Tutorial Membuat Pot Sendiri dari Batok Kelapa

0
226
Membuat Pot Sendiri dari Batok Kelapa

Mau membuat pot sendiri dari batok kelapa? Ayo, ikuti tutorial mudahnya di bawah ini.

Kebun bunga yang cantik akan menambah keindahan rumah dan gedung bangunan. Biasanya, untuk mewujudkan kebun yang cantik, kita memilih tanaman dengan bunga dan daun yang menarik seperti puring, mawar, dan lain sebagainya.

Namun demikian, sebetulnya masih ada cara lain supaya kebun terlihat indah. Mulai saja dari cara yang sederhana. Misalnya? Misalnya dengan memanfaatkan pot yang bagus dan tidak biasa.

Pot dari batok kelapa adalah ide yang cemerlang untuk memperindah kebun bunga Anda. Selain menarik secara visual, pot dari batok kelapa juga lebih eco friendly dari pot plastic. Pot ini pun bisa kita buat sendiri lho denagn tutorial yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Membuat Pot Sendiri dari Batok Kelapa

Tutorial Membuat Pot dari Batok Kelapa

CS Lem Kayu

Siapkan dulu alat dan bahan di bawah ini untuk membuat pot cantik tersebut.

Alat dan Bahan

  1. Satu atau beberapa batok kelapa
  2. Tali (apabila Anda ingin membuat pot gantung).
  3. Paku kecil dan pemukul
  4. Papan kayu bisa dari tripleks atau bahan kayu lain yang tidak terpakai
  5. Lem Crossbond X4
  6. Kuas untuk aplikasi Crossbond X4
  7. Wood Varnish supaya batok tahan lama. Boleh saja tanpa menggunakan cat, tapi pot tidak akan bertahan lama.
  8. Kuas dan pelarut cat
  9. Pemotong (cutter dan gunting).
  10. Amplas untuk menghaluskan batok (pilih yang kasar) dan untuk menghaluskan cat (pilih yang lembut)

Langkah-langkah Membuat Pot dari Batok Kelapa

Siapkan Batok Kelapa

Siapkan dulu batok kelapanya. Kalau Anda punya pohon kelapa, Anda bisa mengambil buah kelapa sendiri. Kalau tidak, Anda bisa pergi ke pasar yang menjual kelapa untuk menanyakan sisa batoknya. Masih banyak pasar tradisional di Indonesia di mana terdapat penjual yang menyediakan parutan kelapa langsung.

Setelah Anda mendapatkan benda yang Anda kehendaki, siapkan batok tersebut. Pertama, hilangkan sabutnya. Kedua, amplas permukaannya supaya halus, lalu bersihkan dan keringkan.

Lubangi Batok Kelapa

Buat lubang pada batok kelapa. Lubang mestinya terbuka untuk menanam tanaman. Selain itu, lubangi juga bagian bawah sisnya agar air bisa mengalir dari pot batok tersebut. Ini penting untuk membuat pot sendiri dari batok kelapa yang bagus. Sebab, tanpa lubang drainase, pot akan menjadi tempat yang buruk bagi tumbuhan yang kita tanam. Lakukan dengan hati-hati ya sebab Anda bisa merusak batok ketika mencoba melubanginya.

Siapkan Papan Kayu

Batok kelapa memiliki bentuk yang bulat. Kecuali Anda hendak menjadikannya pot gantung, maka Anda harus membuatnya supaya bisa berdiri stabil. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, Anda memerlukan papan. Papan tersebut nantinya ditempelkan di bagian bawah batok kelapa.

Pilih papan dari kayu yang tidak terpakai. Setelah itu, haluskan, bersihkan, dan keringkan. Nah, bila Anda hendak membuat pot gantung, sebaiknya skil langkah ini dan fokuslah membuat lubang di sisi batok untuk tali.

Membuat Pot Sendiri dari Batok Kelapa

Tempelkan dengan Crossbond X4

Tempelkan papan pada batok dengan lem Crossbond X4. Selain itu, pastikan juga untuk memakunya dengan paku kecil supaya makin stabil dan rekat.

Cat dengan Cat Outdoor

Biarkan dulu ya supaya lem mongering. Setelah perekatan benar-benar kering, kini saatnya kita menghias batok agar terlihat menarik. Tanpa langkah ini, tutorial membuat pot sendiri dari batok kelapa akan kurang baik karena hasilnya pasti tidak tahan lama.

Untuk catnya, gunakan cat outdoor. Ada dua pilihan cat yang bisa Anda pilih, yakni cat warna pastel seperti merah, hijau, biru, dan lainnya. Atau cat warna kayu yang transparan seperti warna kulit salak transparan. Tapi ingat, gunakan cat water based untuk outdoor ya. Kenapa cat water based? Karena cat solvent based tidak aman sedangkan pot untuk tanaman harus aman. Kenapa cat outdoor? Karena kalau kita memaksakan diri menggunakan cat indoor maka, cat akan mengelupas dalam waktu yang tidak lama. Rekomendasi kami, gunakan cat Orchid untuk warna pastel, dan Bio Varnish warna natural.

Keunggulan Membuat Pot dari Batok Kelapa

Satu yang pasti, Anda berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Dengan Anda tidak menggunakan pot plastic, maka Anda tidak menambah pencemaran plastik yang kian hari kian bertambah jumlahnya di dunia ini. Selain itu, keunggulan lainnya, tanaman Anda akan lebih sehat karena mendapatkan nutrisi tambahan.

lem untuk dinding kayu

Bagaimana dengan kekurangannya? Perlu dipahami, pot dari bahan organik pasti akan lebih cepat rusak dibanding plastic. Tapi memang hal itu yang menjadi kelebihannya. Rusaknya pot akan terjadi ketika nutrisi batok kelapa diserap oleh tanaman. Sehingga tidak timbul sampah yang bersisa seperti saat kita menggunakan pot plastik.

Satu-satunya kekurangan utama pot dari batok kelapa adalah ukurannya yang kecil. Jadi, pot ini tidak bisa dipakai untuk menanam tumbuhan yang besar seperti tumbuhan perdu. Yang cocok untuk pot ini adalah tanaman kecil dan tanaman gantung seperti misalnya portulaca atau mossrose.

Kenapa Lemnya Harus Crossbond X4?

Di atas, kami sarankan untuk menggunakan Crossbond X4 saat membuat pot sendiri dari batok kelapa. Anda mungkin bertanya apa alasan kami merekomendasikan lem tersebut.

Membuat Pot Sendiri dari Batok Kelapa

Crossbond pada dasarnya adalah lem laminasi dengan bahan dasar polyvinyl acetate water based. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat, tahan lama, dan mudah digunakan. Lem ini pun tidak menyebabkan bau menyengat tidak enak, serta merupakan lem kayu serbaguna yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang lain.

Selain itu, Crossbond juga unggul dari keamanannya. Lem ini merupakan lem air yang sangat aman digunakan sebab formula PVAc dan pelarutannya menggunakan air. Hal tersebut membuat Crossbond X4 ideal digunakan untuk pembuatan pot tanaman.

Singkatnya, lem ini kuat dan juga aman. Kedua aspek ini jarang Anda temukan pada berbagai adhesive yang dijual di pasaran.

Yuk, Beli Crossbond!

Ayo beli lem Crossbond sekarang juga! Pembelian lem Crossbond sangat mudah dilakukan sebab Anda bisa membeli secara daring. Pembelian secara daring akan dipandu oleh Customer Service kami. Jadi, silahkan saja kontak Customer Service kami untuk mendapatkan lem ini.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Juga, Anda bisa membeli lewat agen kami yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia lho.

Nah, begitulah tutorial untuk membuat sendiri pot dari batok kelapa. Pot yang cantik akan membuat taman Anda juga makin terlihat cantik. Selain cantik, pot dari batok kelapa juga akan membuat suasana taman menjadi earthy dan natural. Pembuatan pot dari batok kelapa juga mudah dilakukan lho. Dan Crossbond selalu bisa Anda gunakan untuk membuat pot yang cantik dan tahan lama tersebut.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here