Dua Jenis Kerajinan Bahan Keras dan 7 Tips Penting untuk Membuatnya

0
337
kerajinan bahan keras

Kerajinan bahan keras adalah suatu bentuk kerja dan produk kesenian yang memanfaatkan benda yang bersifat solid dan keras. Tipe kerajinan seperti ini sudah lama dibuat oleh nenek moyang manusia. Mulai dari pembuatan kalung sampai pembuatan patung-patung abstrak, semuanya menawarkan keindahan tersendiri.

Di Indonesia, beberapa jenis kerajinan ini sudah melalang buana ke berbagai negara. Hal ini sebenarnya menciptakan peluang yang baik untuk pelaku usaha dari jenis kerajinan yang berbeda. Sebab, Indonesia sudah memiliki nama yang cukup kompetitif di dunia internasional.

Tertarik untuk menggeluti bidang ini lebih lanjut? Kenapa tidak? Coba simak dulu contoh dan jenisnya di bawah ini supaya Anda mendapatkan inspirasi mengenai produk yang hendak Anda buat.

Jenis dan Contoh Kerajinan Bahan Keras

Berdasarkan material pembuatnya, bahan keras bisa dibagi menjadi dua, yakni yang organik (alami) dan buatan (sintetis). Kerajinan ini pun dapat dikategorikan dalam dua kelompok tersebut.

Kelompok Kerajinan Alami

CS Lem Kayu

Wooden Craft alias Kerajinan Kayu. Ada sangat banyak contoh kerajinan kayu. Misalnya, asbak, miniature dari kayu, patung, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Stone Craft alias Kerajinan Batu. Bersama dengan kayu, stone craft adalah kerajinan yang sudah lama dibuat manusia. Batu-batu diatur dan dicat sedemikian rupa sehingga memberikan suatu bentuk yang indah untuk dekorasi dinding hingga isi pot tanaman.

Kerajinan Kerang. Saat ini, kerajinan kerang banyak sekali terlupakan. Padahal, kerang adalah material kerajinan bahan keras yang indah dan eco friendly. Contoh produk yang dihasilkan adalah kalung, bunga-bunga hias, sampai tirai.

Kerajinan Tulang. Kerajinan tulang adalah salah satu jenis kerajinan yang prestisius bagi manusia di masa berburu dan meramu. Mereka yang mampu memiliki kerajinan ini adalah mereka yang bisa berburu dengan baik. Hingga sekarang, berbagai pakaian tradisional masih memperlihatkan penggunaan tulang untuk dekorasi. Misalnya saja pada pakaian adat Minahasa.

Bamboo Craft. Selain kayu, bambu juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan. Bamboo craft memberikan nuansa yang lebih tropis dan asia dibanding kayu.

Kerajinan Serat Alam. Contoh kerajinan serat alam adalah keranjang rotan dan tas pelepah pisang. Kerajinan ini dianggap sebagai alternative populer untuk item fashion yang kurang eco friendly (ramah lingkungan).

Pasir. Pasir juga merupakan material sangat menarik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan dengan bahan solid. Pasir bisa dimasukkan dalam wadah seperti kaca atau dibentuk dalam suatu proses terlebih dahulu.

Kelompok Kerajinan Bahan Keras dari Bahan Sintetis

Kaca. Penggunaan kaca untuk membuat kerajinan sudah lama dilakukan. Kaca bisa dipakai sebagai medium kaligrafi, medium seni lukis, hingga untuk membuat sebuah patuing kaca yang sangat indah. Kaca dengan sifatnya yang bening memberikan suatu bentuk keindahan yang tidak akan bisa diberikan oleh material yang lainnya.

Plastik. Bahan plastik bisa digunakan untuk membuat kerajinan dalam dua sistem. Pertama, sistem daur ulang, dan kedua sistem non daur ulang. Contoh produk kerajinan plastik adalah bunga dari botol bekas, lampu hias, hingga vas bunga.

Kawat. Mulanya, kawat digunakan dalam bidang pertukangan dan elektronik. Namun bahan inipun bisa disulap menjadi benda seni bernilai tinggi oleh para seniman. Kawat bisa dipakai untuk membuat patung, bentukan pohon, hingga untuk menjadi tangkai pada pembuatan bunga sintetis yang sederhana.

Kaleng. Banyak seni kontemporer yang memanfaatkan benda-benda yang dianggap tak bermanfaat. Kaleng adalah salah satunya. Kaleng bisa digunakan untuk membuat tas, patung, hiasan dinding, dan berbagai wujud kreasi kerajinan bahan keras lainnya.

Logam Mulia. Kalung emas dan gelang perak adalah contoh produk kerajinan logam mulia. Tipe ini memiliki harga yang paling mahal dan juga stabil. Selain digunakan untuk merias diri dalam bentuk perhiasan, logam mulia kadang juga digunakan untuk membuat patung hingga elemen bangunan.

Tips Membuat Kerajinan Bahan Keras

kerajinan bahan keras
  1. Kreativitas adalah kunci. Anda harus terus mengeksplor berbagai ide menarik yang sekiranya belum atau masih sedikit dibuat orang. Semakin unik dan menarik ide Anda, maka produk Anda akan semakin bersaing di pasaran.
  2. Perluas wawasan Anda. Cari berbagai referensi untuk membuat produk yang bagus. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengunjungi berbagai situs referensi.
  3. Quality is important! Kualitas harus Anda utamakan. Apalagi Anda membuat benda seni yang dinilai menurut estetikanya. Dus, pastikanlah mengerjakan produk Anda sebaik-baiknya.
  4. Banyak bertanya. Jangan ragu bertanya ke mereka yang sudah terjun ke bidang ini terlebih dahulu.
  5. Selalu gunakan bahan-bahan yang kualitasnya baik. Bahan yang kualitasnya baik akan memengaruhi kualitas produk kerajinan bahan keras Anda secara umum.
  6. Perluas jaringan Anda. Di era teknologi seperti sekarang ini, Anda bahkan bisa menjual produk hingga ke mancanegara dan mendapatkan uang dalam jumlah yang lebih banyak.
  7. Segera coba. Yuk, segera coba. Jangan menunda-nunda. Anda bisa mulai usaha Anda dengan membuat satu atau dua produk terlebih dahulu untuk kemudian dipasarkan secara daring.

Kami Sedia Lem untuk Tunjang Usaha Anda

Kami di lemkayu.net menyediakan berbagai produk lem berkualitas. Beberapa lem yang kami sediakan sangat bisa mendukung usaha kerajinan bahan keras Anda, yakni:

  1. Lem Crossbond X3. Lem ini bisa Anda gunakan untuk menyambungkan komponen kerajinan. Misalnya untuk menyatukan bagian-bagian dari patung dan juga bunga kayu.
  2. Lem Crossbond X4. Lem ini adalah lem laminasi. Anda bisa menggunakannya untuk menempelkan veneer, atau merekatkan potongan bulat kayu pada papan dalam rangka membuat hiasan dinding.
  3. Lem Ultra Phaethon. Lem ini adalah lem untuk serat alam (natural fiber). Anda bisa menggunakannya untuk membuat tas eceng gondok, ikat pinggang pelepah pisang, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua lem yang kami sediakan tersebut bukan hanya memiliki daya rekat yang kuat. Semuanya juga memiliki sifat yang eco friendly atau ramah lingkungan. Produk kami adalah produk terbaik bila Anda ingin mengekspor produk di mana aturan soal bahan kimianya ketat. Atau, bila Anda ingin menjual produk dengan green label.

Bagaimana dengan harganya? Tenang! Lem-lam kami dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya. Penggunaannya juga sangat hemat sehingga tidak akan memboroskan budget Anda.

Kontak dan Pemesanan

Bagi Anda yang tertarik dengan adhesive yang kami tawarkan, kami senantiasa menunggu kontak dari Anda. Silahkan hubungi kami via email, telepon, atau WA yang keterangannya tercantum di laman situs ini.

Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi agen kami yang sudah tersebar ke banyak kota Indonesia.

Kurang lebih, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan. Semoga usaha kerajinan bahan keras Anda semakin sukses!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here