Membuat Meja Dapur Sederhana? Baca Di Sini!

0
3050
meja dapur (3)

Mudahkah membuat meja dapur sederhana? Jawabannya tergantung pad spesifikasi meja yang hendak Anda buat. Tapi agar lebih mudah sekaligus murah, berikut ini kami bagian caranya untuk Anda.

Sebelum Membuat, Kenali Dulu Apa itu Meja Dapur

Meja dapur atau dalam Bahasa Inggris biasa disebut kitchen table pada dasarnya adalah semua produk meja yang dipakai di dapur. Produk ini juga sering disebut sebagai counter kitchen hingga kitchen desk. Fungsinya adalah untuk menunjang segala aktivitas di dapur. Misalnya untuk menaruh makanan, menaruh perlengkapan makan, hingga mengiris sayuran dan buah-buahan.

Dari segi komponennya, meja biasanya memiliki komponen khusus yang membedakannya dari meja yang lain. Misalnya keberadaan rak atau lemari kecil di badan meja tersebut. Sedangkan spesifikasi yang biasanya dituntut antara lain:

1. Tak mudah bernoda dan bila terkena noda pun mudah dibersihkan. Jadi meja tak akan menjadi sarang kuman serta tak membuat dapur terlihat kumuh.
2. Aman. Keseluruhan bahan pembuat meja dari kaki sampai coatingnya idealnya memiliki standar keamanan yang baik.
3. Tinggi sesuai. Banyak meja dapur yang didesain di mana penggunanya tidak duduk melainkan berdiri. Jadi perhatikan dengan baik tinggi meja agar sejalan dengan posisi penggunanya.
4. Sebagaimana disebut di atas, meja biasanya punya spesifitas komponen yang berbeda dari meja lainnya.
5. Harus tahan lama, sehingga lebih awet ketika meja tersebut digunakan.

meja dapur

Meja Dapur Sederhana

Di pasaran, meja dapur hadir dengan beragam rupa dan warna. Di antara meja-meja tersebut tak jarang yang memiliki kesan sederhana saja. Meski sederhana, meja-meja dapur tersebut justru terlihat menarik dan berbeda dari yang lain. Kesederhanaan dengan kata lain adalah sebuah nilai tersendiri. Selain itu, meja dapur yang sederhana juga menawarkan beberapa kelebihan antara lain:

1. Biasanya lebih murah, karena tidak dibuat dengan teknik “mahal” seperti ukiran
2. Cocok pada ruangan yang didesain dengan desain modern dan minimalis atau desain lainnya yang membutuuhkan furniture minimalis
3. Fleksibel dan mudah dikombinasikan dengan baik bersama perabot lain
4. Membuat dapur terlihat lebih kalem dan praktis
5. Lebih mudah dibersihkan sehingga tak akan membuat Anda kerepotan

Prinsip Dasar Pembuatan Meja Dapur Sederhana

Membuat meja dapur apalagi yang sederhana sebetulnya tidak begitu susah. Struktur dasar meja tersebut sesungguhnya masih sama, yakni adanya bagian atas, kaki, dan apron. Hanya saja, agar meja dapur benar-benar berfungsi mendukung aktivitas di dapur, tambahkanlah beberapa elemen. Misal, pada meja yang biasa, umumnya bagian bawah permukaan meja (top table) dibiarkan saja dengan space kosong antar kaki meja. Nah, pada meja dapur, kita bisa pakai space tersebut sebagai almari kecil sehingga meja membentuk semacam counter. Caranya, dengan memberikan alas serta “dinding” dari tripleks. Di bagian ini, nanti berbagai peralatan dan bahan dapur bisa disimpan.

Tips untuk Membuat Meja Dapur Sederhana yang Berkualitas

Pastikan Komponennya Lengkap Meski Tak Banyak

Meja dapur dipakai untuk menunjang kebutuhan orang saat beraktivitas di dapur. Jadi sesederhana apapun sebuah meja, ia tetap harus hadir spesifik dengan komponen serta fitur sesuai kebutuhan. Misalnya, karena dipakai untuk dapur, maka sebaiknya disediakan rak untuk menyimpan alat makan seperti piring hingga bumbu dapur. Selain itu, pastikan meja dibuat dengan fitur yang tepat. Contohnya mengenai ketinggian meja yang didesain agar pas dipakai saat penggunanya berdiri.

meja dapur (4)

Aplikasikan Desain yang Menarik

Sederhana bukan berarti jelek atau tidak menarik. Kesederhanaan produk juga bisa mencerminkan keindahan produk itu sendiri. Sederhana tidaknya suatu mebel pun secara umum dilihat dari bagaimana meja itu dibuat, bukan dari buruk bagusnya. Misalnya, bila meja tak dibuat dengan keindahan mendetil, namun dengan efisiensi, maka meja bisa dikatakan sederhana.

Jadi saat membuat meja dapur sederhana, bukan berarti lantas kita membuat meja yang tak bagus. Ada banyak style desain yang bisa diterapkan yang mengandung kesan dominan kesederhanaan. Misalnya style desain atau model meja minimalis, modern, hingga kontemporer.

Agar Murah, Gunakan Bahan yang Juga Murah

Tak semua meja dapur sederhana bisa didapat dengan harga murah. Tengok saja deretan meja dapur yang sederhana tapi harganya sangat mahal itu. Harga mahal suatu produk furniture sendiri biasanya dipengaruhi beberapa faktor. Namun salah satu yang paling signifikan adalah harga material yang digunakan. Karenanya, untuk memangkas budget produksi, jangan segan menggunakan bahan alternative yang lebih murah. Misalnya:

1. Menggunakan kayu olahan seperti MDF dan particle board. Kayu olahan memang tak sebaik kayu solid. Akan tetapi, kayu olahan bisa didapat dengan murah dan pengolahannya pun sangat mudah.
2. Menggunakan kayu non kelas 1 atau yang tak populer. Agar kayu awet sendiri, bisa dilakukan treatment pengawetan sampai aplikasi finishing yang baik. Jadi hama tak mudah merusak kayu.
3. Menggunakan kayu bekas. Misalnya saja memakai kayu bekas peti kemas atau pallet yang biasanya termasuk sebagai kayu jati belanda. Kayu-kayu bekas ini secara mengagumkan ternyata bisa diolah menjadi bahan furniture yang bagus. Pemanfaatannya akan mengubah meja dapur Anda yang sederhana memiliki sedikit sentuhan vintage.

Pastikan Meja yang Dibuat Aman

Meski termasuk meja dapur sederhana, bukan berarti aspek keamanan diabaikan. Aspek keamanan tetap harus diupayakan. Apalagi ketika meja dipakai untuk kebutuhan yang membuatnya kontak langsung dengan makanan. Misalnya dipakai untuk menaruh penganan kecil, menaruh buah, atau mengiris sayur dan bumbu dapur. Permukaan meja tak boleh sama sekali mengandung zat-zat berbahaya. Bahkan bila memungkinkan, keseluruhan material meja aman digunakan. Jadi keselamatan pengguna meja dapur tersebut benar-benar terjamin.

Pastikan Meja Mudah Dibersihkan dan Tahan Cairan

meja dapur (2)

Tips terakhir namun tak kalah penting adalah memastikan dua kualitas pada meja dapur Anda, pertama harus mudah dibersihkan, dan kedua harus tahan terhadap cairan. Untuk yang pertama, alasannya tak lain karena meja yang dipakai pada kebutuhan ini jelas lebih rentan kotor. Jadi sebaiknya pakai coating atau finishing yang tak mudah kotor. Misalnya, bila menggunakan cat, pilih cat yang resisten pada noda.

Sedangkan terkait yang kedua, adalah paparan meja dapur pada air hingga minyak. Dipakai untuk memasak, mau tak mau kedua cairan tersebut sering mengenai meja dapur. Oleh sebab itu, pastikanlah meja Anda tak mudah rusak terkena keduanya. Gunakan material yang baik misalnya saja coating yang tak tembus air dengan lem tahan lama seperti Eva Phaethon.
Demikianlah beberapa tips sekaligus cara dari kami untuk membuat meja dapur sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Budget yang dikeluarkan pun bisa ditekan dengan beberapa trik. Menarik bukan? Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar dunia furniture di lemkayu.net ya.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here