Aneka Inspirasi Boneka Sabut Kelapa yang Bagus

0
212
boneka sabut kelapa
Sumber: uncommongoods.com

Indah dan menariknya aneka ide boneka sabut kelapa bisa Anda jadikan referensi lho sekiranya Anda bermaksud menjadikannya peluang usaha.

Sebagaimana dijelaskan pada artikel yang lalu, tanaman kelapa adalah tanaman multifungsi. Bahkan sabutnya pun memiliki aspek kebermanfaatan tersendiri.

Pada zaman dulu, sabut digunakan untuk bahan bakar saja. Umumnya, sabut akan cepat terbakar seperti kayu kering. Namun justru hal itu membantu menjaga suhu panas di dalam tungku.

Di zaman sekarang, sabut telah memiliki manfaat yang jauh lebih luas. Utamanya manfaat di industri kerajinan.

kerajinan sabut kelapa
CS Lem Kayu

Beberapa produk kerajinan sabut antara lain,

  1. Pot, biasa disebut cocopot
  2. Keset
  3. Produk fashion seperti ikat pinggang dan juga dompet
  4. Hiasan dekoratif
  5. Aneka bentuk boneka

Selain cocopot, pemanfaatan sabut yang paling umum adalah dijadikan boneka. Bagi Anda yang sedang bingung mencari ide usaha, Anda bisa mempertimbangkan ide ini.

5 Contoh Boneka Sabut Kelapa yang Bagus

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang boneka berbahan sabut kelapa, silahkan simak contohnya di bawah ini.

Boneka Hewan yang Lucu

Boneka hewan yang lucu cocok bila Anda punya usaha dengan target anak-anak. Umumnya, mereka yang masih kecil memang menyukai bentuk mainan yang biasa mereka temukan di buku pelajaran atau lingkungan sekitarnya.

Oleh karena anak-anak sering diperkenalkan dengan ragam hewan, mereka pun kemungkinan besar tertarik dengan boneka hewan. Selera mereka lebih simpel dan belum mampu mengapresiasi bentuk yang abstrak atau yang bertema romansa.

Boneka Princess yang Cantik

boneka sabut kelapa
Sumber: pinterest.com

Selain hewan, anak-anak, khususnya yang perempaun sering sekali menyukai boneka princess. Oleh karena itu, sekiranya target pasar Anda adalah anak perempuan, buat saja boneka princess yang populer atau sedang trending.

Misalnya, boneka Elsa dan Anna. Atau, boneka Cinderella dan ande-ande lumut.

Boneka Sabut Kelapa Love (Heart)

Inspirasi boneka serabut kelapa berikutnya adalah yang berbentuk hati atau love. Boneka seperti ini sangat cocok dijadikan dekorasi rumah ataupun dipajang di kamar. Boneka berbentuk love akan menampilkan kesan hangat di ruangan ia ditempatkan.

Sumber: Aliexpress.com

Boneka Pompom

Boneka pompom adalah boneka yang sebenarnya sangat sederhana. Boneka ini hanya berbentuk bulat, namun menarik dan indah. Boneka seperti ini bisa dijadikan pajangan untuk sofa, sehingga pangsa pasarnya lebih luas hingga ke orang dewasa.

Sumber: ebay.com

Boneka Sabut Kelapa Mini Bertema Kedaerahan

Boneka mini dengan tema kedaerahan sangat cocok dijadikan suvenir. Misalnya, boneka dengan bentuk pengantin Sasak, Bali, hingga boneka berbentuk ondel-ondel Jakarta. Anda bisa mulai menentukan suvenir seperti apa dan hendak dijual kemana.

Setelah itu, pilih model yang merepresentaikan daerah tersebut. Patikan boneka dengan model ini dapat dibuat menggunakan bahan sabut kelapa.

Tips Membuat Boneka Sabut Kelapa

Dalam membuat boneka dari bahan serat pembungkus buah kelapa, Anda sebaiknya memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Sabut yang notabene adalah serat kaya selulosa merupakan substrat yang begitu disukai kutu, rayap, hingga jamur. Oleh karena itu, terapkanlah sistem anti hama yang baik di area produksi.
  2. Pilih salah satu model boneka di atas sesuai target pasar Anda. Misal, target Anda adalah siswa SMP dan SMA maka buatlah boneka hati, huruf, dan sejenisnya yang disukai remaja.
  3. Gunakan lem yang bagus agar boneka tak cepat rusak.
  4. Pengecatan pada serat sabut kelapa sangat bisa dilakukan. Anda bisa mengecat dengan metode spray (semprot) ataupun celup.
  5. Dalam memilih perekat, pilihlah yang bukan hanya kuat, tapi juga aman, tidak bernoda, dan harganya terjangkau.
  6. Jangan hanya menarget pasar lokal. Target juga pasar internasional.

Untuk Lemnya, Gunakan Ultra Phaethon

Sesuai tips di atas, untuk mendukung pembuatan boneka sabut kelapa yang bagus, maka dibutuhkan perekat yang baik. Perekat, dalam hal ini memiliki 2 fungsi penting.

Pertama, membantu merekatkan satu bagian boneka dengan bagian boneka yang lainnya. Kedua, untuk memberikan kekokohan pada sabut.

Di lemkayu.net, lem yang paling tepat untuk dua kebutuhan tersebut. Lem yang direkomendasikan tersebut didesain khusus untuk kerajinan serat alam. Perekat yang dimaksud adalah lem Ultra Phaethon.

Ultra Phaethon adalah lem dengan formula dasar PVAc. Lem ini bukan hanya kuat dan tak menampilkan glue line, namun juga sangat aman.

Bila Anda ingin mengekspor produk ke luar negeri pun, Anda tak perlu takut produk hasil kreasi dengan Ultra Phaeton ini akan menemui masalah karena seluruh bahan yang digunakan ramah lingkungan.

Yang Membuat Lem Ultra Phaethon Unggul

Ada beberapa hal yang membuat Ultra Phaethon begitu diunggulkan, terutama untuk kebutuhan produksi boneka sabut kelapa Anda.

  1. Ultra Phaethon adalah lem untuk usaha kerajinan dan kertas dengan kualitas tinggi
  2. Merupakan lem yang memiliki daya rekat kuat yang sangat baik
  3. Tidak merusak estetika produk baik dari segi warna atau kerapihannya
  4. Lem Ultra Phaethon tidak menimbulkan bau menyengat.
  5. Lem Ultra Phaethon adalah lem indoor yang tahan lama dan stabil terhadap faktor-faktor lingkungan ektrem
  6. Sangat aman untuk digunakan sebagai bahan perekat boneka sabut.
  7. Merupakan lem yang tak hanya hemat, tetapi harganya pun juga sangat terjangkau
  8. Praktis dipakai sebab menggunakan formula PVAc (1k) bukan lem 2k seperti epoksi

Info Lebih Lanjut

Ingin tanya lebih lanjut tentang Ultra Phaethon? Atau Anda ingin membeli prdouk ini? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk informasi pembelian lebih lanjut. Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point dan agen-agen kami.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here