Info Lengkap Kursi Komputer dari Harga sampai Tips Membuatnya

0
331
kursi komputer lipat

Mau membeli kursi komputer? Atau malah ingin membuat sendiri kursi tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Kursi Komputer?

Computer chair atau kursi untuk komputer pada dasarnya adalah salah satu jenis kursi yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Sebagaimana namanya, kursi ini adalah kursi yang didesain untuk kegiatan saat kita menggunakan komputer. Ia memiliki fungsi yang analog dengan kursi tamu untuk menjamu tamu ataupun kursi makan untuk kegiatan konsumsi.

Dan, sebagaimana mebel yang didesain untuk fungsi spesifik, kursi seperti ini tentu saja memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan kursi yang lain. Artinya, pemakaian kursi jenis ini saat kita menggunakan komputer pastinya akan lebih nyaman dan menyehatkan dibanding saat kita menggunakan sembarang kursi. Berikut ini beberapa ciri dari computer chair:

  1. Tingginya disesuaikan dengan tinggi ideal bagi orang yang menggunakan komputer
  2. Biasanya hadir dengan bagian sandaran sebab kebanyakan aktivitas menggunakan komputer di zaman ini berlangsung lama.
  3. Memiliki bantalan yang nyaman untuk diduduki saat kita menggunakan komputer.
  4. Seringkali kursi seperti ini sudah dijual dalam set khusus bersama meja komputer. Jadi, selain kebutuhan Anda terlengkapi, Anda akan mendapat set meja dan kursi yang sama dari segi desain.

Apa Bedanya Kursi ini dengan Kursi Kantor?

kursi komputer ungu

CS Lem Kayu

Beberapa di antara kita mungkin menganggap kursi ini sama dengan kursi kantor. Sebabnya sebetulnya sederhana. Kebanyakan kursi kantor merupakan kursi untuk komputer. Dan hal ini bisa dipahami, pasalnya banyak karyawan atau staff kantor yang dalam mengerjakan pekerjaannya membutuhkan laptop atau komputer. Tetapi sebetulnya kedua mebel ini memiliki fungsi tersendiri. Sebagian kursi kantor meamng merupakan computer chair, tapi tidak semuanya. Ada beberapa kursi kantor yang tidak didesain untuk dipakai saat kita menggunakan komputer. Misalnya saja, kursi di lobby kantor untuk menjamu tamu sampai kursi untuk para buruh yang harus mengerjakan pekerjaan khususnya. Misalnya saja untuk menjahit dan mengemas produk. Jelas ada tipe kursi tersendiri yang dibutuhkan.

Kapan Kursi Ini Digunakan?

Sebagaimana namanya, kursi ini digunakan untuk berbagai kegiatan saat kita menggunakan komputer dan laptop. Kita akan biasa menemukan kursi ini dipakai dalam situasi:

  1. Kerja, sebagaimana disebut di atas, kebanyakan kursi kantor adalah kursi untuk komputer
  2. Kegiatan akademik baik di sekolah, tempat kursus, ataupun di kampus
  3. Warung internet atau warnet
  4. Kebutuhan pribadi. Misalnya untuk digunakan saat menggunakan komputer di rumah sendiri

Model Kursi Komputer

Terlepas dari anggapan kebanyakan orang yang mengira model kursi seperti ini monoton, sebetulnya ada banyak varian desain yang bisa diperhatikan. Misalnya:

  1. Computer chair ala kursi direktur yang bisa diputar, portable, dan bisa dinaik-turunkan tingginya
  2. Kursi konvensional dari kayu
  3. Kursi untuk komputer dari kayu yang dibuat ala kursi direktur
  4. Kursi tanpa sandaran. Biasanya kursi untuk komputer seperti ini diposisikan dekat dengan tembok sehingga penggunanya bisa bersandar di tembok. Banyak warung internet yang memilih tipe kursi seperti ini karena harganya lebih terjangkau.
  5. Kursi untuk komputer dengan desain khas seperti desain boneka yang biasanya menarget pasar anak-anak.

kursi komputer unik

Berapa Harganya?

Harga mebel ini sangat beragam. Namun secara umum, harganya mencapai ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Mahalnya harga kursi ini dipengaruhi berbagai faktor. Misalnya karena bahan yang digunakan dan status produk sebagai barang import. Selain itu, lokasi atau tempat jual kursi kantor juga mempengaruhi harganya. Di area yang jauh dari pusat kota, kursi ini biasanya harus dibeli dengan harga yang jauh lebih mahal.

Di era internet ini sendiri, kita bisa dengan mudah membandingkan harga kursi komputer dari satu toko ke toko yang lain. Hal ini akan membawa keuntungan tersendiri bagi Anda sebab Anda bisa melakukan survey harga dengan lebih mudah.

Kursi Komputer Bekas?

Dengan harganya yang mahal, beberapa kantor, lembaga akademik, sampai tempat usaha seperti warnet seringkali kemudian mencoba membeli kursi bekas. Harga kursi untuk komputer bekas memang jauh lebih terjangkau. Akan tetapi, Anda tetap harus waspada saat hendak membeli kursi tersebut. Perhatikan kondisi bahan dan struktur kursi. Pastikan bahwa kursi tersebut masih dalam kondisi yang bagus dan awet digunakan.

Hal yang Harus Dicermati Saat Membeli

Nah, bagi Anda yang hendak membeli kursi seperti ini, kami punya tips tersendiri untuk Anda:

  1. Perhatikan tinggi kursi. Bagi Anda yang membeli kursi secara terpisah dari meja komputer, Anda harus menyesuaikan kursi yang hendak dibeli dengan tinggi meja.
  2. Agar terlihat menarik, pastikan desain kursi sesuai atau cocok dengan desain meja komputer.
  3. Perhatikan bagian sandaran dan bantalan kursi. Pastikan bahwa kedua bagian tersebut mampu membuat Anda benar-benar nyaman.
  4. Pastikan agar harga kursi dengan kualitasnya seimbang.
  5. Bagi Anda yang ingin membuka usaha seperti warnet dan kesulitan dengan masalah modal, tak mengapa untuk membeli kursi komputer bekas terlebih dahulu.
  6. Bagi Anda yang ingin membeli kursi tersebut secara online, sebaiknya belilah dari toko yang dekat dengan rumah Anda. Jadi biaya atau ongkos kirimnya tidak membengkak.
  7. Ada sangat banyak model computer chair, jangan terpaku pada model yang biasa ditemukan di pasaran.
  8. Bila dirasa memungkinkan, daripada membeli office furniture yang mahal, pesanlah di toko mebel kecil di dekat rumah Anda.

Bisakah Membuat Kursi Komputer Sendiri?

kursi komputer kayu

Sejatinya membuat kursi untuk komputer bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, kita memang harus memperhatikan karakternya yang spesifik. Agar mudah dilakukan, buatlah kursi yang terbuat dari kayu. Jangan salah, meski kebanyakan kursi seperti ini didesain dengan bahan sintetis seperti logam dan polimer, akan tetapi pemakaian kayu tetap bisa diandalkan. Justru dengan menggunakan kayu, Anda bisa memberikan alternatif lebih terjangkau bagi masyarakat. Agar makin laku, buatlah kursi yang sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, target pasar Anda adalah pembeli untuk kebutuhan pribadi. Maka, pastikan harga kursi tersebut terjangkau dan desainnya menarik sesuai dengan usia target pasar.

Membuat Kursi Komputer dari Kayu Bersama Crossbond

Untuk membuat computer chair dari kayu, jelas dibutuhkan perekat yang berkualitas. Dan kami masih merekomendasikan adhesive Crossbond untuk Anda gunakan. Crossbond merupakan PVAc water based glue yang akan membantu Anda membangun struktur kursi yang kuat. Sambungan-sambungan kayu dari dowel, finger joint, dan lain sebagainya akan makin kuat apabila direkatkan dengan Crossbond.

Bagi Anda yang hendak membuat kursi komputer dari kayu olahan, Crossbond juga bisa dipakai untuk laminasi kayu tersebut. Anda bisa mengandalkan varian Crossbond, yakni Crossbond X4 untuk laminasi. Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, Anda pasti bisa menghasilkan produk dengan kualitas unggulan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here