satu sisi permukaan benda saja.

Kontak dan Pemesanan

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai lem Crossbond dan juga Eva Phaethon. Kami akan memberikan informasi serta data-data yang sekiranya Anda perlukan.

Pembelian secara daring juga terbuka opsinya untuk Anda. Pun demikian dengan pembelian secara langsung. Untuk membeli secara daring, Anda tingal menyampaikannya ke CS kami, dan CS akan memandu Anda mengikuti prosedur pembelian online. Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen Bio Industries.

Baca juga: 6 Kelebihan Lantai Vinyl

Simpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa poin sebagai berikut:

  1. Particle board adalah salah satu jenis kayu olahan atau engineered wood yang memiliki banyak fungsi. Meski kualitasnya paling rendah dibanding engineered wood yang lain, ia pun hadir dengan kelebihan-kelebihan tertentu.
  2. Salah satu kelebihan kayu olahan ini terletak pada harganya yang terjangkau, ketersediannya yang banyak, dan kemudahannya untuk digunakan.
  3. Selain itu, bahan ini juga terdiri dari beragam jenis yang bisa dipilih. Jenis-jenis particle board antara lain adalah laminated, veneer laminated, cement bonded, dan melamine particle board.
  4. Tiap jenis menawarkan sifat-sifat yang berlainan yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang beragam.
  5. Untuk perekatan particle board sendiri bisa digunakan lem Eva Phaethon dan lem Crossbond X4. Eva Phaethon untuk perekatan dengan bahan sintetis, dan Crossbond X4 untuk perekatan dengan bahan organik.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here