Jual Lem Urea Formaldehyde: Bagaimana dengan Keamanannya?

0
2195
bahaya formalin

Jual lem urea formaldehyde? Lantas bagaimana dengan tingkat keamanannya? Beberapa penelitian telah menunjukkan efek kesehatan yang buruk tatkala eksposi bahan ini terjadi. Efek ini sendiri muncul saat formaldehida (formalin) menguap ke udara. Sebetulnya, bila paparannya di bawah 1,0 ppm tak masalah. Namun bila eksposi urea formaldehida lebih dari itu, beberapa resiko gangguan kesehatan harus ditanggung. Beberapa gangguan kesehatan tersebut antara lain:

1. Gangguan pernafasan akibat iritasi saluran pernafasan

2. Peningkatan resiko kanker

3. Iritasi mata

CS Lem Kayu

4. Iritasi saluran hidung

5. Batuk-batuk

6. Pusing

7. Iritasi kulit

8. Reaksi alergi berlebihan

9. Sensasi terbakar

10. Sulit bernafas

11. Insomnia

12. Penurunan libido

13. Anorexia atau nafsu makan berkurang

Dengan pertimbangan berbagai persoalan di atas, sebenarnya pemanfaatan bahan berbasis Urea Formaldehida secara umum sudah dibatasi di negara-negara maju. Contohnya saja di Amerika Serikat pada tahun 2011. US National Toxicology Program mendeskripsikan formaldehida sebagai salah satu bahan karsinogenik atau penyebab kanker. Lembaga lain, International Agency juga telah melakukan penelitian yang menemukan bahwa formaldehida mampu menjadi penyebab kanker.

mengolah kayu

Memang, bila dilihat dari aspek lainnya, lem berbasis urea formaldehida sebetulnya juga memiliki beberapa keunggulan. Tak mengherankan bila tempat jual lem urea formaldehyde  masih memiliki pelanggan. Secara umum, lem ini murah, cepat kering, dan mudah digunakan. Adhesive ini juga kerap diandalkan sebagai lem untuk perekatan kayu lapis. Hanya saja, pemanfaatan adhesive ini yang cenderung membahayakan kerap memaksa rasio penggunaan formaldehida dan urea yang tidak lagi optimal. Akibatnya berbagai kelebihan lem UF (urea formaldehyde) ini pun tak lagi bisa diandalkan seperti sedia kala.

Lebih Baik Crossbond X4

Daripada memanfaatkan adhesive dengan tingkat keamanan beresiko serta kualitas yang belum tentu baik, kami menyarankan lem yang benar-benar aman seperti Crossbond X4. Sama seperti lem UF, Crossbond X4 juga dapat diandalkan untuk perekatan kayu lapis dan laminasi lainnya. Bedanya, Crossbond X4 merupakan lem bebas formaldehida, timbal, dan zat-zat toksik lainnya.

Lem berbasis air dengan formulasi dasar PVAc water based ini juga sudah dibuat aman mengikuti standar European Chemical Agency dan Environmental Protection Agency. Jadi bila Anda bingung hendak membeli lem kayu lapis yang aman, Crossbond X4 adalah jawabannya. Apalagi bila Anda hendak menjual produk Anda hingga ke luar negeri. Jual lem urea formaldehyde sama sekali tak akan bisa Anda andalkan!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here