Mainan Makin Disuka dengan Lem Aman untuk Mainan Anak Non Toksik

0
1117

Waspadailah bahan-bahan dari kelompok BTEX pada adhesive yang akan digunakan untuk membuat mainan anak. Usahakan selalu menggunakan lem aman untuk mainan anak non toksik dengan jaminan keamanan yang baik.

bahaya btex

Salah satu bahan yang harus Anda hindari saat membeli produk adhesive untuk membuat produk kayu termasuk mainan anak ialah ethlylbenzena. Bahan ini sangat berbahaya dan termasuk dalam kelompok senyawa BTEX atau Benzena, Toulena, Ethylbenzena, dan Xylena. Senyawa-senyawa BTEX bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari pusing-pusing hingga meningkatkan resiko kanker.

CS Lem Kayu

Ethylbenzena sendiri merupakan bahan yang biasanya berbentuk cairan tanpa warna dengan bau seperti minyak menyengat. Bahan ini secara alami banyak ditemukan pada minyak bumi sehingga sering ditemukan pada:

1. BBM
2. Pelarut berbasis solvent seperti thinner dan spiritus
3. Produk tembakau

Pada industri mainan anak, keberadaan etilbenzena hendaknya diwaspadai pada produk nomor dua, yakni kandungannya dalam pelarut seperti thinner dan spiritus. Adhesive atau bahan perekat termasuk dalam bahan yang rentan mengandung benzena karena menggunakan pelarut dari golongan tersebut.

Menyebabkan Kanker

Keberadaan ethylbenzene sendiri sama sekali tak main-main. Bahan ini selain bisa menyebabkan gangguan kesehatan ringan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan sangat mengerikan. Menurut International Agency for Research on Cancer, senyawa tersebut bersifat karsinogenik. Simpulan ini didapat dari hasil penelitian yang dilakukan pada beberapa jenis hewan. Rupanya, paparan ethylbenzena terbukti meningkatkan resiko serangan kanker.

Harus Menggunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Non Toksik

anak bahagia dengan mainan kayu aman

Menyadari bahaya ethlybenzena, tentu industri mainan anak termasuk mainan kayu harus benar-benar tanggap. Penggunaan adhesive dengan tingkat keamanan tinggi sangat disarankan. Selain untuk mematuhi aturan atau regulasi mengenai keamanan sebuah produk, ini juga penting untuk menjaga kepercayaan konsumen. Coba saya bayangkan, masihkah produk kita akan dipercaya bila ketahuan menggunakan bahan penyebab kanker? Tentu tidak bukan?

Konsumen mainan kayu yang kebanyakan adalah konsumen keluarga tentu sangat memperhatikan masalah kesehatan. Sehingga menggunakan lem aman untuk mainan anak non toksik merupakan pilihan cerdas agar industri juga lebih berkembang. Apalagi bila lem tersebut juga bisa dibeli dengan harga murah sebagaimana Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here