Awas Efek Lem Kayu non PVAc yang Berbahaya!

0
2360
anak sakit karena lem beracun

Meski jarang terdengar, bukan berarti sesuatu tidak ada. Contohnya berbagai efek lem kayu non PVAc yang telah menimbulkan kerugian di mana-mana. Bahkan bukan hanya untuk manusia, namun juga untuk alam.anak-anak sedang sakitAwas bahaya lem kayu non PVAc! Pasca badai Katrina, pengungsi- pengungsi yang ditempatkan di sebuah bangunan telah mengalami keracunan akibat penggunaan lem-lem tersebut.

Peristiwa ini menimbulkan pro kontra di negeri Paman Sam sampai kemudian diberlakukan aturan lebih spesifik mengenai batas penggunaan lem beracun yang mengandung formalin. Bagaimana dengan Indonesia?

Efek bahaya lem seperti itu memang seringkali tak bisa dirasakan langsung. Tapi kita bisa melihat perbandingannya pada negara yang ketat terhadap bahaya lem beracun dengan negara yang seakan tidak peduli dengan masalah ini. Di negara-negara maju seperti Amerika, kualitas hidup masyarakatnya jauh lebih baik dibanding Indonesia.

Di luar efeknya bagi kesehatan manusia, bahaya lem kayu non PVAc juga bisa ditemukan pada alam. Kandungan beracun pada adhesive seperti itu memang harus diwaspadai sejak dini. Banyak komponen-komponen yang perlu pula kita cermati, misalnya:

VOC

bahaya senyawa vocVOC atau Volatile Organic Compounds pada dasarnya adalah kelompok senyawa yang memiliki ciri umum mudah menguap. Sehingga bila produk lem mengandung senyawa ini, kita akan terpapar VOC segera setelah lem itu diaplikasikan.

Sifat mudah menguap ini memberikan efek lem yang berbau menyengat. Tapi yang lebih mengkhawatirkan apabila senyawa VOC termasuk dalam kelompok zat beracun.

 

Contohnya saja formaldehida (formalin), benzene, xylena, dan seterusnya. Senyawa-senyawa itu akan menguap menjadi gas dan memberikan pengaruh buruk bagi tubuh.

Timbal atau Pb

Selain VOC, seringkali lem kayu non PVAc memanfaatkan logam berat seperti timbal. Padahal, timbale memiliki dampak buruk karena bisa menimbulkan kerusakan organ dalam tubuh.

Yuk Hindari Lem Kayu non PAVc!

Menyadari kandungannya yang membahayakan tersebut, kami mengajak pembaca LemKayu untuk segera beralih ke lem dengan formulasi dasar polyvinyl acetate. Jangan khawatir, sudah banyak jenis lem tersebut di pasaran. Kita bisa mendapatkannya dengan nama lem putih atau lem PVA.

Namun bila Anda menginginkan non toxic PVA glue Indonesia yang kualitas amannya jauh lebih baik dengan harga terjangkau, maka Crossbond adalah jawaban paling tepat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here