Penasaran? Begini Prospek Kerajinan Sabut Kelapa dan Contoh Produknya

0
219
kerajinan sabut kelapa

Usaha kerajinan sabut kelapa omsetnya besar? Nyatanya memang demikianlah faktanya. Dan Anda pun bisa menjadi sosok sukses tersebut.

Pohonnya tinggi, buahnya bulat besar, dan ia hanya ditemukan di daerah tropis. Apa lagi kalau bukan pohon kelapa.

Dalam Bahasa Inggris, pohon kelapa biasa disebut sebagai tanaman coconut. Sedangkan nama ilmiahnya ialah Cocos nucifera.

Tanaman kelapa memiliki ciri yang sangat khas, dan karena umum ditemukan di pantai, ia sering menjadi landmark di berbagai belahan dunia.

CS Lem Kayu

Namun selain penampakannya yang iconic, tanaman ini pun hadir dengan segudang manfaat. Coba, sebutkan satu saja bagian dari tanaman ini yang tak memiliki manfaat. Bahkan buahnya yang masih kecil dan tak bisa dimakan pun umum digunakan sebagai mainan oleh anak-anak pedesaan.

Pun begitu dengan sabutnya. Sabut buah kelapa bisa diolah menjadi berbagai produk. Dan omsetnya tak main-main besarnya.

Misalnya saja yang dialami pengusaha Yuli Wantoro. Dikutip dari Tribunnews, ia berhasil meraup omset hingga 300 juta rupiah per bulan dengan membuat pot sabut kelapa.

Ya, pot dari sabut! Di kalangan pencinta tanaman, pot berbahan sabut memang sedang populer. Negara-negara Eropa dan Amerika pun selalu siap menampung produksi pot dari bahan sabut tersebut.

Alasan Kenapa Kerajinan Sabut Kelapa Amat Prospektif

Tentu saja selain pot, sabut masih bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang lainnya. Namun untuk saat ini, penggunaannya yang paling menggiurkan memang di sektor industri kerajinan.

Jadi sekiranya ada di antara Anda yang sedang bingung mencari ide bisnis, kenapa tak memanfaatkan saja sabut kelapa? Apalagi prospek usaha seperti ini juga sangat gemilang di Indonesia. Pasalnya:

  1. Bahan baku berupa sabut yang melimpah ruah. Anda akan dengan mudah memperoleh material pokok tersebut dengan harga yang juga murah.
  2. SDM yang piawai membentuk produk-produk kerajinan.
  3. Pasar yang terbuka lebar, baik pasar ekspor ataupun impor
  4. Biaya produksi secara umum lebih murah sehingga membuat harga pasarannya tidak begitu mahal
  5. Jenis produk yang bisa dibuat sangat beragam

Terkait dengan desain produk pun, Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi dari pola khas Nusantara. Sebab, sudah sejak lama sebetulnya nenek moyang kita memanfaatkan sabut untuk berbagai kebuthan.

Atau, agar bisa mendapatkan insight yang jelas, silahkan simak beberapa contoh produk sabut di bawah ini.

Contoh Produk Kerajinan Sabut Kelapa

Cocopot

Cocopot adalah nama produk pot yang terbuat dari serabut buah kelapa. Cocopot menawarkan beberapa keunggulan dibanding pot biasa. Misalnya, sifatnya yang lebih ringan, eco friendly, lembab, menyerap air, dan bernutrisi bagi tanaman. Cocopot amat disenangi para pencinta gardening di negara-negara maju.

Sumber: Kokosf’ora.com

Item Fashion (Ikat Pinggang, Tas, hingga Dompet)

Dengan pengolahan khusus, serabut kelapa juga bisa digunakan untuk membuat produk fashion. Beberapa di antaranya ialah tas, ikat pinggang, dan dompet. Umumnya, tampilan produk-produk tersebut tampak natural organic dan ethnic.

kerajinan sabut kelapa
Sumber: pinterest.com

Boneka dan Mainan Anak

Dengan sifat berserat-serat yang cukup fleksibel, sabut kelapa juga bisa dijadikan mainan anak. Misalnya saja boneka yang cantik dan lucu bagi si kecil. Boneka seperti ini bukan hanya menarik, namun juga lebih baik untuk anak dibanding mainan-mainan plastiknya yang mungkin toksik.

Sumber: myfairbaby.com.au

Dekorasi

Aneka produk dekorasi juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sabut kelapa. Misalnya saja hiasan dinding, gantungan kunci, hingga bunga-bungaan.

Keset, Taplak, dan Sejenisnya.

Sabut juga bisa digunakan untuk membuat taplak, keset, bahkan hingga sarung bantal dan sprei. Namun untuk pembuatan produk menjadi sprei dan sarung bantal, diperlukan pengolahan yang sangat khusus agar permukaan produk halus. Jadi, produk bisa benar-benar optimal digunakan penggunanya.

Kerajinan Sabut Kelapa
Sumber: windowbox.com

Tantangan Pengolahan Sabut Kelapa

Meskipun sangat menjanjikan namun usaha produksi kerajinan dari serabut kelapa tentu juga memiliki tantangan-tantangan tersendiri. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Seranga hama. Hama bisa menyerang saat sabut masih mentah atau ketika sudah diolah. Sehingga pengendalian hama harus dilakukan di area produksi.
  2. Produk berkualitas rendah. Hal ini bisa terjadi ketika sabut yang digunakan terlalu muda atau sudah rusak. Kadang komponen pendukung sepeti perekat juga turut andil memengaruhi kualitas produk secara keseluruhan.
  3. Marketing. Untuk pasar lokal, hingga hari ini masyarakat kadang kurang mengapresiasi produk lokal dengan bahan organik.
  4. Sedangkan untuk market luar, Anda harus bisa mengatasi kenda bahasa, jarak, hingga peraturan di masing-masing negara.
  5. Dukungan dari pemerintah. Untuk berkembang besar, banyak pengrajin tidak memiliki dana sehingga usahanya cenderung stuck.

Untuk Lemnya, Gunakan Ultra Phaethon!

Di lemkayu.net, kami memiliki cara tersendiri untuk mendukung usaha Anda. Di sini, kami menawarkan lem kerajinan, Ultra Phaethon.

Ultra Phaethon bisa merekatkan produk kerajinan sabut kelapa indoor seperti boneka, dekorasi ruangan, tas, dompet, hingga ikat pinggang. Ultra Phaethon sendiri adalah PVAc adhesive yang didesain khusus untuk industri craft. Lem ini rekat, tidak glue line, aman, dan terjangkau.

Selengkapnya, simak kelebihan-kelebihan Ultra Phaethon di bawah ini.

Kelebihan-kelebihan Lem Ultra Phaethon

  1. Lem ini sangat rekat, khusus untuk kertas dan serat alam.
  2. Lem ini tidak mudah rusak terkena paparan kelembaban hingga fluktuasi suhu
  3. Lem indoor yang sangat aman untuk digunakan. Bila Anda perlu lem aman untuk ekspor kerajinan, gunakanlah Ultra Phaethon
  4. Lem ini sangat mudah digunakan karena bukan 2K adhesive
  5. Lem ini sangat hemat, pun demikian harganya juga sangat terjangkau
  6. Tidak menyebabkan glue line ataupun lapisan yang terlihat
  7. Noda mudah dihilangkan sehingga hasil perekatan lebih rapid an bagus

Beli Sekarang Ultra Phaethon untuk Kerajinan Sabut Kelapa Anda

Yuk beli dan dapatkan Ultra Phaethon sekarang juga! Anda bisa melakukan pembelian secara daring ataupun langsung. Untuk membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen Bio Industries. Sedangkan untuk membeli secara daring, silahkan langsung saja hubungi CS kami.

Poin-poin Menarik

  1. Kelapa adalah tanaman multiguna yang hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat tersendiri. Bahkan buah mudanya pun umum digunakan sebagai mainan oleh anak-anak.
  2. Selain buah mudanya, sabut kelapa juga memiliki banyak guna terutama di bidang kerajinan. Telah banyak pengusaha lokal yang sukses setelah mengolah serabut buah kelapa.
  3. Sabut kelapa pun bisa diolah menjadi beragam produk kerajinan. Beberapa contohnya adalah tas, dompet, pot bunga, keset, boneka, dan mainan anak secara umum.
  4. Meski demikian, tentu pengolahan tiap produk memiliki tantangannya masing-masing.
  5. Kami di lemkayu.net memberikan dukungan dengan menghadirkan lem berkualitas baik dengan harga terjangkau, yakni Ultra Phaethon.

Kurang lebih semoga informasi tentang prospek dan contoh produk kerajinan sabut kelapa ini berguna untuk Anda, ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here