Panduan Membuat Mainan Anak dari Kayu, dari Desain hingga Lem Aman untuk Mainan Anak Terbaik

0
2782
membuat mainan kayu

Apakah Anda tertarik membuat sendiri mainan anak dari kayu? Jangan salah. Selain bisa menyenangkan putra dan putri Anda, bila memungkinkan mainan-mainan itu nantinya juga bisa dijual. Nah pada kesempatan ini, lemkayu.net ingin membagikan tips pembuatan mainan dari kayu mulai dari desain hingga penggunaan lem aman untuk mainan anak terbaik!

Mulailah dari Desain yang Sederhana Dulu

mainan kayu

Bila Anda masih sangat awam, cobalah mengaplikasikan desain yang sederhana dulu. Ada banyak desain wooden toys yang bisa Anda temukan di dunia maya. Berbagai tutorial pembuatan mainan dari kayupun bertebaran di mana-mana, termasuk di situs ini. Kami telah membagikan panduan membuat mainan serta craft dari kayu biasa hingga tripleks. Jadi, manfaatkan saja sumber-sumber penting tersebut.

Gunakan Kayu yang Mudah Diolah

Mainan kayu termasuk salah satu jenis craft atau kerajinan. Produk ini biasanya memiliki ukuran kecil disesuaikan dengan fungsinya sebagai hiburan bagi anak. Oleh karena itu, kayu yang digunakan harus mudah dibentuk namun juga tidak gampang rusak. Di industri wooden toys, kayu-kayu seperti balsa sangat terkenal digunakan. Balsa juga sering digunakan untuk pembuatan pesawat aeromodelling. Penggunaan kayu-kayu lainnya seperti pinus juga akan sangat menarik. Anda lihat saja karakter kayu yang sekiranya bisa digunakan mulai dari harganya, kemudahannya diukir, dipotong, hingga disambungkan.

Bagaimana dengan kayu olahan?

Boleh saja menggunakan kayu olahan. Tripleks misalnya, sudah biasa dibentuk menjadi aneka kerajinan super unik.

Jangan Lupa Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Terbaik

membuat mainan kayu

Bila mainan dari kayu Anda memerlukan lem, jangan sekali-kali menggunakan lem yang daya rekatnya rendah dan tingkat toksisitasnya tinggi. Ingat, mainan kayu adalah produk kayu. Artinya, lem yang digunakan pun harus memiliki daya rekat untuk mengikat kayu, bukan sekedar kertas atau kain.
Lem juga harus memiliki keamanan yang baik. Karena produk mainan yang dihasilkannya nantinya akan sangat intens digunakan si kecil. Jadi rekomendasi kami ialah lem aman untuk mainan anak terbaik Crossbond. Selain aman, Crossbond juga berdaya rekat kuat dan tahan air.

lem aman untuk mainan anak terbaik

Gunakan Cat yang Praktis dan Aman

Finishing furniture biasa dilakukan dalam beberapa kali tahapan yang rumit. Hasilnya memang memuaskan, tapi tentu kita tak bisa melakukan hal yang sama pada benda sekecil mainan. Pilihlah cat-cat yang praktis dipakai. Misalnya hanya dengan dicelup saja. Produk cat yang kami sarankan dengan kepraktisan seperti ini adalah BioColours Orchid. Selain praktis, cat ini juga tersedia dalam warna-warna pastel hingga metalik yang cantik.

Amati Trend yang Berkembang

Trend mainan anak selalu berkembang. Misal dulu yang populer adalah mainan edukatif, sedangkan sekarang fidget spinner melanda industri mainan kayu juga. Amati terus perkembangan trend agar produk Anda lebih disukai pasar.

Untuk Anak Laki-laki, Perempuan, atau Umum?

rumah-barbie-kayu

Produk mainan anak bisa dibedakan berdasarkan gender targetnya. Ada mainan anak umum, khusus perempuan, hingga khusus laki-laki. Misalnya saja rumah Barbie untuk perempuan, dan mainan kayu robot-robotan untuk anak laki-laki. Ada juga mainan seperti puzzle yang bisa digunakan semua gender.

Pemasaran via Online yang Menjanjikan

Setelah produk Anda selesai dibuat, jangan lupakan masalah pemasaran. Dewasa ini, trend penjualan online telah berkembang pesat jadi Anda bisa mulai mencoba keuntungan dengan memanfaatkan hal tersebut.

jual lem kayu untuk finger joint crossbond 2

Sekiranya demikian beberapa tips membuat mainan dari kayu untuk pemula. Pada dasarnya, keuletan serta ketepatan memilih bahan (seperti penggunaan lem aman untuk mainan anak terbaik) akan selalu Anda butuhkan.

Simak terus tips dan tutorial dari kami berikutnya seputar pembuatan mainan kayu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here