Mengerikan! Efek Bahaya Lem pada Furniture Anak

0
1420
furniture anak

Proses pertumbuhan memainkan peran vital bagi masa depan anak. Mampukah kita memastikan proses ini berjalan lancar tanpa dampak negatif dari hal-hal di sekitarnya? Misalnya terkait dengan efek bahaya lem pada furniture anak.

Kerap disepelekan, nyatanya keberadaan benda-benda seperti mebel untuk si kecil bisa berdampak besar pada tumbuh kembangnya. Lewat tampilannya, mebel bisa menstimuli imajinasi si kecil. Sedangkan lewat bahan kimia seperti lem yang digunakan, ia berpotensi menyebabkan lingkungan toksik pada anak.

Zat yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa zat yang harus diwaspadai dalam lem karena efeknya toksik pada manusia. Secara umum, zat-zat toksik tersebut bisa dibedakan menjadi dua:

  1. Senyawa organik mudah menguap yang terdiri dari formalin, benzene, hingga xylena.
  2. Logam berat seperti timbal.

Mengapa Anak Lebih Rentan?

Anak memiliki kebiasaan yang lebih ceroboh dibanding orang dewasa. Pada masa ini, mereka juga kerap memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya secara sembarangan. Hal ini jelas meningkatkan eksposi zat toksik pada lem seperti formalin  ke dalam tubuhnya. Selain itu, ukuran badan anak yang kecil juga menyebabkan dampak yang terasakan jauh lebih signifikan.

Apa Saja Dampaknya?

anak sakitBanyak dampak yang diakibatkan efek lem pada furniture anak. Gejala-gejala kesehatan ringan biasanya menerpa bila si kecil berdekatan dengan mebel yang baru dibeli. Anak akan mudah menangis, mengalami iritasi mata, tenggorokan sakit, hingga pusing-pusing. Meskipun efek ini terkesan sepele, namun keberadaan zat toksik yang masuk dalam tubuh anak bisa bertahan hingga waktu sangat lama. Penumpukkan zat-zat tersebut pada akhirnya bisa meningkatkan resiko kegagalan fungsi organ dalam, tumor, hingga terhambatnya perkembangan fisik serta mental si kecil.

Pilih Produk yang Aman

Apa solusi yang bisa kita upayakan? Bagi pembeli, tak ada opsi lain kecuali membeli produk yang sudah jelas keamanannya. Indikasi fisiknya sendiri bisa kita candra dengan membaui mebel terkait. Biasanya, mebel anak yang memanfaatkan bahan kimia berbahaya memiliki bau menyengat. Bau ini berasal dari volatile organic compounds yang umumnya bersumber dari cat solvent based maupun lem yang digunakan.

Efek Bahaya Lem pada Furniture Anak: Sebuah Warning untuk Produsen

Suka tak suka, kesadaran masyarakat untuk memilih produk yang aman (apalagi untuk si kecil) akan terus meningkat. Seyogyanya, trend ini disadari oleh produsen furniture terkait. Apalagi, mengusahakan mebel yang aman bagi kesehatan bukanlah usaha yang terlampau sulit.

Sudah banyak produk lem dengan tingkat keamanan yang cukup baik. Anda juga bisa mendapatkan produk dengan keamanan berstandar internasional seperti Crossbond™. Dengan formulasi mengikuti panduan Food & Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, lem Crossbond™ bahkan aman untuk produk yang kontak dengan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here