Aneka Desain Meja Belajar, Pengertian, Sampai Prinsip Pembuatannya yang Perlu Anda Tahu

0
1748
meja belajar

Dear pembaca lemkayu.net. Kali ini kami akan mengangkat tema dari satu furniture yang pasti semua orang kenal. Ya, sebagaimana judul artikel kali ini, di kesempatan ini, lemkayu.net akan mengajak Anda mengenal lebih dalam mengenai produk bernama meja belajar. Kelihatannya memang sepele. Tapi ternyata, ada banyak fakta menarik seputar perabot ini. Kami juga akan menyajikan aneka desain dan gaya menarik, dari minimalis sampai shabby chic, prinsip cara membuatnya, dan tentu saja, lem yang bagus untuk digunakan!

Pengertian

Apa itu study desk alias meja belajar? Ringkasnya, bisa kita katakan bahwa produk ini adalah meja yang didesain sedemikian rupa untuk kebutuhan belajar. Tapi dalam arti yang luas, produk ini bukan hanya didesain untuk belajar tapi juga bisa untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Karena itu, wujudnya seringkali bukan hanya berupa “meja” saja.

Selain meja, biasanya ada komponen lain yang disatukan dengan meja. Misalnya, bagian rak buku hingga almari buku kecil. Keberadaan komponen ini tidak lain ditempatkan untuk menunjang kegiatan belajar itu sendiri. Toh, kita pasti memerlukan buku dan alat tulis bukan selama proses pembelajaran?

CS Lem Kayu

Di era di mana setiap anak pasti sekolah dan orang dewasa butuh mengerjakan pekerjaan kantor, keberadaan furniture ini sangat banyak dicari. Ia pun hadir dengan berbagai rupa dan harga. Tempat jual meja belajar juga menjamur di mana-mana, baik itu tempat jual online hingga konvensional. Di area sekitar kostan, bahkan banyak produk study desk yang sangat sederhana karena desainnya sekedar meja kecil tanpa tambahan komponen lain. Tapi desain tersebut justru seringkali sesuai dengan kebutuhan mahasiswa kostan.

Aneka Desain dan Gaya Menarik

Meski memiliki fungsi yang sama, tak berarti rupa atau tampilan study desk monoton dan seragam. Kebalikannya, aneka desain dan gaya menarik telah lama diaplikasikan pada perabot yang satu ini. Woodworker menerapkan desain dan gaya tersebut menurut pangsa pasar yang dituju, baik itu meja belajar untuk anak-anak, perempuan, dewasa, remaja, laki-laki, kantor, dan masih banyak lagi. Nah, contoh desain dan gayanya bisa dibaca pada penjelasan di bawah ini.

Minimalis dan Futuristic

Minimalis menjadi trend desain tersendiri. Desain ini mendapat tempatnya karena memang sesuai dengan “pace” atau gaya hidup masyarakat modern. Tak jarang, desain ini juga bercampur dengan kesan-kesan futuristik. Selain simplisitas, kesan yang biasa ada pada desain ini adalah kesan yang bersih, elegan, dan tidak murahan. Contohnya saja desk belajar di bawah ini. Bagus sekali bukan?

meja belajar modern

Glamour atau Mewah

Bila Anda sengaja mendesain ruangan dengan gaya glamour, tentu tak afdol bila meja belajar yang dipakai tak cocok dengan gaya tersebut. Akan lebih tepat bila furniture itu bisa memberikan kesan yang sama. Sehingga ruangan menjadi satu kesatuan dengan gaya tunggal. Gaya glamour sendiri bisa dihasilkan dengan menerapkan desain yang mewah dan warna-warna khas seperti emas dan perak.

meja belajar mewah

Vintage

Gaya vintage adalah gaya yang punya penggemar tersendiri. Industri pembuatan study desk pun menyadari hal ini. karenanya, mereka juga sering membuat produknya dengan kesan itu. Tak jarang juga gaya ini diterapkan pada produk untuk anak-anak. Anak-anak? Ya. Kata siapa anak-anak tak menyukai tampilan lawas atau vintage? Bila tampilan tersebut menarik, jelas si kecil pun bisa tetap menyukainya. Misalnya saja contoh meja belajar vintage di bawah ini. Memakai kombinasi warna coklat dan krem, ia hadir dengan gaya vintage. Tapi tetap dengan memperhatikan corak yang ceria untuk anak-anak. Hasilnya sangat menawan bukan?

meja belajar vintage

Shabby Chic

Putri kecil Anda yang menyukai dunia princess pasti akan sangat menyukai berbagai perabot yang mengingatkannya pada dunia kesukannya itu. Nah, untuk meja belajarnya, Anda dapat memilih yang desain dan gayanya mengaplikasikan kesan lawas dengan warna shabby chic. Shabby chic adalah gaya dengan kesan tua namun tetap menarik. Sering, gaya seperti ini dipakai bagi mereka yang suka dengan vintage tapi tetap lembut.Warna yang digunakan biasanya warna pastel yang lembut (soft).

meja shabby chic

Selain si kecil yang suka dunia princess, gaya ini juga cocok untuk Anda yang suka dengan warna kalem dan tampilan lawas. Tambahan pola floral atau polkadot pasti akan lebih menarik. Bukankah belajar atau mengerjakan pekerjaan kantor lebih enak bila dilakukan di tempat yang bisa membuat nyaman seperti gaya shabby chic ini?

meja belajar shabby chic

Tradisional Khas Indonesia

Meja belajar juga bisa hadir dengan gaya dan desain tradisional khas Indonesia. Contohnya saja aneka produk study desk buatan pengrajin ukir Jepara. Keindahan ukiran jepara yang diterapkan pada produk tersebut akan membuat furniture tersebut menjadi sebuah benda seni bernilai tinggi.

meja belajar tradisional

Pola Kartun

Gaya ini khusus bagi anak-anak. Anime atau kartun tak bisa dipungkiri memang menjadi tontonan hiburan yang pas untuk si kecil. Maka, untuk membuatnya makin giat belajar, meja belajar dengan pola kartun pun bisa diberikan.
Eits, tapi ada juga lho segmen pembeli dewasa yang mungkin juga menyukai tema anime. Khususnya bagi mereka yang menggemari komik khusus yang memang pangsa pasarnya bukan untuk anak-anak.

meja belajar anak-anak

Natural

Gaya dan desain desk belajar natural cocok dengan Anda yang menyukai tema-tema alami atau hendak mewujudkan ruangan dengan tema tersebut. Gaya ini secara umum mudah didapat. Sebab banyak produsen mebel ini yang menerapkan warna kayu mulai dari kayu walnut sampai pinus. Pilih saja yang menurut Anda paling menarik dan sesuai dengan ruangan di mana produk tersebut akan ditempatkan.

meja belajar natural

Bagaimana Cara Membuat Meja Belajar?

Membuat desk untuk belajar sebenarnya tak begitu sulit dilakukan bila Anda terbiasa di dunia woodworking. Secara umum, Anda hanya perlu membuat meja serta beberapa tambahan untuk rak buku. Dalam beberapa desain, perlu juga tambahan lemari kecil untuk menempatkan buku dalam jumlah yang lebih banyak. Tapi pada prinsipnya teknik pembuatan produk ini tidaklah sulit dilakukan.

Nah, untuk rincian cara pembuatannya sendiri, akan kami bahas di satu artikel khusus. Tunggu terus upadate artikel di lemkayu.net ya! Kami akan menjelaskan langkah-langkah secara mendetil mengenai proses pembuatan produk ini.

Lem untuk Meja Belajar? Jelas Crossbond Jawabannya!

Kurang lengkap rasanya bila lemkayu.net tidak merekomendasikan lem yang tepat untuk membuat furniture ini. Apalagi bila memang kami punya produk yang sangat bagus untuk pembuatan produk tersebut.

Lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4. Kedua lem ini bisa digunakan untuk melengkapi fungsinya satu sama lain. Crossbond X3 bisa dipakai untuk merekatkan sambungan kayu, sedangkan Crossbond X4 untuk laminasi. Misalnya saja aplikasi teknik laminasi untuk membuat study desk dengan kesan modern.

Adhesive ini sama-sama terbuat dari PVAc. Karenanya, keduanya sangat aman, baunya tak semenyengat lem lainnya, mudah digunakan, cepat kering, dan sangat khuas. Secara khusus, lem ini juga diformulasikan dengan inner cross linker yang membuatnya berdaya rekat tinggi. Keduanya juga sangat resisten terhadap kelembaban sehingga bisa digunakan dengan ketahanan yang baik.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Menarik sekali bukan? Nah, sekiranya demikianlah pembahasan kali ini mengenai furniture meja belajar yang punya manfaat sangat besar ini. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here