Dua Cara Membuat Kerajinan Hiasan dari Daun Kering

0
4965
lukisan pemandangan daun kering

Bagaimana cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering? Sebetulnya, cara yang bisa Anda tempuh sangat banyak. Namun pada artikel ini, lemkayu.net ingin mengajak Anda membuat dua tipe kerajinan daun kering terlebih dahulu. Jangan khawatir, penguasaan dua cara ini selanjutnya bisa Anda terapkan untuk membuat tipe kerajinan yang lain dengan beberapa modifikasi.

Lukisan

Saat bersekolah, Anda mungkin pernah diminta guru untuk melakukan pekerjaan ini. Biasanya, bapak dan ibu guru menyuruh Anda mengeringkan daun yang selanjutnya ditempelkan di kertas maupun papan kayu berfigura. Meski menarik, tapi cara tersebut terlalu sederhana dengan hasil yang biasa-biasa saja. Supaya tak biasa, berikut ini saran pengerjaan dari kami.

Alat dan Bahan

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

1. Silica natural atau gel dari Bio Industries sebagai penyerap kelembaban. Penggunaan silica bisa meminimalisir perubahan warna sehingga daun tetap cantik meski sudah kering.

2. Lem Crossbond X3

3. Papan kayu (bisa tripleks, bisa kayu solid) dan figura

4. Kuas

5. Gunting

6. Wadah dan penutup

7. Hiasan tambahan seperti mata palsu hingga pita

Langkah-langkah

1. Desain rancangan hiasan yang ingin Anda buat. Misalnya, Anda ingin membuat lukisan gambar burung dan kupu-kupu dari dedaunan kering.

2. Cari daun kering yang sesuai dengan rancangan Anda. Perhatikan bentuk dan komposisi warnanya. Pilih juga daun yang sudah tua.

3. Bersihkan daun. Keringkan dulu dengan diangin-anginkan.

4. Siapkan wadah, tuangkan silica gel.

5. Masukkan daun ke dalam silica gel lalu tuangkan lagi silica gel. Ingat, selalu segera tutup wadah saat memasukkan atau menuangkan silica gel. Silica adalah bahan yang sangat mudah menyerap kelembaban namun bisa sampai pada titik jenuh. Bila wadah dibiarkan terbuka dalam waktu lama, silica akan menyerap kelembaban dalam ruangan sehingga tak akan lagi efektif mengeringkan daun.

Baca Juga:  Memilih Merk Lem untuk Kayu Gitar yang Bagus dari Mahoni sampai Ebony

6. Tunggu hingga daun mengering. Kecepatan daun mengering sangat berlainan. Pastikan saja Anda mengeceknya secara berkala.

7. Siapkan papan kayu dan figura. Bersihkan dan amplas bagian yang akan ditempeli daun.

8. Tempel daun sesuai pola desain yang Anda inginkan menggunakan Crossbond X3. Usapkan lem tersebut sedikit-sedikit secara merata.

9. Pasang figura, dan hiasan Anda selesai dibuat! Untuk cara membuat hiasan dari daun kering yang kedua, simak caranya di bawah ini.

Hiasan Gantung

hiasan gantung daun kering

1. Siapkan alat dan bahan seperti di atas, hanya saja Anda tak perlu menggunakan papan dan figura. Sebagai ganti, gunakan rotan yang diikat melingkar atau seratan bambu dan bahan sejenis lainnya.

2. Keringkan daun kering sebagaimana dijelaskan di atas.

3. Setelah daun kering, tempelkan dua atau tiga daun bersamaan dengan Crossbond X3. Tujuannya, supaya daun lebih kuat atau rigid. Cara penempelannya sendiri tidak perlu benar-benar simetri (bentuknya).

4. Secara selang-seling, rekatkan daun mengelilingi lingkaran rotan atau bambu yang Anda siapkan (lihat gambar). Gunakan Crossbond X3, usapkan dengan hati-hati.

5. Selesai! Anda bisa menggantungnya untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik. Bila perlu beri tambahan hiasan seperti pita.

Demikian cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering. Semoga bermanfaat ya!

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here