Vas Bunga dari Kayu: Cantik dan Ramah Lingkungan

0
28
vas bunga dari kayu yang bagus

Vas bunga dari kayu adalah salah satu contoh kerajinan yang bukan hanya menawan namun juga ramah lingkungan. Untuk yang sedang mencari rekomendasi vas bunga dari kayu, yuk pilih beberapa contoh desainnya di bawah ini.

Beragam cara bisa dilakukan untuk memanfaatkan bahan alam di sekitar. Misalnya, yang dilakukan Faizal Azmi Ardika. Ia dan istrinya bisa dikatakan merupakan pelaku UMKM yang sukses dengan omset jutaan rupiah per hari.

Yang dilakukan Faizal, sebagaimana dikutip dari Detik.com, adalah membuat berbagai jenis craft atau kerajinan berbahan dasar kayu. Ya, dari material yang mudah ditemukan tersebut, ternyata keuntungan besar bisa dinikmati.

Sebagai bahan kerajinan, kayu juga merupakan material yang mudah digunakan. Termasuk untuk membuat vas bunga. Kayu bisa dicat dengan mudah, diukir, dilukis, dan berbagai proses lainnya untuk mempercantik tampilan vas.

Eco-Friendly

CS Lem Kayu

Sejak pertama kali ditemukan, bahan plastik memang menunjukkan kepraktisan pemakaiannya untuk kebutuhan manusia. Sayangnya, karena bukan bahan yang bisa didaur ulang, pemanfaatan plastik cukup bermasalah.

Tak salah jika dikatakan bahwa produk-produk kayu, seperti vas bunga kayu merupakan alternatif lebih baik dibanding plastik. Sekiranya Anda berminat membuat UMKM berbasis kerajinan, citra positif kayu juga akan memudahkan Anda mengekspor produk-produk yang dihasilkan ke negara maju.

Namun, tentu saja selain masalah keamanan, aspek lain juga harus diperhatikan. Misalnya keindahan. Dan, di bawah ini ada beberapa contoh desain vas bunga indah yang memanfaatkan kayu sebagai bahan baku.

Contoh Desain Vas Bunga dari Kayu

1. Indonesian Style

Desain vas bergaya Indonesia meliputi semua desain dari suku yang ada di Indonesia. Vas bunga bisa dihias dengan motif batik, motif songket, hingga pola-pola khas kedaerahan lainnya. Selain aplikasi motif, pemakaian kayu yang khas juga biasanya diterapkan. Misalnya penggunaan vas kayu jati dan cendana yang merupakan komoditas kebanggaan Indonesia.

2. Gaya Oriental

Desain oriental meliputi aneka desain dari Asia, khususnya Asia Timur, seperti Jepang, China, dan Korea. Umumnya, kesan yang diberikan pada gaya-gaya tersebut adalah kesan damai, zen, seimbang, dan elegan. Selain kayu, bahan bambu juga bisa dipilih untuk membuat vas bergaya oriental. Sebabnya, asia timur memang identik dengan bahan bambu.

3. Shabby Chic dan Vintage

Vas bunga kayu shabby chic dan vintage sangat ideal digunakan bagi Anda yang ingin menarget pangsa pasar penyuka kedua desain tersebut. Sebagaimana yang kita tahu, shabby chic dan vintage memang cukup disukai di hampir semua belahan dunia. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, gaya shabby chic sedang begitu naik daun. Sedangkan gaya vintage sudah cukup populer sejak beberapa dekade yang lalu.

4. Eropa

Untuk menciptakan keindahan vas bunga, Anda juga bisa menerapkan gaya khas Eropa. Misalnya, desain Eropa pedesaan yang terkenal dengan istilah rustic. Atau, bisa juga diaplikasikan gaya Eropa klasik yang elegan sekaligus mahal. Jangan salah, meski dipasarkan di Indonesia pun, cukup banyak lho yang menyukai vas bunga dengan esan eropa.

5. Modern dan Minimalis

Sentuhan modern dan minimalis akan membuat vas bunga dari kayu terlihat lebih match dengan jenis rumah masa kini. Kedua desain ini umumnya menerapkan bentuk yang tak begitu rumit dengan warna yang lebih formal. Gaya minimalis umumnya menekankan pada kesan monokromatis (hitam putih) sedangkan gaya modern menekankan pada pemakaian warna-warna bold yang bersih dan jauh dari kesan vintage ataupun rustic.

6. Natural

Vas bunga dengan gaya natural, sebagaimana namanya menekankan pada keindahan kayu sebagai objek. Pengaruh budaya dari pengrajin diminimalisir sedemikian rupa supaya keindahan kayu benar-benar menonjol. Hampir selalu gaya natural dibarengi dengan finishing bertipe natural transparan dengan tingkat kilau yang rendah sampai menengah. Pori-pori kayu dengan warna natural dibiarkan terlihat jelas untuk mempertegas karakter bahan kayu yang digunakan untuk membuat produk ini.

Tips Membuat Vas Bunga dari Kayu

1. Kualitas kayu yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh, untuk produkasi vas bunga yang akan diekspor, Anda perlu kayu dengan kualitas terbaik agar produk tidak rusak selama masa kirim.
2. Untuk membuat produk yang benar-benar ramah lingkungan, hindari pemakaian cat solvent based. Sebagai alternatifnya, pilihlah cat water based atau gunakan Biopolish Natural Oil.
3. Aplikasikan desain yang menarik dan beda dari yang lain.
4. Hindari bahan kayu yang sudah dimakan hama, apalagi teter.
5. Pastikan untuk menggunakan lem yang bukan hanya kuat, namun juga aman digunakan.

Cara Mendapatkan Lem Crossbond X3

Seperti diterangkan pada tips kelima, pada akhirnya pembuatan vas bunga dari kayu memang perlu bahan-bahan yang aman. Dan karena itulah, penggunaan lem eco-friendly disarankan.

Disarankan untuk menggunakan lem Crossbond X3. Lem Crossbond X3 adalah lem kayu yang kuat, awet, dan mudah digunakan. Crossbond bisa menghasilkan perekatan berkualitas yang stabil meski produk dikirim ke luar negeri.

Untuk mendapatkan Crossbond X3, Anda bisa menghubungi kami via kontak CS yang tertera. Yuk, dapatkan Crossbond untuk membuat vas bunga dari kayu yang berkualitas.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here