Lem Kayu untuk Gitar Ekspor Andalan Indonesia!

0
1317
gitar kayu bagus

gitar kayu bagus

Pernahkan Anda berpikir untuk mengekspor gitar yang Anda produksi? Bila jawaban Anda iya, pertimbangkanlah dengan baik aspek pemilihan lem kayu untuk gitar. Apalagi bila Anda bertujuan mengekspor berbagai produk gitar tersebut ke negeri-negeri seperti Amerika Serikat dan Jepang. Bukan saja lem harus kuat, namun lem juga harus memiliki standar keamanan yang baik.

Hal ini sebenarnya sangat bisa dimaklumi. Di negara-negara yang termasuk negara maju, regulasi mengenai keamanan sebuah produk sangat diperhatikan. Bahan-bahan kimia seperti lem untuk alat musik seperti gitar sudah pasti akan mengalami pemeriksaan ketat. Bila persyatan ini tidak dipenuhi, sama saja Anda menunggu kerugian yang sudah pasti akan datang.

Selain masalah regulasi, faktor keamanan juga penting mengingat perilaku konsumen di negara-negara tersebut. Faktor harga kerap jadi pertimbangan kedua setelah faktor kualitas dan keamanan sebuah produk. Artinya, apabila kita ingin bersaing dengan gitar asli negara lain, maka kita akan kalah apabila memanfaatkan lem dengan kandungan berbahaya.

Jangan Gunakan Lem Kayu untuk Gitar Eskpor Berbasis Solvent

Kandungan lem yang membahayakan antara lain berasal dari pelarut yang digunakan. Jenis pelarut yang membahayakan tersebut termasuk pelarut golongan solvent atau minyak-minyakan. Pada solvent, terdapat kandungan senyawa organik mudah menguap mulai dari naftalena hingga formaldehida (formalin). Senyawa-senyawa tersebut bisa menyebabkan berbagai macam gangguan organ dalam hingga kanker karena sifatnya yang karsinogenik.

Bau!

Selain membahayakan, ada satu aspek lain yang sudah pasti akan membuat gitar yang dilem dengan lem solvent based kurang menarik. Aspek tersebut adalah bau yang ditimbulkan. Apalagi ketika gitar masih sangat baru.

Senyawa organik mudah menguap sebagaimana namanya merupakan kelompok senyawa yang mudah berubah menjadi gas dan memenuhi udara ruangan. Bukan hanya berbahaya, namun senyawa-senyawa seperti ini juga menimbulkan bau pedas menyengat yang tidak enak.

Lem Kayu untuk Gitar Ekspor dari Merk Crossbond

Mencermati perlunya adhesive dengan keamanan yang baik untuk ekspor, Crossbond hadir sebagai perekat andalan untuk majunya industri gitar asli Indonesia. Crossbond X4 untuk pengeleman laminasi maupun Crossbond X3 untuk pengeleman konstruksi akan mampu mewujudkan gitar idaman yang bukan hanya kokoh, namun juga non toksik.

lem kayu untuk gitar ekspor

Kedua lem tersebut diformulasikan dari bahan dasar PVAc (polyvinyl acetate) yang memang terkenal aman dan tidak dicampuri dengan substansi bahaya apapun. Crossbond dengan ketahanannya yang baik, juga akan menjadi lem kayu untuk gitar ekspor ideal karena sifatnya yang awet dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here