All About Batok Kelapa sebagai Material Kerajinan yang Menjanjikan

0
65

Di artikel ini, lemkayu.net akan mengulas mengenai batok kelapa sebagai bahan baku kerajinan nusantara. Jenis-jenis tempurung kelapa hingga contoh produk craft-nya bisa Anda dapatkan informasinya di bawah ini.

Alam memberikan segala hal yang sejatinya dibutuhkan manusia. Tak hanya sekadar untuk bertahan hidup, alam pun menyediakan benda-benda yang bisa memanjakan mata manusia.

Contohnya saja bebungaan. Sebagai makhluk yang memiliki rasa estetik, manusia begitu mengagumi keindahan bunga. Bahkan bunga dijadikan lambang cinta oleh manusia.

Seiring perkembangan zaman, manusia tak sekadar menerima keindahan yang diberikan alam semata. Kita pun mencoba cara-cara agar suatu benda tampak lebih indah. Atau, kita malah menciptakan benda baru yang cantik dari bahan yang dianggap kurang menarik.

CS Lem Kayu

Saat masyarakat mulai mengenal uang dan transaksi jual beli, benda-benda indah ini pun seringkali ikut diperjualbelikan. Sejarah telah mencatat bagaimana pada masa lalu, kerajaan-kerajaan menjual keramik, perhiasan, hingga pahatan satu sama lain.

Pada akhirnya, produksi dan jual beli benda indah ini termaktub dalam satu lingkup industri, yakni industri craft (kerajinan). Beragam material bisa digunakan dalam industri ini. Salah satunya adalah batok kelapa. Tempurung buah coco tersebut ternyata memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Batok Kelapa sebagai Bahan Baku Kerajinan

Batok atau tempurung buah kelapa sendiri sebenarnya adalah salah satu struktur dari buah Cocos nucifera tersebut. Tempurung bersifat keras dan di bagian luarnya diselubungi oleh serabut yang sangat alot.

Fungsi struktur ini sebenarnya sangat rasional. Tempurung kelapa bersifat keras sehingga buah yang jatuh ke bawah tidak rusak. Tempurung juga memungkinkan udara terperangkap di bagian dalamnya, alhasil buah kelapa bisa mengambang ketika jatuh di sungai atau di laut. Adapun, serabut buah tersebut berfungsi sebagai peredam benturan (ketika jatuh) serta penghambat para pemakan buah ini.

Namun terlepas dari fungsi biologisnya tersebut, batok juga merupakan material indah yang memiliki banyak fungsi. Pada masa lalu, masyarakat di daerah tropis biasa menggunakannya untuk membuat mangkok hingga wadah penganan.

Secara umum, penggunaan batok sendiri memberikan keuntungan:

  1. Tampilan yang indah dan sangat tropis
  2. Tidak mudah rusak, justru relative kuat dank eras
  3. Bentuk membulat yang bisa diolah menjadi berbagai benda
  4. Mudah difinishing
  5. Harga terjangkau dan supply yang banyak di negara kita

Jenis-jenis Batok Kelapa menurut Ukuran dan Warnanya

Saat hendak menggunakan material ini, tentu ada baiknya kita mengenal bahan ini dulu. Misalnya saja dengan mempelajari ragamnya berdasarkan ukuran serta warna.

Berdasarkan ukurannya:

  1. Tempurung besar, bisa digunakan untuk membuat mangkuk dan aneka wadah
  2.  Tempurung sedang, bisa digunakan untuk lampu hias, gelas, vas bunga, dan lainnya
  3. Tempurung kecil, bisa digunakan untuk wadah lilin, kalung, hingga gantungan kunci

Berdasarkan warnanya, batok kelapa bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Hitam
  2. Coklat, dan
  3. Putih

Perbedaan warna ini sebenarnya dipengaruhi berbagai faktor. Selain faktor genetic, warna tempurung juga dipengaruhi oleh usia buah saat dipetik.

Tempurung kelapa dengan warna gelap menjurus hitam biasanya merupakan tempurung dari buah yang tua. Tempurung yang berwarna coklat biasanya dipetik saat usianya belum begitu tua, namun juga tidak terlalu muda. Sedangkan batok kelapa putih biasanya berasal dari kelapa untuk industri kopra dan minyak coco.

batok kelapa

Contoh Kerajinan Batok Kelapa

Bahan tempurung kelapa bisa diolah menjadi berbagai produk yang sangat menarik. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Wadah makanan. Meski saat ini kita menggunakan piring dan gelas, namun untuk menciptakan nuansa etnik (seperti di restaurant), kadang justru digunakan wadah makanan dari tempurung kelapa.
  2. Vas bunga dan bagian bunga. Misalnya saja untuk membuat bagian tengah bunga.
  3. Aneka jenis suvenir dari gantungan kunci sampai pin
  4. Berbagai produk fashion seperti tas, dompet, ikat pinggang, kalung, gelang, dan lain sebagainya.
  5. Tempat lilin
  6. Lampu hias
  7. Sandal dan alas kaki lainnya
  8. Dan berbagai produk kerajinan yang lain yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Secara umum, dengan sifat mudah diolah dan ragam produk yang bisa dihasilkan, usaha kerajinan batok kelapa termasuk menjanjikan. Apalagi target pasarnya tak melulu Indonesia, melainkan juga dunia.

Untuk Lemnya, Gunakan Selalu Lem Crossbond

Pembuatan berbagai produk tempurung kelapa jelas memerlukan adhesive yang baik. Dan kami di lemkayu.net sudah pasti memiliki rekomendasi untuk adhesive yang tepat. Terdapat dua jenis lem yang bisa Anda pilih dan gunakan. Silahkan beli yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

lem batok kelapa
  1. Crossbond X3. Crossbond X3 cocok digunakan untuk merekatkan kerajinan batok secara umum. Produk ini sejatinya adala produk wood joinery glue yang juga bisa digunakan untuk kerajinan. Malah daya rekatnya sudah sangat kuat untuk lem craft.
  2. Crossbond X4. Produk ini bisa digunakan untuk merekatkan lempengan batok pada permukaan lebar. Misalnya saja untuk pembuatan atau malah pemanfaatan laminasi batok kelapa. Maka, Crossbond X4-lah yang seharusnya digunakan.

Pesan Crossbond

Ayo pesan lem Crossbond sekarang juga. Pembelian bisa dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Sekiranya Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point atau agen-agen kami. Bio Service Point adalah poin area di mana Anda bisa membeli berbagai produk woodworking ramah lingkungan dari Bio Industries.

Saat ini Bio Industries berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Sedangkan agen-agen Bio Industries telah tersebar di berbagai lokasi termasuk di luar pulau Jawa.

Adapun, bila Anda ingin membeli secara daring, Anda bisa memesan ke CS kami atau ke online shop langganan Anda. Silahkan saja pilih salah satu metode pemesanan yang menurut Anda paling nyaman dilakukan. Kualitas produk dan layanan kami akan sama baiknya untuk semua opsi.

Baca juga: Lem untuk MDF Hijau yang Bagus

Simpulan

Poin-poin yang bisa disimpulkan dari penjelasan di atas:

  1. Manusia adalah makhluk estetik. Kita suka mengapresiasi hal-hal yang indah seperti bunga.
  2. Seiring berjalannya waktu, manusia tak sekadar menerima pemberikan alam yang indah. Manusia pun mencoba membuat produk yang indah untuk kebutuhan dekorasi.
  3. Pembuatan dan penjualan benda estetik tersebut pada akhirnya termaktub dalam industri craft atau kerajinan.
  4. Salah satu material yang potensinya tinggi untuk diolah dalam industri craft adalah tempurung kelapa. Dari yang warnanya hitam dan berukuran kecil, hingga yang warnanya coklat dan berukuran besar, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai produk.
  5. Dan agar produk semakin berkualitas, jangan lupa selalu menggunakan lem kayu dan glugu andalan, Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Kiranya inilah yang bisa kami bagikan megenai batok kelapa sebagai bahan baku membuat kerajinan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas memberikan manfaat untuk Anda.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here