Informasi Lengkap Meja Bar, dari Harga hingga Tips Membuatnya!

0
1041

Mau membeli meja bar tapi masih bingung? Atau justru hendak membuatnya namun tak tahu bagaimana caranya? Jangan khawatir. Kini, lemkayu.net hadir untuk memberikan informasi lengkap seputar table bar mulai dari pengertian, jenis, hingga harganya!


Apa itu Meja Bar?

Dari pengertiannya, yang dimaksud table bar adalah meja yang didesain khusus di mana ada dua bagian yang berbeda, yakni bagian penyaji dan bagian yang menikmati sajian tersebut. Meskipun namanya menggunakan kata “bar”, perlu diketahui bahwa jenis meja ini tak selalu bermakna meja yang digunakan pada bar atau diskotik. Seringkali, justru meja ini mengacu pada meja yang digunakan di dapur. Umumnya, ruangan dapur di desain dengan kitchen set yang menempel di dinding dan bar table yang menjadi pembatasnya sekaligus menjadi tempat keluarga melakukan santap makanan.

Jenis Meja Bar

Dari beberapa aspek, kita bisa mengelompokkan table bar. Contoh, dari ukurannya, kita bisa membaginya menjadi table bar mini dan yang konvensional. Atau dari bentuknya, ada yang bentuknya menyudut dan ada juga yang bentuknya lurus. Fungsinya pun berbeda-beda. Table bar untuk dapur, akan berbeda dengan table bar untuk jualan. Begitu juga table bar yang digunakan di tempat hiburan. Perbedaannya mulai dari bentuk, komponennya, hingga desainnya yang dibuat khusus.

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Meja Bar?

CS Lem Kayu

Ingin membeli table bar? Sebagai salah satu furniture modern, jenis meja ini memang menawarkan banyak manfaat. Tapi ingat, melakukan pembelian produk apapun, kehati-hatian harus selalu diutamakan. Nah, hal-hal di bawah ini perlu Anda perhatikan saat akan membeli bar table.

1. Jenis bahan yang dipakai. Apakah meja tersebut terbuat dari bahan yang awet atau tidak?
2. Ukurannya
3. Ketinggiannya. Apakah table bar akan digunakan sekaligus sebagai meja untuk makan, atau hanya untuk meletakkan dan mengambil makanan saja?
4. Keindahan atau estetikanya
5. Ketahanannya terutama pada faktor yang beresiko merusak. Misal, bila Anda hendak membeli table bar untuk menyajikan minuman, ada baiknya produk tersebut benar-benar memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban.

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Meja Bar?

Tips di atas berlaku untuk mereka yang ingin membeli table bar. Lantas bagaimana dengan mereka yang ingin membuatnya?
Pangsa pasar table bar sebenarnya sangat potensial untuk dimanfaatkan. Sayang, kebanyakan pelaku usaha mebel kita, terutama yang kelas menengah ke bawah belum mencoba memanfaatkannya. Padahal proses pembuatan furniture ini pun tidak sesulit yang dikira. Selain bentuknya mudah dibuat, kita hanya perlu menggunakan bahan yang tepat. Bahan yang dipakai hendaknya memiliki ketahanan terhadap faktor yang bisa merusak. Namun bahan-bahan tersebut juga harus memiliki tingkat keamanan yang baik.
Di bawah ini kami rekomendasikan lem atau perekat yang bisa Anda andalkan untuk pembuatan meja bar, terutama yang terbuat dari kayu.

Crossbond

Lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 bisa digunakan untuk perekatan struktur atau rangka produk, sedangkan Crossbond X4 untuk perekatan laminasi. Kedua adhesive ini termasuk dalam golongan white glue atau lem putih. Keduanya juga memiliki berbagai keunggulan seperti:
1. Daya rekat yang kuat
2. Mudah digunakan bahkan oleh orang awam
3. Tak menyebabkan glue line
4. Heat resistance atau tahan panas
5. Tahan lama
7. Cepat kering

Crossbond juga merupakan lem yang sangat aman dan ramah lingkungan. Lebih dari itu, adhesive ini juga bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau.

Perhatikan Ketinggian Meja dan Komponennya
Yang tak kalah penting diperhatikan saat membeli atau membuat meja bar adalah ketinggian produk tersebut serta komponen atau bagian-bagian meja.

1. Untuk ketinggiannya, pilih yang sesuai dengan tinggi rata-rata orang Indonesia. Apalagi bila Anda membeli produk import. Table bar import dibuat dengan tinggi sesuai rerata tinggi pengguna negara asal meja tersebut. Padahal, belum tentu patokan ketinggian tersebut sesuai dengan ketinggian rerata orang Indonesia.
2. Untuk komponennya, perhatikanlah bagian-bagian meja dan fungsinya. Secara umum, table bar terdiri atas yang sangan sederhana, sederhana dan yang lengkap. Table bar sederhana seringkali hadir hanya sebagai meja biasa yang dibuat menyerupai desk yang punya bagian depan dan belakang. Sedangkan yang komponennya lengkap, tak jarang dilengkapi dengan tempat untuk menaruh minuman hingga makanan. Untuk poin kedua ini, belilah meja bar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi ada tidaknya komponen telah betul-betul dipertimbangkan menurut kebutuhan sendiri.

Merk Meja Bar

Merk bar table atau table sangat banyak. Bahkan bisa saja Anda mendapatkan produk yang tak punya merek. Misalnya saja dengan memesan pada pengrajin furniture yang Anda kenal. Cara itu, selain lebih hemat juga lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan yang betul-betul harus dipenuhi.

Nah, di pasaran sendiri, nama-nama merk ini biasanya mudah ditemukan:

1. Table bar Donati
2. Table bar Indachi
3. Table bar Fantoni
4. Table bar Savello
5. Table bar Informa

Tak jarang, manufaktur table bar di atas juga menjual bar stool atau tempat duduk untuk meja bar. Sering, keduanya juga dijual secara berpasangan. Sementara mengenai kualitasnya, jelas tak bisa disamakan. Jadi, lakukan pembelian dengan jeli terlepas dari merk atau brand meja tersebut.

Berapa Harga Meja Bar?

Lantas berapa harga produk ini? Pertanyaan ini sangat wajar ditanyakan. Sebab pada akhirnya, masalah harga pasti menjadi penentu apakah kita akan membeli produk terkait atau tidak.
Sayangnya, harga table bar sangat beragam. Ada yang harganya ratusan ribu rupiah saja, tapi ada yang harganya hingga jutaan rupiah. Faktor yang berpengaruh pada harga table bar tersebut antara lain:

1. Bahan yang digunakan. Misalnya, pemakaian kayu solid seperti kayu jati jelas lebih mahal dibanding pemakaian kayu solid non unggulan seperti pinus, atau kayu olahan seperti MDF.
2. Desain yang diterapkan. Selain kualitas estetika desain, trend desain juga pasti berpengaruh. Misal, bila trend desainnya sedang minimalis, tentu produk dengan gaya vintage tak akan begitu laku sehingga harganya pun akan lebih murah.
3. Merk. Nama merk tak bisa dipungkiri menjadi penentu faktor harga.
4. Keawetan atau ketahanan produk. Misalnya, apakah mebel yang bersangkutan tahan terhadap berbagai faktor seperti diterangkan di atas.
5. Lokasi di mana Anda melakukan pembelian. Semakin jauh lokasi dari pusat manufaktur table bar biasanya harga yang harus dibayar pun lebih tinggi karena juga mencakup biaya transportasi/ pengiriman.

Untuk mendapat harga terbaik dengan kualitas terbaik, jangan sungkan untuk “berburu” meja bar ini di berbagai tempat dan di antara berbagai merk.

Nah, sekiranya, demikianlah pembahasan kali ini mengenai table bar. Semoga bermanfaat ya! Tunggu terus upadate artikel kami seputar dunia woodworking dan kerajinan di lemkayu.net!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here