Membuat Beragam Kerajinan Bunga Sepatu dengan Lem Crossbond

0
449

Bingung memanfaatkan waktu senggang? Kenapa tidak membuat berbagai kerajinan bunga sepatu di bawah ini?

Tanaman bunga sepatu adalah tanaman dalam kelompok genus Hisbiscus. Tanaman ini mampu menghasilkan bunga beragam rupa dan bentuk. Tapi ternyata, hisbiscus juga menyimpan potensi untuk dijadikan berbagai kerajinan lho. Yuk, simak aneka kerajinan dari tanaman tersebut sekaligus cara untuk membuatnya.

Aneka Produk Kerajinan Bunga Sepatu dan Cara Membuatnya

Vas Bunga

Tangkai bunga sepatu yang tua dan kering bisa dijadikan penghias vas bunga. Caranya pun amat sederhana. Sediakan dulu:

  1. Bekas karton silinder tissue atau bambu
  2. Lem (disarankan lem kayu seperti Crossbond X3)
  3. Tangkai atau ranting tanaman yang sudah kering
  4. Cat atau varnish (opsional)
  5. Kuas

Langkah-langkah Membuat Vas Bunga Sepatu

  1. Siapkan karton bekas tissue atau potongan bambu berbentuk silinder
  2. Pilih ranting yang sudah tua dan kering. Potong agar ukurannya sama.
  3. Satu per satu, rekatkan potongan ranting tersebut ke karton atau bambu hingga keseluruhan permukaannya terutup.
  4. Aplikasikan cat bila perlu
  5. Tunggu cat hingga kering. Selesai!
Kerajinan Bunga Sepatu

Bingkai Foto

Cara pembuatan kerajinanbunga sepatu dalam bentuk vas di atas bisa diaplikasikan untuk membuat berbagai produk craft lainnya. Misalnya saja yang mudah adalah bingkai foto. Anda hanya perlu menyiapkan bingkai lama atau papan karton atau kayu. Selanjutnya, tempelkan ranting tanaman sepatu di sisi-sisi bingkai. Bila sudah selesai, aplikasikan cat sesuai keinginan Anda. Bingkai Anda pun sudah jadi dan bisa digunakan untuk memajang foto diri atau pemandangan alam.

Kerajinan Bunga Sepatu

Kerajinan Bunga Sepatu : Kolesum Hiasan Dinding

CS Lem Kayu

Produk ketiga ini agak beda dengan dua produk sebelumnya. Cara pembuatannya juga membutuhkan silica gel natural. Lengkapnya, sediakanlah:

  1. Silica natural Bio Industries
  2. Papan karton atau tripleks yang sudah dibuat jadi bingkai atau frame yang sudah jadi
  3. Wadah
  4. Bunga sepatu dan daunnya yang menarik
  5. Lem kertas

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah yang ukurannya cukup besar untuk meletakkan bunga sepatu beserta tangkainya.
  2. Tuangkan silica gel dengan cepat ke wadah. Hindari membuka wadah karena silica cepat sekali menyerap partikel air di udara.
  3. Letakkan tangkai bunga.
  4. Taburi dengan silica lagi sampai seluruh permukaan bunga tertutup.
  5. Tutup wadah, tunggu beberapa hari.
  6. Setelah kering (tandanya bunga atau daun akan berbentuk seperti kertas kering), ambil bunga tersebut.
  7. Rekatkan di frame dengan lem kertas.
  8. Pajang di tempat yang sekiranya Anda suka.

Kotak Bunga Kering

Selain bisa dibuat sebagai kolesum hiasan dinding, pengeringan bunga sepatu juga bias diterapkan untuk membuat kotak berisi bunga kering. Untuk produk ini, Anda butuh bunga sepatu tumpuk yang menarik. Apabila sudah dikeringkan, masukkan bunga kering tersebut ke wadah yang bagus seperti wadah kaca. Anda pun siap memajangnya di meja tamu atau meja hias.

Decoupage

Pengeringan daun dan bunga sepatu ternyata juga bisa dijadikan pengganti napkin decoupage. Anda tinggal menempelkan saja daun dan bunga yang sudah dikeringkan ke media seperti toples yang hendak di-decoupage. Setelah itu, aplikasikan clear varnish atau cat bening di atasnya. Dengan cara ini, seolah-olah Anda melukis toples tersebut dengan gambar bunga dan daun sepatu yang nyata. Menarik sekali, bukan?

Butuh Lem yang Bagus!

Bagi Anda yang membuat berbagai produk kerajinan di atas sekadar untuk hobi atau kebutuhan sendiri, masalah kualitas tentu tak perlu diperhatikan betul-betul. Anda toh hanya mengisi waktu luang saja dengan hobi yang Anda suka. Lain lagi apabila Anda hendak menyeriusi hobi tersebut. Barangkali saja Anda ingin menjual hiasan dinding bunga sepatu ataupun vas bunga dari ranting-ranting bunga sepatu.

Nah, bagi Anda yang ingin menyeriusi bidang ini, tentu saja masalah kualitas harus diperhatikan baik-baik. Dalam pembuatan berbagai kerajinan bunga sepatu di atas, salah satu bahan yang penting diperhatikan untuk menunjang kualitas produk yang baik adalah dengan memilih lem yang tepat.

Lem? Ya. Perlu lem kayu yang tahan lama. Sebab, lem-lem untuk kerajinan di pasaran biasanya mudah lepas. Tentu saja hal seperti ini akan berefek buruk bagi usaha Anda apabila Anda nekat memilih adhesive yang tidak tepat.

Bagaimana memilih lem yang bagus di pasaran? Bukankah hal itu sulit dilakukan? Tenang. Kami menyediakan adhesive yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai kerajinan bunga sepatu. Adhesive itu adalah Crossbond yang sudah lama digunakan pelaku usaha UKM hingga perusahaan wooden craft besar di Indonesia.

lem kayu untuk finger joint terbaik

Kenapa sih Menggunakan Crossbond?

  1. Daya rekat lem yang kuat, sehingga produk bisa bertahan sangat lama
  2. Mudah digunakan, tidak membutuhkan kondisi-kondisi khusus
  3. Noda lem yang mudah diatasi maupun dicegah
  4. Harga yang terjangkau
  5. Penggunaan lebih hemat
  6. Tidak toksik
  7. Tidak menimbulkan bau menyengat yang tidak enak

Khusus poin tujuh, adhesive ini tidak menimbulkan bau beracun sebagaimana pada lem berbasis solvent. Ini dikarenakan Crossbond yang berbahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate. Lem PVAc menggunakan pelarut air dan secara umum memang jauh lebih aman digunakan.

Menarik, bukan? Karena itulah kami sarankan penggunaan le mini. Apalagi tersedia kemasan Crossbond dalam ukuran yang besar sehingga cocok untuk kebutuhan usaha Anda. Ukuran kecil pun ada bagi Anda yang mau coba-coba dengan le mini dulu.

Pesan Sekarang Yuk!

Ayo, tunggu apa lagi untuk membeli lem Crossbond? Beragam produk kerajinan bunga sepatu menanti untuk Anda buat. Pembelian lem Crossbond juga amat mudah dilakukan lho. Anda bisa membeli secara online ataupun secara langsung. Pembelian secara daring bisa dilakukan dengan menghubungi kami di kontak yang disediakan. Dengan menghubungi kontak tersebut, Anda akan terhubung dengan CS kami yang ramah dan profesional.

Selain opsi itu, Anda juga bisa membeli secara langsung. Ya, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point atau agen kami di kota Anda. Sekarang Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Solo. Untuk informasi agen kami, hubungi CS dulu, ya.

Pada akhirnya, membuat kerajinan bunga sepatu memang menyenangkan dilakukan. Ada sangat banyak produk yang bisa kita buat. Kita bisa membuat vas, bingkai foto, lampu hias, hiasan dinding, koleksi bunga kering, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aktivitas ini bisa menemani kita di kala senggang. Namun bagi Anda yang ingin menekuni hobi ini secara profesional, tentu Anda harus totalitas. Perhatikan kualitas produk Anda dengan cermat. Salah satunya dalam pemilihan lem untuk membuat berbagai kerajinan bunga sepatu tersebut. Dan untuk kebutuhan ini, kami merekomendasikan lem Crossbond.

Yuk, pesan lem Crossbond sekarang juga sebelum kehabisan!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here