Meja Portable: Pengertian, Jenis, sampai Cara Membuatnya!

0
2592
meja portable taman

Segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai meja portable, bisa Anda baca di sini. Mulai dari harga produk tersebut, sampai cara pembuatannya akan diterangkan secara jelas di lemkayu.net!

Mengenal Kilas Pengertian Meja Portable

Portable desk atau portable table pada dasarnya merupakan furniture berupa meja yang bisa dipindahkan. Namun tentu saja, makna dipindahkannya bukan sekedar bisa diangkat atau didorong agar berpindah tempat. Lebih dari itu, meja ini secara khusus didesain agar lebih mudah dipindahkan dibanding meja konvensional. Untuk mewujudkannya, tentu ada usaha-usaha khusus yang dilakukan pembuat meja, misalnya:

Membuat meja dari bahan yang ringan
Memastikan ukuran meja tak begitu besar, atau bisa dilipat. Contohnya adalah meja serupa untuk sarana belajar si kecil.

Guna Meja Portable

Ada banyak portable table yang saat ini sedang menjadi trend di pasaran. Berikut ini contoh fungsi atau guna dari portable table.

Furniture Garden

Garden furniture atau mebel taman memiliki tantangan tersendiri terhadap paparan cuaca. Tak jarang, agar produk tak mudah rusak, kita harus memindahkannya bila kondisi sedang ekstrim. Misalnya saat hujan. Daripada membiarkan produk rusak terguyur hujan, bukankah lebih baik untuk memindahkannya dulu?

Sebagai meja yang bisa dipindahkan, meja portable jelas akan meringankan aktivitas Anda menyelamatkan garden furniture. Beban yang hendak diangkut jelas lebih ringan. Selain itu, bentuknya pun dibuat pas untuk dipindahkan. Yang paling asyik, meja juga bisa dibawa ke berbagai sudut taman sehingga kita bisa menikmati keindahan taman semaksimal mungkin.

Untuk Piknik

Beberapa meja portable secara khusus didesain sebagai picnic table. Biasanya, picnic table memiliki ukuran yang lebih kecil dan bisa dilipat dengan cara sangat unik. Meja piknik seperti ini juga harus aman karena sering digunakan untuk aktivitas bersantap outdoor saat sedang bertamasya.

Meja Lipat untuk Belajar

Pernahkah Anda memperhatikan produk berupa meja belajar anak yang dijual di pinggir jalan? Meja-meja yang kerap hadir dengan gambar idola dan kartun anak itu, adalah salah satu contoh meja portable. Hanya saja karena meja-meja tersebut bisa dilipat, ia pun sering dinamai sebagai meja lipat, bukan meja portable untuk belajar.

 

Meja seperti ini cocok untuk kalangan yang sedang harus menghemat budgetnya. Meja yang bisa dibawa kemana-mana pun bisa ditaruh di berbagai tempat yang menarik. Misalnya, agar anak tak bosan belajar, ia bisa dibawa ke bawah pohon sambil belajar dengan meja lipat tersebut.

meja belajar portable (2)

Untuk Berjualan

Bagi yang memiliki usaha di bidang makanan tapi tak punya tempat permanen, Anda bisa memanfaatkan meja portable. Dengan begitu, pelanggan Anda tetap bisa duduk sehingga lebih nyaman untuk berbelanja di tempat Anda.
Bentuk meja untuk berjualan sendiri beragam. Untuk portable table, bahkan ada yang sudah didesain menyatu dengan kursi atau tersedia bersama dengan kursi portable. Jadi, pemakaiannya akan benar-benar memaksimalkan potensi usaha yang Anda lakukan.

Bagi yang “Nomaden”

Bagi yang sering pindah, baik pindah rumah atau kostan, meja seperti ini bisa dijadikan solusi. Jadi, Anda tak perlu harus mengirim barang dengan biaya mahal, atau justru harus membeli meja yang baru (setelah menjual yang lama) tiap kali akan pindah.

meja portable

Desain Meja Portable

Portable table atau desk hadir dengan sangat beragam desain. Kita jelas tak mungkin menyebutkannya satu per satu. Nah, beberapa contoh di bawah ini setidaknya akan memberikan gambaran mengenai banyaknya desain portable desk.

Minimalis

Minimalis adalah gaya yang menghindari pemakaian detil-detil seperti ukiran dan hanya menyisakan yang fungsional saja.

Modern

Gaya ini sebetulnya mirip dengan gaya minimalis. Hanya saja, pada gaya ini digunakan warna-warna terang dan berani. Misalnya saja warna merah, biru donker, oranye, dan sejenisnya.

Bohemian

Merupakan gaya dengan kombinasi warm style, natural, etnik nomaden, kesederhanaan, hingga keceriaan. Meja dengan gaya bohemian sendiri biasanya hadir dengan bentuk biasa, cat natural kayu, dan dikombinasikan dengan aksen bohemian khusus, seperti taplak meja dari etnik nomaden.

meja portable bohemian

Shabby Chic

Gaya ini merupakan gaya furniture yang sedang naik daun. Portable table dengan gaya shabby chic pun bisa mempesona calon pembelinya dengan perpaduan keindahan kesan lawas dengan kesan indah. Hasilnya memang sangat menarik.

meja belajar portable

Natural

Adalah gaya yang menekankan berbagai hal pada kealamian. Oleh sebab itu, meja seperti ini sering hadir dengan warna natural transparent.

Tips Membeli Meja Portable

  1. Perhatikan bahan baku pembuat produk ini. Setiap bahan memiliki karakter tersendiri, dan memang idealnya karakter tersebut diketahui oleh tiap calon pembeli. Misal, ketika Anda membeli picnic table, tentu lebih baik bila bahan mejanya adalah kayu solid. Bukan bagian yang lain.
  2. Perhatikan harganya. Apakah harganya masuk akal dengan bahan baku dan desain yang ditawarkan?
  3. Perhatikan bagian sambungannya. Bagian sambungan berpengaruh pada lancar tidaknya portable table dilipat (untuk dibawa). Pastikanlah bagian ini berfungsi dengan normal dan tidak tersendat-sendat.
  4. Perhatikan bentuk dan desain meja dan cocokkan dengan kebutuhan Anda. Misal, Anda ingin membeli meja untuk berjualan, maka belilah yang sekiranya sudah terpasang dengan bagian kursi (atau dipasangkan).
  5. Perhatikan tingkat keamanannya, terutama untuk meja yang didesain bagi si kecil dan untuk kebutuhan makan.

Membuat Meja Portable Murah dengan Crossbond X4

lem untuk dinding kayu

Membuat jenis meja ini bisa dilakukan dengan mudah, lho! Biayanya pun murah, sebab kita akan menggunakan kayu olahan yang memang harganya tak semahal kayu solid. Langsung saja, siapkan perlengkapan di bawah ini.

  1. Veneer
  2. Potongan MDF sesuai lebar meja yang diinginkan
  3. 4 potongan kayu untuk kaki meja
  4. 6 potongan kayu untuk apron
  5. Skrup
  6. Crossbond X4 dan kuasnya

Langkah-langkah Membuat Meja Portable Murah dengan Crossbond X4

  1. meja lipat sederhanaSiapkan semua peralatan di atas.
    Pastikan potongan MDF sudah sesuai dengan ukuran meja yang ingin dibuat.
  2. Siapkan veneer dan Crossbond X4
  3. Aplikasikan veneer dan Crossbond X4 di atas potongan MDF. Pastikan semuanya dalam kondisi bersih ketika Anda mengaplikasikan veneer.
  4. Biarkan dulu supaya kering.
  5. Setelah ikatan lem stabil, aplikasikan veneer kembali pada area yang belum tertutupi. Jangan lupa bagian pinggirnya ya. Bagian pinggir juga perlu dilapisi.
  6. Siapkan kayu untuk apron. Potongan dengan ukuran yang sama, dan secara keseluruhan kelilingnya lebih kecil dari keliling mdf.
  7. Rekatkan apron, dengan Crossbond membentuk segi empat, lalu kuatkan dengan paku.
  8. Siapkan 4 kaki meja berupa potongan kayu.
  9. Siapkan skrup dan bor.
  10. Skrup 4 kaki meja di bagian sisi dari apron.
    Pastikan skrup tak begitu longgar, sehingga bisa dilipat.
  11. Silangkan kaki meja, lalu skrup juga bagian tengahnya. Pastikan skrupnya agak longgar, agar kaki meja benar-benar bisa ditekuk.
  12. Sambungkan kaki meja dengan dua potongan tambahan (lihat gambar)

Mudah ya ternyata membuat meja portable? Memang! Namun agar hasilnya baik, tentu kita harus terus berlatih dan mengasah kemampuan kita. Salah satu caranya adalah update informasi terkini seputar dunia mebel dan pengeleman di lemkayu.net. Selain informatif, berbagai konten yang tersedia pun sangat bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here