Bagaimana Cara Membuat Kerajinan Daun Kering?

0
23874

Bagaimana cara membuat kerajinan daun kering? Sebagaimana sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, salah satu craft menjanjikan yang masih jarang diberdayakan adalah jenis kerajinan ini.

Apa itu Kerajinan Daun Kering?

kerajinan daun kering

Sebagaimana namanya, kerajinan daun kering atau dried leaves craft adalah produk yang dihasilkan dari material daun kering. Wujudnya terbuat seluruhnya dari daun kering, namun bisa juga hanya sebagian saja yang terbuat dari material tersebut.

Cara Membuat Kerajinan Daun Kering

Sebenarnya proses pembuatan jenis kerajinan ini tergantung produk yang akan Anda hasilkan. Ada jenis produk yang harus direndam dulu dalam pewarna, namun ada juga yang tidak. Namun pada semua dried leaves craft, terdapat dua tahapan yang pasti selalu diterapkan.

Baca Juga : kerajinan tangan dari kayu bekas dan cara membuatnya

Tahapan Pengeringan

Sebelum diolah, daun terlebih dahulu harus dikeringkan. Proses pengeringan bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya: Pengepresan dengan meletakkan daun pada buku tebal hingga menjadi rata dan kering. Penggunaan silica gel penyerap kelembaban. Metode ini lebih baik dibanding pengepresan karena silica dapat mencegah tumbuhnya jamur dan tak begitu berefek pada warna daun. Lama pengeringannya pun jauh lebih singkat dibanding cara pengepresan.

Baca Juga : bagaimana cara pembuatan kerajinan kotak tisu yang mudah?

Penempelan

Daun kering adalah material berbentuk lembaran. Hampir pasti proses pembuatannya memerlukan bahan perekat atau lem. Sehingga tahapan ini menjadi salah satu faktor vital dalam pengerjaan craft terkait. Dalam proses pengeleman sendiri, selain langkahnya harus tepat, pilih juga bahan perekat yang baik.

“Baik” di sini bukan sekedar memiliki daya rekat yang kuat. Lem sebaiknya juga dipilih berdasarkan kriteria aman, tidak menimbulkan bau, dan tahan lama. Contoh produk yang kami sarankan adalah Eva Phaeton.

Baca Juga : contoh kerajinan dari daun kering

Cara Penempelan Daun Kering dengan Eva Phaeton

  1. Siapkan daun kering. Bersihkan dan keringkan.
  2. Olesi Eva Phaeton.
  3. Rekatkan dengan hati-hati pada media atau daun lainnya.

Jenis-jenis Produk yang Bisa Dihasilkan

Dari beragam cara membuat kerajinan daun kering, terdapat berbagai produk yang bisa dihasilkan. Berikut ini 3 contoh di antaranya:

Hiasan Dinding

Biasanya cara pembuatannya dilakukan dengan menempel daun kering pada media untuk membentuk pola atau gambar tertentu.

Baca Juga : membuat kerajinan dari stik es krim

kerajinan daun kering

Decoupage

Kerajinan decoupage adalah jenis kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan bahan pada media kemudian permukaannya dicoating. Daun keringpun bisa dimanfaatkan untuk decoupage seperti contoh toples di bawah ini.

kerajinan daun kering

Wadah wadah kerajinan pelepah pisang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here